Share

Mengenal Makam Baqi di Madinah, Pemakaman Kerabat Nabi Muhammad

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Minggu 28 November 2021 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 408 2508293 mengenal-makam-baqi-di-madinah-pemakaman-kerabat-nabi-muhammad-y8a4eLRJ4k.jpg Makam Baqi di dekat Masjid Nabawi, Madinah (Shutterstock/Pixelgraph Media)

JAKARTA - Saat umat muslim melakukan ibadah haji atau umrah, biasanya mereka turut berkunjung ke Makam Baki, kompleks pemakaman di Madinah yang sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW.

Baqi atau Al Baqi memiliki arti taman pohon. Makam ini dikenal sebagai Jannat Al Baqi atau Jannatul Baqi karena kesuciannya.

Melansir Islamicandmarks.com, beberapa sahabat dan kerabat Nabi Muhammad SAW turut dikubur di pemakaman tersebut. Sahabat bernama As’ad bin Zurarah yang merupakan golongan Anshar (kaum yang menerima hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah), merupakan orang pertama yang dikuburkan di sana.

Baca Juga:

 Ternyata Ini Alasan Kursi Pesawat Banyak Berwarna Biru

Pabrik di Jepang Buka Tur Unik, Turis Bisa Tekan Ribuan Tombol Lift

Beberapa orang terdekat Nabi Muhammad SAW yang juga dimakamkan di sana yakni bibinya, Shafiyyah dan Atikah binti Abdul Muthalib, anak-anaknya yakni Ibrahim, Ummu Kaltsum, Ruqayyah, Fatimah dan Zainab. Selain itu, diperkirakan lebih dari 1.000 sahabat Nabi turut dimakamkan di sini.

Namun demikian, saat berkunjung peziarah dilarang membawa kembang atau bunga untuk ditaburi di atas makam. (nia)

(sal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini