Share

15 Tempat Wisata yang Memukau di Lampung, Enggak Ada Duanya!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 28 November 2021 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 408 2508542 15-tempat-wisata-yang-memukau-di-lampung-enggak-ada-duanya-uvRnNKfmWq.jpg Curug Wangsa di Lampung (Foto masteguh78/Indonesia Tripcanvas)

LAMPUNG menyimpan segudang kekayaan alam yang luar biasa dan istimewa. Karenanya, provinsi yang berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan tersebut memiliki banyak destinasi wisata alam. Jadi, Lampung cocok banget untuk dijadikan sebagai tujuan wisata.

Penasaran ada wisata apa saja di Lampung? Dirangkum MNC Portal, berikut 15 rekomendasi wisata memukau yang enggak ada duanya.

1. Kawah Keramik

Kawah keramik ini merupakan hamparan lempengan batu yang mengeras, menyerupai kerak ketel uap panas dengan asap yang membumbung tinggi. Tak sedikit pula muncul air panas yang menyembur di beberapa sudut.

 Baca juga: 6 Tempat Angker di Lampung, Nomor 5 Dihuni Hantu Noni Belanda

Di bawah hamparan lempengan tersebut merupakan sumber air panas yang meletup-letup, ada yang membentuk kubangan dalam ukuran besar maupun kecil, yang tak sedikit mengalirkan air hangat.

Ilustrasi

 Kawah Keramik di Suoh, Lampung (Antara)

2. Danau Lematang

Danau Lematang, atau lebih dikenal sebagai Danau Besi, terletak di Desa Lematang, Kec. Tanjung Bintang – Lampung Selatan, hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung. Sesuai namanya, danau ini berada di tengah pertambangan bijih besi.

Meski begitu, keindahannya tak bisa diindahkan begitu saja. Struktur tanah berwarna coklat dan perbukitan, ditambah warna air yang hijau menjadikan danau buatan ini menjadi begitu menawan.

3. Mata Air Way Sumpuk

Kualitas air yang jernih, bening dan sejuk menjadikan mata air Way Sumpuk menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu. Pengunjung bisa berenang dan berfoto bebas memberikan warna tersendiri untuk pengalaman Anda.

4. Danau Ranau

Danau Ranau menawarkan segudang keistimewaan, mulai dari tempat wisata yang keren, hingga pengalaman dan sensasi yang tiada duanya.

Baca juga:  15 Wisata Alam di Sulawesi Selatan, Permata Tersembunyi yang Pesonanya Sungguh Menakjubkan

Hal istimewa pertama yang bisa Anda saksikan dan rasakan langsung adalah pemandangan alam yang indah dari Danau Ranau itu sendiri, juga Gunung Seminung sebagai latar belakang, dan Pulau Marisa di tengah danau.

 Ilustrasi

Danau Ranau

5. Laguna Dodo

Bila Anda memutuskan berlomba dengan lumba-lumba di Teluk Kiluan, jangan lewatkan juga pengalaman dan sensasi berendam air asin di Laguna Dodo.

Sesampainya di lokasi, Anda akan disambut oleh pepohonan besar yang tumbuh di bukit, suara siamang bersahutan dan sesekali kera ekor panjang yang terlihat berlarian di atas bukit, juga background lautan dari Teluk Kiluan yang begitu terkenal.

6. Pantai Gigi Hiu

Di pantai ini, Anda akan kesulitan menemukan tempat untuk bisa berenang. Tapi Anda akan mudah menemukan spot yang menarik untuk foto-foto dengan latar belakang yang eksotik.

 Ilustrasi

Pantai Gigi Hiu

Yang menjadi andalan dari pantai ini adalah lansekap yang tidak biasa. Batu-batu karang menjulang dengan kesan tajam dan lancip layaknya deretan gigi ikan hiu menjadi ciri khasnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

7. Taman Batu Granit

 

Dari ketinggian, banyak hal yang bisa dilihat secara menarik. Pun demikian ketika Anda berada di Taman Batu Granit Tanjung Bintang.

Dari atas batu granit yang tersusun menjulang secara alamiah, Anda bisa menyaksikan rapatnya panorama hutan dan perkebunan karet.

8. Bukit Pangonan

Ke Bukit Pangonan paling asyik adalah berdua pasangan. Bagaimana tidak, selain alam pegunungannya yang romantis abis, ada sejumlah spot foto yang memang diperuntukkan bagi mereka yang berpasangan.

Berlokasi di perbukitan Pangonan, Pringsewu, panorama pemandangan alam didominasi oleh pepohonan nan hijau. Hamparan hutan dan perbukitan membentuk panorama yang menarik.

 Ilustrasi

9. Bukit BLT

Kawasan perbukitan di Kabupaten Pringsewu memiliki pemandangan yang seru. Dan untuk bisa menikmati semaksimal mungkin panorama alam itu, berkunjung ke Bukit BLT menjadi kewajiban.

Butuh 45 menit perjalanan dari Bandar Lampung untuk sampai ke Bukit BLT. Dengan sedikit tracking, Anda sudah tiba di spot yang pas untuk menikmati keindahan ciptaan Tuhan itu.

10. Air Terjun Putri Malu

Air terjun ini memiliki keistimewaan, tidak hanya berada di lingkungan pegunungan dengan hutan tropis nan asri, tapi juga bentuk cucuran air yang lain dari biasanya.

Berbicara soal pemandangan alamnya, Air Terjun Putri Malu berada di tengah pegunungan hutan tropis. Anda akan menyaksikan pepohonan yang menjulang tinggi, tebing batu yang menarik dan merasakan hawa pegunungan yang sejuk.

11. Air Terjun Ciupang

Apa yang istimewa dari Air Terjun Ciupang? Adalah dinding batu yang menjadi landasan dari cucuran air dari atas tebing yang menjadi alasan kecantikan air terjun ini.

Berlokasi jauh dari kota Lampung, Air Terjun Ciupang sangat asri dan alami. Pemandangannya juga masih istimewa, dengan suasana alam yang sejuk dan menyegarkan.

12. Curup Gangsa

 

Siapa pun tahu untuk bisa mendapatkan surga, dibutuhkan perjalanan panjang, sulit dan menantang. Pun demikian kala Anda ingin bisa menyaksikan secuil potongan surga di Way Kanan bernama Curup Gangsa.

Sesampainya di Curup Gangsa, Anda akan disuguhi menara air setinggi kurang lebih 70 meter dengan lebar 20 meter, ditambah sejumlah air terjun kecil yang menambah eksotisme wilayah ini. Bebatuan besar di sepanjang sungai dan derasnya air memberikan nilai lebih dari keindahan curug ini.

13. Pantai Dewi Mandapa

Ingin menghabiskan waktu dan mengenang masa romantisme berdua bersama kekasih, Pantai Dewi Mandapa menawarkan suasana dan spot yang mendukung untuk itu, lho!

Sejatinya, tempat wisata ini menawarkan warna baru bagi para pecinta selfie. Buktinya, ada banyak spot keren, unik dan kece yang bisa Anda ambil.

Tapi, melihat penamaan sejumlah spot tersebut, jelas ada sisi romantisme yang ingin dijual oleh pihak pengelola. Lihat saja namanya, mulai dari Dermaga Asmara dengan latar panorama hutan mangrove, kemudian Dermaga Cinta yang berbentuk hati dan masih ada lagi lainnya.

14. Taman Nasional Way Kambas

Berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas, berarti Anda sudah berkunjung ke taman nasional paling tua di Indonesia. Dan Anda akan menyaksikan salah satu mamalia terbesar di darat, yaitu gajah Sumatra (Elephas maximus sumatranensis), sebagai atraksi utamanya.

 Ilustrasi

TN Way Kambas

15. Teluk Kiluan

Letak Teluk Kiluan memang tersembunyi, sekitar 80 kilometer dari kota Bandar Lampung. Namun jika Anda memutuskan berkunjung ke sana, dijamin tak akan ada satu kata penyesalan pun terucap.

Kunjungi saja perairan terbuka Teluk Kiluan dengan menggunakan perahu nelayan, Anda akan bisa melihat lumba-lumba hidung botol (Tursiops aduncus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella longirostris) berkejaran, mengejutkan dengan lompatannya. Atau jika beruntung, Anda bisa mengelus punggung mereka dari pinggir perahu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini