Kampung Adat Lewokluok Flores Timur Juara I API Award 2021, Apa Daya Tariknya?

Antara, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 406 2510790 kampung-adat-lewokluok-flores-timur-juara-i-api-award-2021-apa-daya-tariknya-CxZ22gaFnV.JPG Warga Kampung Adat Lewokluok, Flores Timur, NTT (Foto: Instagram/@lewokluok_tempoe)

KAMPUNG Adat Lewokluok di Kabupaten Flores Timur, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih sebagai juara 1 dalam ajang Anugerah Pesona Wisata Indonesia (API) Award 2021.

"Kampung Adat Lewokluok meraih juara 1 API Award 2021 kategori Kampung Adat Terpopuler dengan perolehan suara vote sebanyak 63,15 persen," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur, Petrus Pemeng Liku.

Pengumuman juara, kata dia telah disampaikan dalam perhelatan Malam API Award 2021 yang digelar di Stabel Berkuda Sekayu, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan pada Selasa malam lalu.

Pemeng Liku mengatakan, pemerintah daerah dan masyarakat Flores Timur menyambut gembira peraihan juara ini karena membuat Kampung Adat Lewokluok semakin populer sehingga bisa menarik banyak kunjungan wisatawan domestik hingga mancanegara.

Baca juga: Anak Senja, Inilah 5 Spot Berburu Sunset Terindah di Flores

Infografis Wisata Desa Adat di Indonesia

Ia menjelaskan, Kampung Adat Lewokluok di Kecamatan Demon Pagong menyuguhkan nilai-nilai yang menjadi daya tarik seperti adat istiadat, ritual, dan kesatuan masyarakat adat yang selama ini tetap terpelihara.

Selain itu, terdapat hal atraktif lain di kampung adat setempat seperti aktivitas menenun ibu-ibu yang hampir ada di setiap rumah serta sajian kuliner olahan yang terus diperkuat menjadi identitas mereka.

Lebih lanjut Petrus mengatakan, peraihan juara ini juga memberikan motivasi bagi pemerintah daerah untuk mulai menyiapkan langkah pengembangan ke depan.

"Kita harus berpikir bagaimana merawat dan menata kampung adat ini ke depan, melestarikan aset-aset budaya dan sebagainya agar semakin menarik dikunjungi wisatawan," ujar dia.

Selain itu, lanjutnya, kesiapan sumber daya manusia masyarakat di kampung adat juga menjadi perhatian pemerintah daerah sehingga ke depan lebih siap dalam segala aspek untuk menerima kunjungan wisatawan.

"Jadi semua aspek ke depan perlu kita persiapan dengan baik sehingga Kampung Adat Lewokluok semakin menarik dan layak dikunjungi wisatawan," pungkas Petrus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini