Heboh Kemunculan Ribuan Ulat Emas di Bedugul Bali, Pertanda Apa?

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 00:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 406 2506425 heboh-kemunculan-ribuan-ulat-emas-di-bedugul-bali-pertanda-apa-bIyZn6DssK.JPG Viral kemunculan ribuan lulut emas di Bedugul, Bali (Foto: Instagram/@denpasar.viral)

SEBUAH video kemunculan lulut atau ulat emas di Bali mendadak bikin geger dunia maya pada Selasa, 23 November 2021.

Ulat emas itu muncul di salah satu rumah warga di kawasan Bedugul, Tabanan. Dalam video berdurasi 11 detik yang diunggah akun Instagram @denpasar.viral, nampak sekumpulan ulat berwarna keemasan muncul secara tiba-tiba.

Ulat itu bergerak acak dan sesekali membuat barisan. Menurut kepercayaan warga lokal, kemunculan lulut atau ulat emas itu bisa diartikan sebagai pertanda buruk.

"MERINDING😨 LULUT EMAS KEMBALI MUNCUL DI RUMAH WARGA DI BEDUGUL. Kemunculan lulut emas di Bali dipercaya sebagai pertanda yang kurang baik, harus ada upacara pecaruan untuk menetralisir efek negatifnya," tulis @denpasar.viral dalam keterangan video.

Baca juga: Viral Makhluk Aneh Ditemukan di Pantai Bikin Geger Wisatawan

Infografis Wisata Alam di Tabanan

Namun demikian, seorang netizen pemilik akun Instagram @mad****isna berpendapat, fenomena tersebut lumrah terjadi disebabkan oleh beberapa faktor.

"Kalau menurut ilmu serangga (entomologi) itu hal biasa yang berkaitan dengan siklus dan dinamika populasi yang dipicu oleh ketersediaan makanan yang berlimpah, cuaca yang mendukung dan kurangnya musuh alami," tulisnya di kolom komentar.

Meski begitu, sebagian warganet juga meyakini jika kemunculan ulat emas tersebut patut diwaspadai, terutama mengenai hal-hal buruk yang bisa saja terjadi dalam waktu dekat.

"Mau tidak mau bakal ada kejadian entah itu cepat atau lambat. Soalnya di pekarangan tyg dl sering ada lulut emas dan memang benar ada perselisihan di keluarga. Menurut pengalaman tyg sih semoga tidak terjadi, rahayu🙏," sebut @aris****ati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini