Mengenal Simbol Segitiga Misterius di Pesawat, Sudah Tahu Artinya?

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 20 406 2504775 mengenal-simbol-segitiga-misterius-di-pesawat-sudah-tahu-artinya-6KLKe17ZOA.JPG Tombol segitiga di kabin pesawat (Foto: Aimee Robinson)

PENUMPANG pesawat yang teliti mungkin pernah memerhatikan simbol segitiga hitam kecil yang terletak di dinding kabin.

Biasanya, simbol ini berbentuk stiker yang terletak tepat di atas jendela. Mereka dapat ditemukan di sebagian besar pesawat penumpang.

Paling sering, mereka menempel di ujung deretan kursi. Namun, penempatan stiker ini dapat memengaruhi perjalanan Anda dalam keadaan darurat jika Anda duduk di sampingnya di dalam beberapa jenis pesawat.

Lalu, apa yang dimaksud dengan simbol segitiga? Melansir Express UK, simbol segitiga itu tampak kecil, tetapi memainkan peran yang sangat penting selama penerbangan.

Meski jendela biasanya digunakan sebagai portal ke pemandangan luar yang menakjubkan, bagi awak kabin di dalam pesawat, jendela adalah cara yang berguna untuk memeriksa apakah ada sesuatu yang salah, terutama bila terletak di atas sayap.

Lain kali saat Anda naik pesawat, perhatikanlah segitiga ini yang biasanya terletak di atas sayap.

Infografis Pesawat

Baca juga: Bosan Menunggu, Begini Cara Agar Koper Cepat Keluar Bagasi Usai Turun Pesawat

Menurut pensiunan insinyur kedirgantaraan, Lee Ballentine, mereka berperan sangat penting.

“Segitiga hitam menandai lokasi dari apa yang disebut 'Kursi William Shatner', kursi dengan pandangan paling jelas dari sayap," tulisnya di forum tanya jawab Quora.

"Ini adalah tempat di dalam pesawat di mana Anda bisa mendapatkan pemeriksaan visual terbaik untuk es atau masalah lainnya," katanya.

Dari posisi ini, awak dapat melihat ke luar jendela ke sayap jika mereka khawatir, tanpa terlalu banyak membuat cemas penumpang.

Menurut Business Insider, Jika awak pesawat perlu memeriksa sayap, segitiga ini memberi tahu mereka titik pandang terbaik untuk bilah dan sayap di luar."

Tanda ini sangat membantu dalam kondisi musim dingin untuk memastikan sayap benar-benar mencair. Dalam beberapa kasus, penumpang yang duduk di barisan ini mungkin juga duduk di samping pintu keluar darurat di atas sayap.

Biasanya, dalam keadaan darurat, penumpang di barisan ini akan diminta untuk membuka pintu keluar darurat.

Tombol Segitiga di pesawat

(Foto: Aimee Robinson)

Baca juga: Maskapai Ini Bawa Penumpang ke Bandara yang Salah, Staf Cuma Tertawa

Pramugari diwajibkan oleh hukum untuk memberi tahu penumpang tentang apa yang mungkin harus mereka lakukan jika terjadi keadaan darurat.

Points Guy UK menambahkan, secara teknis, jika pramugari menganggap Anda tidak layak untuk mengoperasikan pintu darurat, Anda diwajibkan oleh hukum untuk kehilangan kursi Anda di baris pintu keluar. Nah, sejauh mana pembatasan itu ditegakkan sepenuhnya, semua tergantung pada awak pesawat itu sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini