Share

Ternyata Ini Alasan Kursi Pesawat Banyak Berwarna Biru

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Sabtu 27 November 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 406 2507973 ternyata-ini-alasan-kursi-pesawat-banyak-berwarna-biru-hoUsW2gBpQ.jpg Ilustrasi Kursi Pesawat (dok Freepik)

JAKARTA - Sebagian orang mungkin menyadari sebagian besar kursi pesawat mempunyai warna biru. Rupanya pemilihan warna biru ini bukan tanpa alasan.

Melansir Reader's Digest, Pendiri dan CEO Nanak Flights, Rishi Kapoor memaparkan, warna biru dipilih agar para awak kabin bisa mudah membersihkannya apabila ada noda.

Selain itu, Kapoor menilai, warna biru bisa menyamarkan noda dibandingkan warna lainnya. Jadi, seakan noda itu tak terlihat dengan warna biru kain.

Dengan kondisi seperti itu, maskapai penerbangan tak harus mengganti kain pada kursi pesawat secara berkala.

Tak hanya itu, Kapoor menyatakan, biru merupakan warna yang menenangkan.

“Bepergian menggunakan pesawat secara statistik merupakan cara paling aman, akan tetapi masih banyak penumpang yang merasa stres ketika sedang berada dalam pesawat,” ujar Kapoor.

Adapun pihak Boeing menyatakan, mereka menggunakan psikologi dari warna biru untuk mendesain pesawat terbang. Mereka juga mengatakan bahwa warna biru biasa diasosiasikan dengan ketenangan.

Selain itu, Boeing juga selalu memilih warna-warna dari alam untuk menciptakan pola pada dinding kabin pesawat.

Desainer Teague yang mempelajari psikologi warna, Virginia Tripp mengatakan, hal tersebut dilakukan agar penumpang merasakan ketenangan yang bisa ditemukan ketika sedang berada di luar ruangan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini