15 Hal yang Tidak Bisa Dibeli di Korea Utara, Busana Barat hingga Cat Rambut

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 406 2506123 15-hal-yang-tidak-bisa-dibeli-di-korea-utara-busana-barat-hingga-cat-rambut-tk3LInidBy.jpg Ilustrasi Korea Utara (dok Freepik)

JAKARTA - Terdapat beragam larangan yang tidak boleh dilakukan di Korea Utara, mulai dari gaya busana hingga membeli suatu barang.

Apabila terciduk membeli barang-barang yang dilarang, maka siap-siap akan dibakar atau dihancurkan.

Penasaran ada apa saja? Berikut 15 hal yang tidak bisa dibeli di Korea Utara yang telah dirangkum Okezone.

Coca cola

Minuman soda yang populer ini ternyata tidak bisa dibeli di Korea Utara. Meski begitu, masyarakat Korea Utara masih bisa menikmati minuman bersoda buatan Tiongkok. Biasanya minuman bersoda itu dapat ditemukan di pasar swalayan dan restoran mewah.

Liburan

Berbicara tentang liburan mungkin hal yang umum di Indonesia. Namun, bagi masyarakat Korea Utara liburan termasuk hal yang dilarang.

Tak hanya liburan keluar negeri, bahkan untuk berlibur ke ibu kota juga tidak diperbolehkan. Hal ini mengingat Ibu Kota Korea Utara merupakan tempat tinggal bagi orang-orang kaya, sementara untuk orang luar harus memiliki rumah atau bisnis di sana.

Baca Juga:

Hindari Pakai Sandal Jepit saat Naik Pesawat, Ini Alasannya

Hati-hati, Ini Penyebab Harus Minta Tisu Toilet yang Baru Saat Pesan Kamar Hotel

Majalah

Berbagai informasi dipantau secara ketat oleh pemerintah Korea Utara sehingga majalah asing dilarang beredar di negara ini. Hal ini untuk mencegah terjadinya pencucian otak oleh media asing. Jika terdapat majalah bukan terbitan pemerintah, maka akan dihancurkan.

Meski begitu, masyarakat Korea Utara bisa membaca majalah yang dikeluarkan oleh pemerintah. Namun, majalah-majalah itu berisikan tentang pemimpin Korea Utara dan propaganda.

Cat dan model rambut

Pemerintah Korea Utara menetapkan 15 aturan untuk potongan rambut bagi pria dan wanita yang dapat dipilih. Untuk kaum wanita yang telah menikah, mereka harus memotong rambutnya menjadi pendek, sementara yang belum menikah bisa memanjangkan rambutnya dengan dikriting. Sedangkan bagi pria, mereka harus memiliki potongan rambut kurang dari 3 inci dan untuk lelaki muda harus kurang dari 2 inci.

McDonald's

McDonald's telah tersebar luas di berbagai negara, tetapi tidak dengan Korea Utara. Restoran cepat saji satu ini tidak dapat ditemukan di Korea Utara karena bermasalah terhadap sanksi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Musik

Pemerintah Korea Utara juga melarang masyarakatnya untuk mendengarkan musik, bahkan mengadakan sebuah konser. Musik-musik barat juga tidak terdengar di negara ini.

Ipad

Produk asal Amerika Serikat satu ini ternyata dilarang juga, lho. Hal ini karena produk luar tidak diperjualbelikan di Korea Utara.

Real estate

Pembangunan perumahan dan apartemen dipegang penuh oleh pemerintah. Umumnya, hanya ditempati oleh atlet nasional dan veteran tentara.

Wifi

Pemakaian wifi untuk berselancar di internet juga dilarang untuk masyarakat di negara ini.

Akses internet hanya bisa digunakan oleh pemimpin Korea Utara, pemerintah, tentara, dan mahasiswa dari universitas tersohor.

Starbucks

Gerai minuman yang cukup populer di belahan dunia ini ternyata juga dilarang oleh pemerintah. Tak heran, bila berkunjung ke negara ini tidak akan menemukan satu pun Starbucks.

Layanan Kesehatan

Pemerintah pernah memberikan layanan kesehatan secara gratis, tetapi mengalami kebangkrutan karena fasilitasnya yang tidak memadai.

TV kabel

Layanan TV kabel tidak ada di Korea Utara. Saluran TV pun dikontrol secara ketat oleh pemerintah yang hanya menampilkan tayangan propaganda, gebrakan terbaru, dokumenter, serta pertunjukan musik yang telah disetujui.

Jeans

Selanjutnya adalah jeans. Pakaian yang berbahan jeans dilarang karena menunjukkan budaya kebarat-baratan.

Rokok

Bagi masyarakat Korea Utara, merokok adalah hal yang dilarang oleh pemerintah. Rokok juga tidak diperjualbelikan di negara ini.

Kondom

Masyarakat Korea Utara ternyata tidak banyak mengetahui tentang fungsi memakai kondom, lho. Harga kondom sendiri juga termasuk cukup mahal. Tak heran, kondom sudah jarang terlihat.

Pembalut

Pembalut di Korea Utara bisa didapatkan, tetapi dengan harga yang cukup mahal dan biasanya yang memakainya adalah orang-orang kaya. Sebab itu, bagi wanita yang haid biasanya memakai kapas dan membuatnya sebagai pembalut.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini