Share

Ngeri! Gajah Ngamuk Serang Mobil Tur Taman Nasional, Turis Lari Ketakutan

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 406 2510475 ngeri-gajah-ngamuk-serang-mobil-tur-taman-nasional-turis-lari-ketakutan-vOHkDyRcdX.jpg Gajah (Istimewa/Antara)

SEEKOR gajah mengamuk dan menyerang mobil Jeep terbuka yang ditumpangi sejumlah siswa yang sedang tur di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan. Gajah berbobot sekira 6 ton itu menyeruduk dan berupaya menaiki mobil tersebut hingga rusak parah.

Akibat kejadian itu, para siswa yang sedang ikut pelatihan alam itu lari ketakutan menyelamat diri dari amukan gajah jantan.

Melansir dari Daily Mail, Kamis (2/12/2021), peristiwa tersebut terjadi pada Minggu 28 November 2021. Video merekam saat mobil beratap terbuka itu sedang berhadapan dengan gajah yang keluar dari semak-semak.

 Baca juga: Momen 2 Gajah Terlibat Pertarungan Sengit di Hutan, Wisatawan Lega Karena Hal Ini

Dalam video yang viral itu, gajah terlihat mengais tanah sebelum menabrak sisi kendaraan dan mengangkatnya dari jalan.

ilustrasi

Daily Mail

Rekaman lainnya yang diambil dari mobil di belakang oleh pemandu EcoTraining. Mobil dibelokkan ke samping oleh gajah setinggi 13 kaki, membuat tiga siswa perempuan berlari menyelamatkan diri.

Gambar yang diambil dari kendaraan menunjukkan bagaimana gading gajah menembus bodywork logam dan merobeknya dengan mudah. Gajah juga meremas sisi kendaraan dan membuat kursi penumpang depan bengkok dan patah.

 Baca juga: Jadi Korban Tabrak Lari, Anak Gajah Kesasar Mati Mengenaskan di Jalan

Tidak ada peserta yang terluka. Tetapi mereka yang ketakutan dibawa kembali ke pondok safari untuk diberi konseling.

 

Para siswa tersebut merupakan peserta kursus di EcoTraining, sebuah sekolah Afrika Selatan yang mengajar pemandu wisata dan penjaga alam.

EcoTraining berbasis di Selati Game Reserve, yang merupakan rumah bagi 135 gajah, badak, singa hitam dan putih, macan tutul serta cheetah.

General Manager Selati Game Reserve Bryan Havemann berkata, "Meskipun kendaraan rusak parah, untungnya tidak ada orang di kendaraan yang terluka."

Diperkirakan gajah yang menyerang adalah jantan yang sedang berkembang biak, dan menjadi marah ketika truk membelok terlalu dekat dengan betinanya.

Ketika gajah jantan siap untuk berkembang biak, mereka memasuki keadaan agresi seksual yang disebut musth, di mana kadar testosteron dalam tubuh mereka dapat berlipat ganda hingga enam puluh kali lipat.

 ilustrasi

Hal ini juga menyebabkan mereka menjadi agresif dan melakukan tindakan kekerasan ekstrem, baik yang ditujukan kepada lawan maupun siapa pun yang melintasi jalan.

Rekaman yang diambil oleh seorang siswa lingkungan di truk safari telah viral di internet.

Pada tahun 2018 seorang penjaga safari Mark Lautenbach, 33, diinjak-injak hingga tewas oleh seekor gajah jantan yang mengamuk.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini