Share

5 Hal Lumrah di Indonesia tapi Ilegal di Amerika, Warga +62 Wajib Tahu!

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Sabtu 04 Desember 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 406 2511599 5-hal-lumrah-di-indonesia-tapi-ilegal-di-amerika-warga-62-wajib-tahu-pgr7OWz81h.jpg Ilustrasi Indonesia dan Amerika Serikat (stutterstock)

MENGENAL perbedaan hukum di Indonesia dengan Amerika Serikat. Setiap negara mempunyai kebiasaan dan hukum masing-masing. Seperti suatu kebiasaan yang bisa dilakukan di Indonesia, namun di Amerika justru dilarang atau bahkan dapat dianggap pelanggaran.

Adanya perbedaan ini lah yang harus diketahui saat berkunjung ke negara lain. Lalu, kira-kira apa saja hal lumrah yang terjadi di Indonesia namun dianggap tindakan ilegal di Amerika Serikat?

Baca juga: Indonesia Larang Masuk Pelancong dari 8 Negara di Afrika Cegah Varian Baru COVID-19

Berikut ulasannya seperti dikutip dari Youtube ZaaPedia :

1. Menampung air hujan

Bagi orang Amerika air hujan seharusnya dibiarkan jatuh meresap ke tanah atau mengalir ke sungai. Mereka menganggap bahwa menampung air hujan menjadi tugas pemerintah. Sehingga ketika ada orang yang menampung air hujan dianggap telah melanggar hak pemerintah, dan bisa berurusan dengan polisi.

2. Nongkrong di jalan

Nongkrong di atas kendaraan yang parkir di pinggir jalan menjadi larangan di Amerika Serikat. Terlebih jika dilakukan antara jam 12 malam hingga jam 6 pagi dengan adanya minuman beralkohol.

Baca juga: Tradisi Suku Apatani Sumbat Hidung dan Tato Wajah demi Menutupi Paras Cantiknya

3. Dilarang makan kangkung

Kangkung termasuk kategori sayuran beracun sejak pada Desember, 2010. Alasannya, karena kangkung mengandung cacing yang bisa bisa menggangu sistem pencernaan.

Selain alasan kesehatan, larangan mengonsumsi kangkung juga terjadi karena tanaman ini hampir mengahambat saluran air di wilayah Amerika dan Florida pada tahun 1990-an.

4. Menjual unggas berwarna

Wilayah bernama Kentucky di Amerika Serikat melarang kerasnya adanya penjualan unggas berwarna. Hal itu dianggap sebagai penyiksaan terhadap hewan.

 ilustrasi

5. Larangan mengumpat

Mengumpat salah satu hal lumrah yang terjadi di Indonesia. Apalagi ketika di jalanan, melihat orang marah-marah atau mengumpat pengendara lain. Namun di Amerika Serikat tepatnya di Rockvilee Maryland mengumpat dapat menyebabkan Anda terseret kasus hukum.

Nah itu dia kebiasaan yang dianggap lumrah di Indonesia, namun berpotensi menjadi rentetan kasus hukum di negara Amerika Serikat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini