Gokil, Elang Botak Terekam Kamera Rampas Hiu Hasil Tangkapan Nelayan

Reza Arta Mevia, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 406 2506529 gokil-elang-botak-terekam-kamera-rampas-hiu-hasil-tangkapan-nelayan-sNMawf5ZCA.JPG Seekor elang botak merampas anak hiu hasil tangkapan nelayan (Foto: Fox News)

SEORANG pria asal Florida, Amerika Serikat (AS), tengah memancing bersama keluarganya dan mendapatkan kejadian yang tidak terduga saat seekor elang botak (Haliaeetus leucocephalus) berukuran besar mencuri hasil tangkapannya.

Nelayan itu menangkap momen langka ketika seekor elang botak terbang dan mencuri anak hiu hasil tangkapan mereka. Kejadian itupun membuatnya terkejut.

Dalam sebuah video, Chad Rissman telah mendaratkan hiu hasil tangkapannya di Dunedin Causeway, tepat di luar kota Tampa, Florida saat matahari terbenam ketika seekor elang mengambil hasil tangkapannya itu, demikian Fox News melaporkan.

Paman Rissman, Darrin Vick dilaporkan sedang dalam perjalanan untuk mengambil tali. "Ambil gambarnya! ambil gambarnya, ambil gambarnya," teriak seseorang dalam video tersebut.

Baca juga: Setengah Tahun Direhabilitasi, 6 Elang Brontok Aceh Akhirnya Dilepasliarkan

Elang Botak

(Foto: Elang botak rampas anak hiu, Foto: Fox News)

"Semuanya berbaris, matahari terbenam, saya tidak bisa meminta waktu yang lebih baik," kata Rissman kepada Fox News.

"Ini seperti menyisir kemegahan sebuah negara dengan satu foto dan satu pengalaman," tambah Vick.

Tali pun dipotong menjadi pendek dan kail diambil dari burung pemangsa simbol dari Amerika Serikat itu.

Kim Begay, dengan Clearwater Audubon Society dan Audubon Centre for Birds of Mange, mengidentifikasi elang tersebut sebagai 'Eugene' kepada sebuah media lokal.

Menurut Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida (FWC), Florida memiliki salah satu konsentrasi sarang elang botak terpadat di AS, dengan sekitar 1.500 pasangan bersarang.

Baca juga: Kabar Baik di Tengah Pandemi, Populasi Elang Jawa Meningkat

Elang botak telah dihapus dari daftar US Fish and Wildlife Service dari spesies yang terancam punah dan terancam secara federal pada tahun 2007.

Namun, elang botak terus dilindungi di bawah Undang-Undang Perlindungan Elang Botak dan Elang Emas serta Undang-Undang Perjanjian Burung Migrasi, bersama aturan elang jenis yang sama di negara bagian Amerika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini