6 Fakta Unik Mandalika, Destinasi Super Prioritas Tuan Rumah WSBK 2021 dan MotoGP 2022

Andin Nurul Alifah, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 23 408 2506386 6-fakta-unik-mandalika-destinasi-super-prioritas-tuan-rumah-wsbk-2021-dan-motogp-2022-3VuoKdtLqw.jpg Kuta Mandalika di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (Indonesia Travel)

MANDALIKA makin mendunia setelah sukses jadi tuan rumah World Superbike (WSBK) 2021. Tahun depan, Sirkuit Pertamina Mandalika akan menyajikan ajang balapan motor paling bergengsi sejagad; MotoGP. Ini makin menasbihkan Mandalika sebagai destinasi sport tourism atau wisata olahraga kelas dunia.

Mandalika merupakan kawasan wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang masuk dalam Destinasi Super Prioritas. Keindahan alam Mandalika dengan pantai eksotis dan bukit-bukit hijau yang asri membuatnya jadi sasaran turis.

Baca juga:  Ajang MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika Momentum Kebangkitan Pariwisata Indonesia

Mengutip dari Indonesia Travel, berikut sederet fakta unik Mandalika :

1. Asal usul nama Mandalika yang melegenda

Nama Mandalika berasal dari legenda tokoh suku Sasak yang bernama Putri Mandalika. Menurut cerita rakyat, dahulu kala ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh raja dan ratu yang bijaksana. Kemudian lahirlah seorang putri berparas jelita yang diberi nama Putri Mandalika.

 Ilustrasi

Bukit Merese Mandalika

Setelah beranjak dewasa, Putri Mandalika menerima banyak lamaran hingga kewalahan, karena tidak ingin menciptakan perpecahan di antara orang-orang yang ingin mempersuntingnya, Putri Mandalika bersemedi meminta petunjuk.

Kemudian, Putri Mandalika mengumpulkan semua orang yang menyukainya di Bukit Seger dan memberi tau keputusan yang telah di ambilnya. Tapi, Putri Mandalika justru terjun ke bawah Pantai Seger dan menghilang terbawa ombak, semua orang berusaha menyelamatkan Putri Mandalika, tapi gagal menemukan sang putri.

2. Menjadi KEK Pariwisata sejak 2014

Pemerintah memutuskan Mandalika menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata pada tahun 2014 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014. Area Mandalika terletak di bagian selatan Pulau Lombok dan memiliki luas 1.035,67 hektare ini diharapkan dapat mengakselerasi sector pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Baca juga:  5 Pantai Eksotik di Lombok, Keindahannya Buat Wisatawan Terpukau

Wisata bahari dan wisata olahraga (sport tourism) menjadi dua wisata andalan yang bisa dinikmati di Mandalika. Letaknya yang berdekatan dengan Pulau Dewata dan Taman Nasional Gunung Rinjani juga membuat Mandalika semakin strategis dan diharapkan menarik kunjungan para wisatawan.

3. Destinasi sport tourism kelas dunia

Wisata olahraga alias sport tourism menjadi pesona memikat yang tersimpan di Mandalika. Hal ini tentu tak bisa dilepaskan dari rencana berlangsungnya balapan kelas dunia di Sirkuit Mandalika. Selain itu, Mandalika kerap menjadi tuan rumah dari berbagai kegiatan olahraga tingkat Nasional dan Internasional, antara lainnya adalah TNI-Mandalika Internasional Marathon 2018, Trip Of Indonesia (TROI) 2019 di Pantai Kuta Mandalika, Moto Cross (trabas) tahun 2019 di area Pantai Seger, Mandalika Off Road Championship (2019), dan yang terbaru adalah kompetisi surfing internasional yang bekerja sama dengan Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) dan berlangsung di Pantai Seger pada 16-19 Desember 2020.

4. Surga wisata dengan deretan pantai yang indah

Ada banyak pantai di Mandalika, seperti Pantai Kuta Mandalika yang cocok untuk menikmati keindahan alam sekaligus lansakp kota, Pantai seger untuk menikmati senja hingga Pantai tanjung Aan yang punya ombak menantang untuk olahraga berselancar.

 Ilustrasi

5. Dua desa terbaik penghasil kain tenun Lombok

Lombok merupakan rumah dari salah satu kain tenun yang sudah terkenal hingga mancanegara, tepatnya di Desa Sade dan Desa Sukarara. Desa Sade berjarak 7 km dari Mandalika, sedangkan Desa Sukarara jaraknya sekitar 26 km dari Mandalika atau 40 menit perjalanan dengan mobil.

6. Di kelilingi bukit-bukit eksotik

Kawasan Mandalika dikelilingi bukit-bukit nan cantik. Yakni Bukit Seger yang berada di dekat Pantai Seger, Bukit Merese yang berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan, dan Bukit Tunak yang letaknya tidak jauh dari Sirkuit Mandalika. Pesona alam Mandalika semakin indah ketika dinikmati dari ketinggian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini