Cegah Omicron Masuk, Masa Karantina Pelancong Internasional Diperpanjang Jadi 7 Hari

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 406 2509438 cegah-omicron-masuk-masa-karantina-pelancong-internasional-diperpanjang-jadi-7-hari-Uo6uzf9ima.JPG Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan merevisi durasi karantina bagi Warga Negara Asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru pulang bepergian dari luar negeri.

Masa karantina yang semula hanya tiga hari diubah menjadi tujuh hari demi mencegah masuknya Covid-19 varian Omicron. Aturan tersebut telah berlaku sejak Senin kemarin.

"Pemerintah juga akan meningkatkan waktu karantina bagi WNA dan WNI yang dari luar negeri di luar negara-negara yang masuk daftar pada poin A menjadi 7 hari dari sebelumnya 3 hari," tegas Luhut.

Ia membeberkan daftar negara poin A yang dimaksud tersebut yakni Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambik, Malawi, Angola, Zambia, dan Hong Kong.

Baca juga: Daftar Negara yang Diizinkan Masuk Indonesia Bakal Dievaluasi Imbas Varian Omicron

Sehingga kata Luhut, baik WNA maupun WNI di luar negara-negara tersebut yang masuk ke Indonesia wajib menjalani karantina 7 hari.

Seangkan mereka yang baru datang dari 10 negara tadi wajib menjalani karantina selama 14 hari atau dua pekan.

"Untuk WNI yang pulang ke Indonesia dan memiliki riwayat perjalanan dari negara-negara pada poin A di atas akan dikarantina selama 14 hari," tuturnya.

Kendati demikian, mantan Danjen Kopassus itu mengimbau masyarakat tak perlu panik menyikapi merebaknya varian Omicron.

Ia menegaskan bahwa pemerintah akan mengambil langkah penanganan cepat dan tepat sebagai bentuk preventif.

"Pemerintah telah mengambil langkah-langkah pengetatan dari kedatangan dari luar negeri dan akan meningkatkan genome sequencing untuk mendeteksi varian Omicron ini," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini