Share

Mengenal Festival Mardi Grass, Karnaval Unik Jelang Paskah yang Memikat Turis

Andin Nurul Alifah, Jurnalis · Sabtu 27 November 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 406 2508055 mengenal-festival-mardi-grass-karnaval-unik-jelang-paskah-yang-memikat-turis-036jp6Wjic.jpg Festival Mardi Gras di New Orleans, Amerika Serikat (Getty Images via FOX10Phoenix)

FESTIVAL Mardi Gras merupakan karnaval untuk menyambut masa pra-Paskah yang dirayakan umat Kristen di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Selatan dan Karibia. Dimulai dari Minggu sebelum Rabu Abu sampai Rabu Abu sendiri.

Meski berlangsung hanya beberapa hari, Mardi Gras biasanya disiapkan cukup lama, bahkan sampai setahun, agar saat parade bisa tampil sempurna.

Baca juga:  Dari Spanyol hingga Filipina, Begini Tradisi Perayaan Paskah di Seluruh Dunia

Hal ini seperti yang dipraktikkan masyarakat di New Orleans. Kota di negara bagian Louisiana, AS tersebut ramai setiap tahun karena penyelenggaraan karnaval Mardi Gras.

Mengutip dari VOA, pada hari terakhir sebelum awal peringatan Paskah, parade besar yang warna warni memenuhi jalan-jalan kota itu. Kelompok yang disebut “krewes” bertugas merencanakan dan membiayai kendaraan hias, tetapi yang bekerja mewujudkannya adalah para seniman.

 

Para seniman bekerja keras untuk mempersiapkan parade Mardi Gras yang dalam bahasa Prancis artinya ‘Selasa Gemuk’, yang menandai hari terakhir pesta pora sebelum masa puasa menjelang Paskah, periode 40 hari sebelum umat Kristen merayakan Paskah.

Baca juga: Deretan Tradisi Perayaan Paskah di Indonesia

Prosesnya diawali dengan mencari ide-ide baru, lalu mereka menggambarnya sebelum diputuskan tema hingga urut-urutan kendaraan hiasnya yang ikut karnaval.

Para artis pada Mardi Gras World membuat ratusan kendaraan hias untuk parade itu. Mereka membentuk alat peraga dari styrofoam atau fiberglass dan membubuhkan bubur kertas. Lalu para pelukis memberi sentuhan warna akhir.

Mardi Gras World berfungsi sebagai bengkel dan museum, di mana para turis bisa melihat prosesnya.

Mardi Gras World merupakan bisnis keluarga yang dirintis oleh Blaine Kern tahun 1947. Cucunya, Brian, mengatakan bahwa banyak yang telah berubah sejak saat itu.

Ia mengatakan rangkaian kendaraan di parade Mardi Gras di New Orleans awalnya hanya mengangkut 12 orang, tetapi sekarang kendaraan hias ini terdiri dari beberapa bagian yang bisa menampung 250 orang.

Ilustrasi

Rangkaian kendaraan hias itu sangat penting bagi festival Mardi Gras yang telah dilangsungkan di New Orleans selama lebih satu abad.

Turis dan warga lokal memenuhi penjuru kota itu untuk menyaksikan festival tahunan itu. Kern mengatakan rangkaian kendaraan itu telah membuat Mardi Gras menjadi daya tarik turis yang paling utama. Itulah sebabnya para seniman terus bekerja, sehingga rangkaian kendaraan hias itu siap diluncurkan dalam parade tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini