15 Oleh-oleh Otentik Khas Maluku, Mulai Kuliner hingga Souvenir Menarik

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 29 November 2021 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 549 2508738 15-oleh-oleh-otentik-khas-maluku-mulai-kuliner-hingga-souvenir-menarik-8HJS51i1yF.JPG Gelang serut besi putih, oleh-oleh khas Maluku (Foto: Instagram/@theambonmaniseshop2)

UNTUK urusan pariwisata, Maluku terkenal dengan berbagai destinasi wisata bahari seperti pantai yang indah nan eksotis juga beragam kulinernya yang cocok bagi para penggiat kuliner.

Jika Anda berkesempatan berkunjung atau berwisata ke provinsi yang memiliki Ibu Kota Ambon ini, terdapat sejumlah produk kuliner hingga souvenir yang sangat cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Lantas produk apa sajakah itu? Berikut ini MNC Portal Indonesia sajikan 15 daftarnya.

1. Kopi Sibu-Sibu Ambon

Bagi para pecinta kopi, bumi Maluku juga punya produk kopi yang khas yakni Kopi Sibu-Sibu Ambon yang pada dasarnya merupakan kopi robusta.

Namun keunikan sekaligus perbedaan kopi ini dengan kopi dari daerah lain adalah Kopi Sibu-Sibu Ambon dicampur dengan bubuk kenari dan bubuk cengkeh halus, sehingga cita rasa sekaligus aromanya sangat khas sekali!

2. Sambal Colo-Colo

Sambal yang hampir bisa dipastikan selalu hadir di menu makanan khas Maluku. Sambal colo colo ini sekilas mirip dengan sambal dabu dabu yang berasal dari Manado.

Baca juga: Legitnya Asida Kuliner Khas Maluku, Begini Cara Bikinnya

Bahan sambal colo colo adalah bawang merah, campuran tomat, perasan jeruk nipis dan tentunya cabai rawit. Aromanya makin menggiurkan dengan tambahan daun kemangi. Sebagai sambal asli Maluku, tentu membawa Sambal Colo-Colo sebagai oleh-oleh rasanya menjadi hal yang niscaya!

3. Papeda

Merupakan makanan tradisional asal Maluaku yang terbuat dari bahan tepung sagu yang lantas diolah hingga bentuknya mirip bubur yang kental juga lengket. Selain lezat, papeda juga mengandung berbagai nutrisi dan rendah kalori lho!

Papeda Ikan Kuah Kuning

(Foto: Instagram/@adellaalgadrie)

Jajanan ini sekarang sudah populer dan dapat dijumpai di berbagai daerah. Namun ketika kamu berkunjung atau berwisata ke Maluku, pastikan untuk mencobanya langsung di daerah asalnya dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

4. Rujak Natsepa

Maluku juga mengenal rujak, dimana yang paling khas adalah rujak natsepa yang biasanya dijual di daerah pantai yang ada di Ambon. Jadi apabila sehabis mantai, pastikan anda mencicipi rujak natsepa dan membawanya pulang.

5. Ikan Asar

Asar merupakan bahasa Maluku dari ‘Asap’, yang berarti bahwa Ikan Asar adalah ikan asap nya masyarakat setempat yang banyak menggunakan ikan tuna dan atau cakalang.

Untuk membuat rasanya semakin menggugah, ikan asar disandingkan dengan nasi juga sambal colo colo. Perpaduan rasa ini dijamin akan membuat Anda ketagihan akan rasanya. Sangat layak untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh!

Rujak Natsepa Maluku

(Foto: Instagram/@siannakaur)

6. Ikan Kuah Pala Banda

Merupakan kuliner yang memadukan dua hasil bumi utama Maluku yakni rempah-rempah dan ikan laut. Seperti namanya, kudapan ini berasal dari Kepulauan Banda di Maluku Tengah. Ikan Kuah Pala Banda terbuat dari bahan dasar ikan kakap atau ikan kerapu.

Ikan yang disajikan berkuah ini memiliki rasa rempah yang kaya. Perpaduan rasa asam dan pedas menjadikan lidah ingin terus mencicipinya. Kamu pun bisa membawanya sebagai oleh-oleh namun karena merupakan makanan basah, mungkin lebih tepatnya menjadi hidangan yang menemani perjalanan pulangmu.

7. Nasi Lapola

Meskipun makanan pokok masyarakat Maluku bukan nasi melainkan sagu, namun bukan berarti mereka tidak memiliki kuliner nasi. Salah satu yang wajib dicoba adalah Nasi Lapola.

Nasi Lapola sendiri merupakan perpaduan dari beras yang ditambahkan kacang tolo dan juga parutan kelapa muda. Untuk memasaknya harus menggunakan api yang kecil sehingga hasilnya maksimal.

Nasi Lapola memiliki tekstur yang pulen ditambah beberapa bumbu yang membuat rasanya makin sedap dan menggoda, menjadikannya cocok sebagai oleh-oleh untuk menemani kepulanganmu.

8. Kue Kering Kenari

Selain rempah-rempah, Maluku juga terkenal akan kacang kenarinya. Apabila ingin menikmati kacang kenari, terdapat satu produk olahan kue yakni kue kering kenari yang berbentuk lembaran dengan taburan cacahan kacang kenari.

Selain itu Kue Kering Kenari juga terdapat campuran dari kacang almond, sehingga rasanya benar-benar gurih. Karena sifatnya yang merupakan camilan dan jajanan kering, Kue Kering Kenari ini tentu sangat layak dijadikan oleh-oleh!

Kue Kenari Maluku

9. Kue Serut

Oleh-oleh khas Maluku yang berbentuk kue lainnya adalah Kue Serut, yang merupakan kue khas Ambon yang memiliki bentuk lonjong yang sekilas mirip cerutu.

Kue Serut ini terbuat dari kayu manis, tepung sagu dan tak lupa juga kacang kenari. Perpaduan yang sempurna dan menjadikan jajanan ini wajib masuk bucket-list oleh-olehmu.

10. Kue Sagu

Sagu sebagai makanan pokok masyarakat Ambon juga diolah menjadi sebuah hidangan berbentuk kue lho.

Apabila mengunjungi Maluku, kamu akan mudah menjumpai produk Kue Sagu yang tentu saja bisa juga kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

11. Ampas Terigu

Walaupun namanya ampas terigu, namun ini adalah produk kuliner berupa roti yang terbuat dari kayu manis, gula merah dan kelapa parut. Roti ini diberi nama ampas terigu karena proses pengolahannya yang sangat tradisional.

12. Rempah-Rempah

Sebagai daerah yang terkenal sebagai penghasil rempah-rempah terbesar di Indonesia, membawa pulang bumbu-bumbu seperti pala, cengkeh, lada dan sebagainya dari Bumi Maluku tentu menjadi satu aktivitas belanja oleh-oleh yang rasanya perlu kamu lakukan.

13. Kerajinan Kerang

Wisata bahari Maluku dimanfaatkan oleh masyarakat setempat yang mengolah hasil alam seperti misal kerang yang cangkangnya diolah menjadi souvenir.

Berbelanja produk kerajinan kerang pun rasanya menjadi sebuah alternatif oleh-oleh yang tepat usai mengunjungi Maluku.

14. Minyak Kayu Putih Ambon

Selain rempah-rempah, tanaman kayu putih juga jamak dijumpai di Maluku khususnya Kota Ambon. Oleh karena itu, membeli minyak kayu putih Ambon bisa menjadi salah satu item list oleh-olehmu.

15. Kerajinan Besi Putih

Rekomendasi oleh-oleh terakhir dari Bumi Maluku adalah kerajinan besi putih, seni kriya masyarakat setempat yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Semua bermula, pada zaman dahulu, kapal-kapal milik para penjajah tenggelam di Laut Banda. Kemudian masyarakat Ambon berinisiatif untuk mengolah besi-besi kapal ini menjadi kerajinan tangan.

Hingga saat ini kerajinan besi putih dapat ditemukan di toko-toko suvenir di Ambon, seperti gelang dan aksesoris lainnya. Selain unik, kerajinan besi putih juga memiliki kualitas yang baik dan tidak mudah berkarat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini