Sandiaga: PPKM Level 3 saat Libur Nataru 2022 Membatasi Operasional Destinasi Wisata

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 22 November 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 406 2505769 sandiaga-ppkm-level-3-saat-libur-nataru-2022-membatasi-operasional-destinasi-wisata-6E2bW3drUq.jpg Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (Kemenparekraf)

PEMERINTAH memutuskan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh Indonesia pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang berpotensi terjadi saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, PPKM Level diberlakukan lagi mengingat juga sejumlah negara di Eropa tengah mengalami kenaikan kasus Covid-19 akibat meningkatnya mobilitas masyarakat setelah pelonggaran perbatasan.

Baca juga: Kunjungan Kerja ke Kole Sawangan Tana Toraja, Sandiaga Uno: Desa Wisata Buka Lapangan Kerja

Hal ini juga yang menyebabkan Bali belum kedatangan wisatawan mancanegara (wisman).

Sementara itu, Sandiaga Uno juga menegaskan, diberlakukannya PPKM Level 3 bukan berarti menghentikan seluruh kegiatan masyarakat, Terlebih mereka yang bekerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, melainkan hanya membatasi.

"Yang perlu diingat, PPKM Level 3 bukan melarang, tapi membatasi untuk operasional dan destinasi wisata," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing, Senin (22/11/2021).

 

Adapun pemerintah harus mengambil keputusan tegas terkait diberlakukannya PPKM Level 3 jelang libur Nataru 2022 karena Indonesia akan memiliki event besar di tahun depan dan tahun mendatang. Sehingga masyarakat internasional bisa melihat bahwa Indonesia sangat patuh prokes.

Baca juga: Penurunan COVID-19 dalam Tren Positif, Masyarakat Jangan Lengah!

"Indonesia akan sangat diperhatikan oleh mata dunia. Tahun depan kita akan menjadi tuan rumah seri balapan ke-2 MotoGP di Sirkuit Mandalika. 2023 Indonesia jadi tuan rumah ASEAN," kata Sandiaga.

"Oleh karena itu, seiring dengan peningkatan vaksinasi, penyiapan Nataru agar semua dalam lingkup yang kondusif, kami akan secara tegas menerapkan PPKM level 3 di lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif," tandasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini