Share

Sandiaga Uno Ajak Seluruh Pihak Bergandengan Tangan, Sukseskan Vaksinasi Demi Kepulihan Parekraf Nasional

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 406 2505244 sandiaga-uno-ajak-seluruh-pihak-bergandengan-tangan-sukseskan-vaksinasi-demi-kepulihan-parekraf-nasional-6V7NZrjXZ7.jpeg Menparekraf Sandiaga Uno (dok Kemenparekraf)

TANA TORAJA - Protokol kesehatan serta vaksinasi covid-19 menjadi kunci dalam pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) nasional.

Peran seluruh pihak pun dibutuhkan dalam percepatan vaksinasi untuk kebangkitan ekonomi bangsa.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika meninjau vaksinasi covid-19 di Sa'pak Bayo Bayo, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Minggu (21/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan sangat penting dilakukan dalam pencapaian target vaksinasi.

Lewat bergandengan tangan, serbuan vaksinasi diyakininya mampu menciptakan herd immunity atau kekebalan komunal untuk mengakhiri pandemi covid-19.

"Syukur puji Tuhan bahwa di tengah pandemi kita berkolaborasi-bergandengan tangan dalam rangka serbuan vaksin yang merupakan kerjasama multi sektor," ungkap Sandiaga Uno pada Minggu (21/11/2021). 

"Oleh karena itu tepuk tangan dan apresiasi kami untuk jajaran Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, TNI-Polri, Antis Homecare 24 dan semua yang terlibat," ujarnya disambut riuhnya tepukan tangan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, data vaksinasi covid-19 terus bertambah.

Tercatat, jumlah penerima vaksin pertama telah mencapai sebesar 64,2 persen dan vaksin kedua 42,3 persen hingga Minggu (21/11/2021).

Sementara, jumlah penerima vaksin pertama di Tana Toraja kini mencapai 62,3 persen dan vaksin kedua sebesar 53,4 persen.

"Ini adalah prestasi, dan ada lebih dari 300.000 masyarakat parekraf yang sudah tervaksinasi," ujar Sandiaga Uno bersemangat.

"Vaksin Ini untuk kebangkitan ekonomi kita, kalau bangkit ekonominya, terbuka lapangan kerja dan pariwisata mudah-mudahan bisa bergerak kembali dan situs wisata religi seperti Sa'pak Bayo Bayo ini akan semakin berkembang ke depan," ungkapnya berharap.

"Saya ingin mengajak seluruh stakeholders, mari kita bergandengan tangan untuk kebangkitan ekonomi kita, kami hadir dengan solusi, kami hadir dengan fasilitasi dan mudah-mudahan vaksinasi ini akan menjadi satu langkah strategis untuk kebangkitan dan kepulihan pariwisata dan ekonomi kreatif," tutup Sandiaga Uno.

Hal senada disampaikan Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung.

Menurutnya, kehadiran Sandiaga Uno merupakan mimpi yang menjadi kenyataan.

Alasannya karena warga Tana Toraja telah lama berdoa atas kepulihan sektor parekraf.

Mengingat, sektor parekraf telah lama menjadi tulang punggung Kabupaten Tana Toraja.

"Orang Toraja sudah lama bermimpi, sudah lama berdoa hadirnya sebuah berkat di Toraja ini, dan hari ini Bapak Sandiaga Uno kiranya menjadi saluran berkat Tuhan untuk membuka tabir dan menjawab mimpi-mimpi dan doa-doa kami orang Toraja," ungkap Theofilus.

"Ini sama sekali tidak ada rekayasa, tidak ada perencanaan, tapi Allah yang maha kuasalah yang membawa kita hadir di tempat ini," ujarnya.

Oleh karena itu, seluruh masyarakat Toraja diungkapkan Theofilus sangat antusias melakukan vaksinasi.

Alasannya karena sektor parekraf yang menghidupkan Toraja.

"Hari ini, doa kami terbukti dengan hadirnya sebuah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Toraja," ujar Theofilus.

"Tidak ada gunanya Toraja ini menjadi daerah pariwisata kalau menterinya tidak hadir. Dan lebih-lebih karena menteri sudah hadir, yakinlah orang Toraja pariwisata pasti jadi!," tegasnya.

"Terima kasih Bapak Menteri. Kami terus berdoa kiranya Bapak Sandiaga Uno tetap dikuatkan, disehatkan, terutama di dalam menghadapi tantangan-tantangan di masa pandemi ini," tutup Theofilus.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini