Kisah Narcissus, Pemuda Tampan yang Jatuh Cinta pada Bayangannya Sendiri

Lina Sharfina, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 406 2508978 kisah-narcissus-pemuda-tampan-yang-jatuh-cinta-pada-bayangannya-sendiri-PznOnhn1Hh.JPG Narcissus, tokoh mitologi Yunani yang digambarkan sebagai pemuda tampan (Foto: Carvaggio)

BICARA soal Yunani, banyak cerita berbau mitologi yang menarik untuk dibahas. Salah satunya ialah Narcissus. Ia merupakan sosok dari mitologi Yunani yang digambarkan sebagai pemuda berparas tampan.

Saking tampannya, ia justru malah jatuh cinta dengan bayangannya sendiri yang tercermin dalam genangan air. Sunggu hal yang sulit diterima nalar manusia.

Bahkan disebutkan, bidadari cantik Echo tidak mampu menggodanya lantaran Narcissus 'mabuk kepayang' oleh bayangannya itu.

Nama Narcissus hidup sebagai 'bunga' di mana ia berubah dan sebagai sinonim untuk mereka yang terobsesi dengan penampilan mereka sendiri. Mungkin dari situlah istilah 'narsis' kemudian muncul di zaman modern saat ini.

Mengutip laman World History, Narcissus lahir di Thespiae di Boeotia, putra Cephissus (personifikasi sungai Boeotian dengan nama yang sama) dan nimfa Liriope.

Baca juga: Yunani Kembali Buka Pintu bagi Turis Asing Termasuk dari Amerika

Infografis Destinasi Populer di Dunia

Ibunya diperingatkan suatu hari oleh peramal Teiresias bahwa putranya akan berumur panjang selama 'dia tidak pernah mengenal dirinya sendiri.'

Ketika ia mencapai masa remajanya, pemuda tampan itu tidak pernah menemukan seseorang yang bisa menarik hati sanubarinya.

Bahkan, ia meninggalkan jejak panjang para gadis yang depresi dan patah hati, serta satu atau dua pemuda juga kepincut olehnya.

Hingga di suatu hari, Narcissus kebetulan melihat bayangannya sendiri dalam genangan air. Keanehan lantas terjadi secara alamiah. Di mana pemuda itu justru menemukan cinta pada wujud fisiknya sendiri.

Narcissus, Tokoh Mitologi Yunani

(Foto: worldhistory.org)

Secara alami, hubungan satu arah ini tidak menuju ke mana-mana, dan Narcissus, yang tidak dapat menarik diri dari kolam, bahkan putus asa hingga akhirnya ia mati kehausan dan kelaparan.

Konon, ditemukan bekas luka tusuk pada jasad Narcissus saat kematiannya. Namun, hal itu juga masih menyisakan misteri hingga orang-orang Yunani hanya mengenang kisahnya sebagai mitologi yang sulit diterima akal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini