Share

Tak Hanya Kelor Labuan Bajo, Ini 5 Pulau Lain yang Pernah Dijual Online

Kurniawati Hasjanah, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 406 2511188 tak-hanya-kelor-labuan-bajo-ini-5-pulau-lain-yang-pernah-dijual-online-mB48ScFjjC.jpg Ilustrasi Pulau (dok Freepik)

JAKARTA - Baru-baru ini heboh kabar Pulau Kelor, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dijual Rp100 juta dijual di situs jual beli online.

Informasi jual beli pulau tersebut kini menjadi perhatian masyarakat. Namun sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah setempat.

Kabar pulau dijual ternyata bukanlah pertama kali terjadi. Ada beberapa pulau di Indonesia yang sebelumnya dikabarkan dijual secara online.

Berikut deretan pulau di Indonesia yang dikabarkan pernah dijual dirangkum Okezone:

1. Pulau Ayam, Anambas

Pulau Ayam di Kabupaten Kepulauan Anambas dijual di laman privateislandonline.com. Namun demikian, di deskripsi laman penjualan disebutkan sebagai leasehold alias penyewaan. Selain itu, pulau ini tak menetapkan harga tertentu sehingga menggunakan upon request alias tawarkan harga.

Baca Juga:

Postingan Pulau Kelor Labuan Bajo Dijual Rp100 Juta Kini Lenyap

3 Pesona Pulau Kelor yang Ditawarkan Rp100 Juta di Situs Jual Beli Online

2. Pulau Tojo Una-una, Sulawesi Tengah

Pulau Tojo Una-una turut masuk ke daftar pulau dijual di laman privateislandonline.com. Dalam deskripsi penjualan tertulis pulau ini milik keluarga selama 120 tahun. Namun, kabar penjualan pulau ini dibantah oleh Wakil Bupati Tojo Una-una.

3. Pulau Ajab

Dalam laman privateislandonline, Pulau Ajab, Kepulauan Riau juga turut masuk ke dalam daftar pulau yang dijual. Pulau ini dijual USD 3.300.000 atau sekitar Rp44 miliar. Namun demikian, Bupati Bintan Apri Sujadi menjelaskan, lahan di Pulau Ajab dimiliki perorangan dan pemilik tak boleh menjual pulau tersebut ke pihak karena melanggar ketentuan Pasal 33 Ayat 3 Undang-undang Dasar 1945.

4. Pulau Punggu

Pulau Punggu di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dijual seharga USD 11 juta atau sekitar Rp135 miliar. Pulau ini diiklankan melalui situs Skyproperty.org pada 22 November 2014.

Dalam iklan itu, disebutkan Pulau Punggu hanya berjarak 20 menit pelayaran dengan kapal cepat ke Pulau Komodo, atau berjarak 314,84 kilometer dari Bali.

"Ini adalah pulau pribadi indah bagai pesona surga dan keanggunan. Pantai yang menakjubkan, terumbu karang yang indah, utuh, sempurna untuk resort kelas atas," tulis iklan tersebut.

Namun demikian, Camat Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Muhammad Nur mendapat konfirmasi dari pemilik pulau, Haji Nasir, jika pulau itu diiklankan untuk dijual.

5. Pulau Gili Nanggu

Pulau Gili Nanggu di Lombok dibanderol Rp9,9 miliar dengan sejumlah fasilitas. Di antaranya 10 unit cottage, tujuh unit bungalo, satu unit restoran, mini bar, kamar, dan area pengembangbiakan kura-kura.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini