Share

Parah! Setengah Ton Sampah Penuhi Pantai Cipatuguran, Marinir Sampai Turun Tangan

Antara, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 406 2509399 parah-setengah-ton-sampah-penuhi-pantai-cipatuguran-marinir-sampai-turun-tangan-a2mRSBFdIv.JPG Anggota TNI AL bersih-bersih sampah di Pantai Cipatuguran, Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat (Foto: Antara)

PEMANDANGAN miris terlihat di sepanjang Pantai Cipatuguran, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pasalnya, tumpukan sampah berserakan di sepanjang pantai tersebut.

"Lebih dari 500 kilogram atau setengah ton sampah yang bertebaran di Pantai Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu mulai dari sampah plastik, potongan kayu, besi, bambu, botol air minum dalam kemasan dan lainnya berhasil kami bersihkan," ungkap Danposal Palabuhanratu, Kapten Marinir Agus Sri Subagyo.

Kegiatan bersih-bersih sampah tersebut lanjut Agus sekaligus dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-76 Armada TNI Angkatan Laut (AL) Pos Angkatan Laut (Posal) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Aksi bersih-bersih sampah itu kata dia, juga ssebagai bentuk kepedulian TNI AL untuk menjaga keindahan, kebersihan dan keberlangsungan ekosistem yang ada di laut selatan Sukabumi ini agar tidak tercemar limbah sampah sekaligus memperingati HUT ke-76 Armada TNI AL.

Baca juga: 5 Pantai di Sukabumi yang Tersembunyi dengan Pesona Memikat

Infografis Goa di Sukabumi

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga melibatkan seratusan warga sekitar dan relawan. Secara gotong royong, personel TNI AL bersama warga menyisir pantai untuk memungut sampah yang bertebaran di pantai.

Sampah ini diduga berasal dari rumah tangga yang dibuang ke sungai sehingga terdampar di pantai maupun yang dibuang sembarangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Padahal dengan membuang sampah sembarang ke perairan dampaknya akan sangat besar, seperti rusaknya habitat perikanan, pencemaran lingkungan hingga populasi ikan terus berkurang karena habitatnya rusak.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau siapapun baik warga maupun wisatawan untuk tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga aset ini untuk kelangsungan kehidupan manusia ke depan.

Dampak dari membuang sampah sembarangan apalagi dibuang ke laut atau sungai tidak akan langsung dirasakan, tetapi jika kebiasaan buruk ini terus dilakukan maka bencana akan datang silih berganti mulai dari bencana alam, sosial hingga ekonomi.

"Sudah banyak contohnya, banjir yang terjadi saat ini karena sampah menyumbat dan aliran sungai pun menjadi dangkal, kemudian sampah yang dari sungai akan terbawa ke laut dan terdampar di pantai sehingga bisa terjadi pencemaran dampaknya pasti dirasakan masyarakat seperti timbulnya berbagai penyakit," terang Agus.

Baca juga: Yuk Jelajahi Pantai Goa Walet di Sukabumi, Cantiknya Dijamin Bikin Takjub

Tidak hanya nelayan, pelaku wisata pun bisa kehilangan mata pencahariannya, karena wisatawan dipastikan enggan datang ke objek wisata laut yang penuh dengan sampah.

"Kesadaran dan kepedulian seluruh elemen masyarakat untuk menjaga laut dari pencemaran sampah harus terus ditingkatkan dan menjaga kebersihan objek wisata yang menjadi andalan Kabupaten Sukabumi ini merupakan tanggung jawab bersama," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini