Share

Gunung Semeru Meletus, Sandiaga Uno Sampaikan Doa Menyentuh dari Hadits Rasulullah

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Minggu 05 Desember 2021 01:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 406 2512009 gunung-semeru-meletus-sandiaga-uno-sampaikan-doa-menyentuh-dari-hadits-rasulullah-D7iSW0lc1k.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)

GUNUNG Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) meletus disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik pada Sabtu, 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB. Puluhan warga Lumajang dilaporkan hilang dan ratusan lainnya mengungsi ke tempat yang lebih aman

Terkait musibah erupsi Gunung Semeru, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan keprihatinannya. Sandi turut menyatakan empatinya dengan menyampaikan doa menyentuh di akun Instagram miliknya, @sandiuno.

"Innalillahi... Allahumma ajirnii fii musibatii wakhluflii khoiron minha," tulis Sandi dalam postingannya.

Doa tersebut merupakan doa yang diajarkan langsung oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sebagaimana dalam haditsnya yang berbunyi; "Bila kamu diberi musibah oleh Allah, maka ucapkanlah doa 'Allahumma ajirni fi mushibati wa akhlifha khairan minha' (artinya: 'Ya Allah berilah aku pahala dalam musibah ini, dan gantikanlah bagiku dengan sesuatu yang lebih baik daripadanya'),” (HR. Muslim, Ibnu Majah, Malik, dan Ahmad bin Hanbal).

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Cek Daftar Letusan Dahsyatnya Sejak 200 Tahun Lalu

Gunung Semeru

(Foto: Instagram/@bbtnbromotenggersemeru)

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu berharap para korban terdampak erupsi Gunung Semeru diberi keselamatan dan senantiasa dalam perlindungan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

"Doa terbaik untuk saudara-saudara kita yang berada di sekitar kaki Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, beberapa bulan lalu saya sempat menyambangi desa wisatanya, memastikan ekonomi dan lapangan kerja hadir kembali," tuturnya.

Baca juga: Tepat Setahun Lalu, Semeru Ternyata Pernah Meletus!

"Semoga semuanya diberikan keselamatan, kesehatan, dilindungi oleh Allah SWT. Aamiin yaa Rabbal 'aalamiin," demikian Sandi.

Seperti diwartakan, berdasarkan pengamatan PVMBG Kementerian ESDM, terdapat dua kali guguran lava pijar dengan jarak luncur kurang lebih 500 meter sampai 800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tengah menyiapkan berbagai titik pengungsian sektoral pascaerupsi Gunung Semeru.

"Titik pengungsian sektoral tengah didirikan di Lapangan Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang," ungkap Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers virtual.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Aktivitas Bandara di Sekitarnya Tetap Normal

Sedangkan lokasi pengungsian yang saat ini sudah terisi pengungsi berada di tiga desa dan dua kecamatan. "Yaitu di Desa Supit Purang dan Curah Kobokan di Kecamatan Pronojiwo dan Desa Sumber Wuluh di Kecamatan Candipuro," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini