Terkenal Akan Rempahnya, Yuk Cicipin 15 Makanan Khas Maluku Ini

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 29 November 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 301 2508728 terkenal-akan-rempahnya-yuk-cicipin-15-makanan-khas-maluku-ini-3s1TWPx43a.JPG Bubur Ne, salah satu makanan khas Maluku (Foto: Instagram/@dapurfio)

SEJAK dulu, Maluku dikenal sebagai salah satu daerah penghasil rempah-rempah di Indonesia yang berguna sebagai bumbu penyedap masakan seperti pala, lada, cengkeh dan sebagainya.

Karena itulah, daerah yang terletak di timur Indonesia ini juga memiliki sejumlah kuliner khas yang punya cita rasa lezat. Lantas apa sajakah hidangan tersebut? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan 15 daftar makanan khas Maluku yang wajib kamu cicipi!

1. Papeda

Jajanan yang sekarang populer dan dapat dijumpai di berbagai daerah. Namun ketika kamu berkunjung atau berwisata ke Maluku, pastikan untuk mencobanya langsung di daerah asalnya.

Papeda merupakan makanan tradisional yang terbuat dari bahan tepung sagu yang lantas diolah hingga bentuknya mirip bubur yang kental juga lengket. Selain lezat, papeda juga mengandung berbagai nutrisi dan rendah kalori lho!

2. Gohu Ikan

Makanan khas Maluku selanjutnya yang sangat layak dicicipi adalah Gohu Ikan, yang sekilas mirip dengan hidangan ‘sashimi’ asal Jepang.

Baca juga: 

Gohu Ikan menggunakan bahan ikan tuna atau cakalang yang dilumuri perasan lemon dan garam. Untuk menambahkan cita rasanya, ditambahkan daun kemangi hingga tumisan cabai rawit dan bawang merah. Kesegaran dan kelezatannya? Tiada tanding!

3. Nasi Lapola

Meskipun makanan pokok masyarakat Maluku bukan nasi melainkan sagu, namun bukan berarti mereka tidak memiliki kuliner nasi. Salah satu yang wajib dicoba adalah Nasi Lapola.

Nasi Lapola sendiri merupakan perpaduan dari beras yang ditambahkan kacang tolo dan juga parutan kelapa muda. Untuk memasaknya harus menggunakan api yang kecil sehingga hasilnya maksimal. Nasi Lapola memiliki tekstur yang pulen ditambah beberapa bumbu yang membuat rasanya makin sedap dan menggoda.

Infografis Makanan Indonesia yang Mendunia

4. Ikan Asar

Asar merupakan bahasa Maluku dari ‘Asap’, yang berarti bahwa Ikan Asar adalah ikan asap nya masyarakat setempat yang banyak menggunakan ikan tuna dan atau cakalang.

Untuk membuat rasanya semakin menggugah, ikan asar disandingkan dengan nasi juga sambal colo colo. Perpaduan rasa ini dijamin akan membuat Anda ketagihan akan rasanya.

5. Sambal Colo Colo

Sambal yang hampir bisa dipastikan selalu hadir di menu makanan khas Maluku. Sambal colo colo adalah ini sekilas mirip dengan sambal dabu dabu yang berasal dari Manado. Hanya saja, Sambal Colo Colo lebih dikreasikan dengan bebas.

Bahan sambal colo colo adalah bawang merah, campuran tomat, perasan jeruk nipis dan tentunya cabai rawit. Aromanya makin menggiurkan dengan tambahan daun kemangi.

6. Kasbi Komplet

Selain sagu, masyarakat Maluku banyak mengonsumsi Kasbi atau Singkong sebagai pengganti Nasi. Berbeda dengan daerah lain, masyarakat Maluku mengonsumsi singkong yang dihadirkan dengan lauk pauknya dan disebut dengan Kasbi Komplet.

Papeda

Kasbi Komplet berisikan ubi rebus, singkong rebus ataupun keladi rebus. Setelah itu dinikmati bersama dengan ikan bakar bumbu rica, kangkung bunga pepaya, kohu kohu ikan puri dan sayur jantung pisang dan tak ketinggalan sambal colo colo sebagai kondimen penyedap dan pelengkap.

7. Ikan Kuah Pala Banda

Kuliner ini memadukan dua hasil bumi utama Maluku yakni rempah-rempah dan ikan laut. Seperti namanya, kudapan ini berasal dari Kepulauan Banda di Maluku Tengah. Ikan Kuah Pala Banda terbuat dari bahan dasar ikan kakap atau ikan kerapu.

Ikan yang disajikan berkuah ini memiliki rasa rempah yang kaya. Perpaduan rasa asam dan pedas menjadikan lidah ingin terus mencicipinya.

8. Halua Kenari

Selain Papeda, Maluku juga memiliki Halua Kenari sebagai makanan khas yang berupa camilan. Halua Kenari menjadi camilan yang kaya akan rasa dan membuat ketagihan. Bahan dasarnya berupa kenari dan juga gula merah dengan rasa yang manis.

Camilan satu ini sangat cocok untuk Anda yang sedang diet. Karena kenari mengandung lemak yang lebih sedikit dan juga memiliki kandungan protein yang tinggi.

9. Kohu Kohu

Makanan khas Maluku yang sekilas mirip dengan urap urap. Namun bedanya adalah sayuran ini dihidangkan mentah yang lantas dicampur kelapa parut.

Namun begitu, rasa kohu-kohu dijamin nikmat karena disajikan dengan beberapa bumbu yang membuat rasanya makin nikmat seperti irisan bawang merah mentah, perasan lemon Cina dan juga suwiran ikan cakalang asap.

10. Bubur Ne

Sagu benar-benar telah melekat dengan masyarakat Maluku, sampai-aampai bubur pun terbuat dari sagu. Adalah Bubur Ne, yang terbuat dari sagu yang dimasak dengan santan hingga teksturnya empuk. Kemudian ditambahkan dengan daun pandan, gula merah juga kayu manis. Bubur Ne umumnya hadir di meja makan sebagai hidangan penutup. Wajib dicicipi saat berkunjung ke Maluku!

11. Suami

Dibalik namanya yang unik dan sangat menarik perhatian, Suami adalah hidangan otentik Ambon yang terbuat dari ubi parut. Ubi kemudian diperas, barulah dikukus dan dihidangkan.

Tersedia dalam tiga macam, Anda bisa memilih yang pakai gula, tambahan kelapa setengah tua atau original. Adapun kuliner satu ini hingga kini masih belum diketahui kenapa dinamakan dengan ‘suami’.

12. Kue Asida

Maluku juga memiliki makanan khas berupa kue lho. Adalah Kue Asida yang menurut sejarah merupakan panganan yang terinspirasi budaya Timur Tengah. Umumnya, makanan satu ini akan hadir di bulan Ramadhan untuk buka puasa masyarakat setempat.

Rasanya yang manis dan legit membuat siapapun akan ketagihan. Adapun Kue Asida ini dibuat dari bahan tepung gandum yang ditambahkan gula merah.

13. Lapis Palaro

Jangan terkecoh, Lapis Palaro bukanlah kue lapis melainkan hidangan daging sapi yang dibalur dengan bumbu rempah rempah yang menggugah selera. Daging sapi akan diiris tipis kemudian ditambahkan dengan air, garam juga gula pasir. Tidak lupa tepung maizena yang dilarutkan dengan air.

Selain bahan tersebut, ada juga beberapa bumbu halus yang ditambahkan seperti cabai merah besar, jahe, pala, jintan, bawang putih dan bawang merah. Adapun sajian satu ini tidak bisa Anda temukan di daerah lain, jadi pastikan anda mencicipinya saat mengunjungi Maluku!

14. Kue Bagea

Merupakan makanan khas berupa camilan yang sangat populer di Maluku. Kue yang terbuat dari sagu ini memiliki ciri khas tersendiri yakni adanya retakan pada bagian permukaannya.

Kue Bagea memiliki rasa yang nikmat dan cenderung gurih. Teksturnya renyah dan umumnya memiliki bentuk bulat. Untuk menambah cita rasanya, bahan lain seperti kayu manis atau kacang kacangan juga ditambahkan. Adapun Bagea dengan tambahan kenari menjadi kue yang paling digemari dan populer. Tentu saja selain bisa dicicipi langsung, anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh usai mengunjungi Maluku.

15. Gatang Kenari

Merupakan makanan khas Maluku yang sangat jarang, karena untuk bisa mencicipinya anda harus memesan terlebih dahulu. Hal ini karena Gatang Kenari merupakan hidangan yang terbuat dari kepiting langka yang dilindungi, namun begitu masih mendapatkan izin pemerintah untuk diedarkan dengan jumlah tertentu.

Tentu saja ini menjadikan Gatang Kenari sebuah makanan yang istimewa. Hidangan ini biasanya disajikan dengan digoreng atau direbus dengan menggunakan saos asam manis atau saos padang. Rasa dagingnya begitu gurih dan juga membuat ketagihan. Namun, selain tidak bisa sembarang waktu, Anda juga harus merogoh kocek cukup dalam untuk bisa menikmatinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini