Share

15 Oleh-Oleh Khas Mojokerto, Sayang Banget Kalau Enggak Beli

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 301 2510736 15-oleh-oleh-khas-mojokerto-sayang-banget-kalau-enggak-beli-tsYEfKjevy.JPG Botok Tempe khas Mojokerto (Foto: Instagram/@dapoerrumahkita)

PUNYA beragam destinasi wisata membuat Mojokerto, Jawa Timur ramai dikunjungi wisatawan. Seiring dengan hal tersebut, Mojokerto juga punya oleh-oleh khas yang menarik untuk dibawa pulang.

Penasaran apa saja oleh-oleh khas Mojokerto? Berikut 15 oleh-oleh khas Mojokerto yang wajib untuk dibawa pulang sebagaimana dirangkum MNC Portal Indonesia.

1. Onde-Onde

Jajanan satu ini merupakan oleh-oleh yang bisa untuk Anda bawa pulang ketika sedang berada di Kota Mojokerto. Onde-onde yang terbuat dari bahan utama tepung ketan yang didalamnya berisi kacang hijau dan dibuat dengan cara di bundar-bundar ini memiliki cita rasa yang sangat enak.

2. Kerupuk Rambak

Ketika sedang berada di Mojokerto, maka Anda pun akan sering untuk membeli buah tangan yakni berupa kerupuk. Di kota ini, terdapat banyak sekali jenis kerupuk yang cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh, salah satunya adalah kerupuk rambak.

Untuk itu, bagi Anda yang berminat untuk membawa pulang kerupuk satu ini maka Anda pun nantinya akan dapat dengan mudah untuk menemukannya di pinggir jalan kota Mojokerto ataupun berbagai pusat oleh-oleh di kota satu ini.

Kerupuk Rambak Sapi

(Foto: Instagram/@kerupukrambaksapi_kakros)

3. Kerupuk Upil

Mendengar nama camilan satu ini mungkin akan terdengar sedikit jorok, akan tetapi Anda tak perlu kahawatir. Pasalnya kerupuk yang memiliki cita rasa asin ini sangat sering diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh ketika sedang berada di kota Mojokerto.

Kerupuk ini memiliki proses pengolahan yang sangat unik, karena ketika banyak kerupuk menggunakan minyak saat menggorengnya, maka kerupuk ini pun menggunakan pasir dalam proses pengolahannya.

4. Sinom

Selain itu, Anda pun juga bisa membawa minuman satu ini sebagai oleh-oleh ataupun teman untuk perjalanan. Sinom sendiri merupakan minuman khas yang berasal dari Mojokerto yang terbuat dari daun asam muda.

Sinom Khas Mojokerto

(Sinom, Foto: Instagram/@warungpulaukelapa)

Rasa yang asam dan sangat khas ini akan sangat cocok untuk Anda nikmati ketika cuaca sedang panas dan ditambahkan es batu sehingga memiliki rasa yang lebih nikmat.

5. Kerupuk Memble

Dengan memiliki nama yang unik, kerupuk satu ini pun ternyata memiliki proses pembuatan yang tidak jauh berbeda dengan kerupuk pada umumnya. Yang membedakan dari kerupuk ini adalah terlihat dari pengolahannya saja.

Dimana ketika mengolah kerupuk memble akan dibutuhkan dua buah wajan yang didalamnya berisi minyak panas dan juga minyak yang memiliki suhu yang sedang.

6. Sepatu Kulit

Kota Mojokerto juga dikenal sebagai salah satu kota yang menghasilkan fashion item yang berkualitas, salah satunya adalah sepatu kulit. Untuk itu, bagi Anda yang sedang kebingungan untuk membawa pulang oleh-oleh bagi keluarga di rumah, maka Anda pun bisa membungkus sepatu kulit satu ini untuk orangtua ataupun pasangan.

7. Kerajinan Bambu

Kota satu ini pun juga terkenal akan kerajinan bambunya yang bisa membuat Anda merasa takjub dan ingin untuk membawanya pulang. Beragam jenis kerajinan yang memiliki bentuk bermacam-macam ini merupakan salah satu rekomendasi oleh-oleh yang bisa untuk Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan sehabis mengunjungi kota Mojokerto.

Terdapat berbagai pilihan yang disajikan untuk kerajinan satu ini, yakni mulai dari mainan anak-anak hiingga lampu hias pun tersedia dalam bentuk kerajinan bambu ini.

8. Kerajinan Pahat Batu

Jika Anda sedang mencari oleh-oleh yang unik dan beda dengan yang lain, maka Anda pun bisa membawa pulang kerajinan pahat batu yang merupakan buah tangan khas dari kota onde-onde satu ini.

Anda dapat membeli buah tangan ini ketika sedang berada di kawasan wisata atau di daerah sekitar Trowulan. Untuk harga yang ditawarkan pun sangat bervariasi yakni tergantung dari tingkat kesulitan pembuatannya.

Botok Tempe

(Botok Tempe, Foto: Goodminds)

9. Botok Tempe

Selain itu, bagi Anda yang sedang berada di Mojokerto dan memiliki domisili yang tidak jauh dari kota satu ini maka Anda pun dapat dengan mudah untuk membawa pulang buah tangan satu ini. Botok tempe merupakan salah satu oleh-oleh yang cocok untuk keluarga di rumah.

Makanan satu ini pada umumnya terbuat dari ampas kelapa sehingga tak heran akan menghadirkan rasa yang akan menggugah selera anda. Anda bisa membelinya di warung Lesehan Pasrti yang berada di Masjid Al-Fatah.

10. Keripik Ketela

Keripik satu ini merupakan buah tangan yang wajib untuk Anda bawa pulang bagi keluarga Anda di rumah. Pasalnya keripik satu ini menyediakan beragam rasa yang disukai oleh semua kalangan. Mulai dari rasa manis dan juga asin tersedia dalam bentuk yang renyah.

Dengan harga yang terjangkau, maka Anda pun nantinya akan dengan mudah untuk menemukan oleh-oleh satu ini ketika sedang berada di kawasan wisata yang berada di Pacet.

11. Sambal Wader

Seperti namanya, bahan utama untuk membuat sambal tersebut adalah ikan wader yang banyak hidup di air tawar. Masyarakat sekitar Mojokerto biasanya mencari ikan wader ini di sungai atau membudidayakannya secara langsung di empang yang dimiliki.

12. Keciput Wijen

Sekilas bentuknya mirip dengan onde-onde dengan ukuran lebih kecil. Yang membedakan dengan onde-onde, keciput wijen ini bertekstur kering dan renyah. Rasanya pun lebih gurih dibandingkan onde-onde yang memiliki cita rasa dominan manis.

13. Pusat Oleh-Oleh Arasa

Jika Anda ingin membeli aneka oleh-oleh, Pusat oleh-oleh Arasa merupakan tempat yang cukup lengkap. Di sini Anda bisa menemukan berbagai cemilan dan kudapan khas Mojokerto, mulai dari aneka kerupuk serta keripik hingga onde-onde.

Pondok Sate Bangil Abah Sholeh

(Pondok Sate Bangil Abah Sholeh, Foto: Gotravelly)

14. Pondok Sate Bangil Abah Soleh

Sate bangil yang paling ternama di Mojokerto adalah sate bangil milik Abah Soleh. Berada di sekitaran Jalan Mojopahit, kuliner ini menjadi jujukan para wisatawan.

Pondok sate ini buka mulai pukul delapan pagi hingga sepuluh malam. Tak hanya sate, di sini Anda juga bisa mencicipi gulai kambing dan kambing bakar.

15. Affan Al Badri

Selain kuliner, oleh-oleh khas Mojokerto lainnya adalah produk sepatu kulit yang bisa Anda dapatkan di dusun Setoyo. Dusun ini menjadi pusat sentra pengrajin sepatu kulit.

Selain membeli sepatu kulit, di sini Anda juga bisa melihat langsung proses pembuatan sepatu kulit mulai dari proses pemotongan, penjahitan hingga pengecatan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini