Share

Rumah Megah Tertangkap Google Maps Berdiri di Tengah Landasan Pacu Bandara, Milik Siapa?

Lina Sharfina, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 00:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 406 2512156 rumah-megah-tertangkap-google-maps-berdiri-di-tengah-landasan-pacu-bandara-milik-siapa-T2CUaCErpw.JPG Bangunan rumah megah berdiri di tengah landasan pacu Bandara Berlin, Jerman (Foto: Reddit/IveNoWllly)

SEBUAH bangunan rumah besar berdiri di tengah Bandara Brandenburg, Berlin, Jerman. Objek tersebut terlihat oleh seorang pengguna Google Maps, dan telah memicu teori yang berkaitan dengan angkatan udara Nazi.

Melansir Mirror, rumah megah di tengah Bandara Berlin itu telah membuat pengguna Google Maps kebingungan.

Sebab, rumah tersebut persis berada di tengah-tengah Bandara Berlin Brandenburg (BER),yang sebelumnya bernama Bandara Schönefeld. Orang pun bertanya-tanya mengapa rumah itu ada di sana.

Seorang pengguna memposting gambar rumah di Reddit, yang memicu banyak teori tentang apa kegunaannya.

Baca juga: Deretan Bandara Terbengkalai di Dunia, Seram bak Rumah Hantu

Infografis Bandara

Postingan tersebut telah menarik lebih dari 100 tanggapan yang memantik perdebatan, termasuk dugaan dulunya bangunan itu merupakan kantor polisi atau digunakan oleh angkatan udara Jerman, Luftwaffe.

Seorang pengguna menjawab: "Mungkin gedung administrasi/barak lama dari WW2 untuk Luftwaffe. Saya melihat gedung yang dirancang serupa di lapangan terbang di Flugplatz Katterbach/Ansbach sekarang digunakan kembali untuk administrasi dan Kantine," tulisnya.

Yang lain berkata: "Disebut 'Hotel Jenderal', tampaknya dibangun antara tahun 1947 dan 1950 untuk menampung/menyambut tamu negara selama era GDR,".

"Kemungkinan besar sebuah bangunan tua yang tidak perlu dihancurkan ketika Berlin Schönefeld diperluas, mungkin telah digunakan di beberapa titik, masih dalam kondisi yang cukup baik, tidak ada alasan (atau anggaran) untuk meruntuhkannya," timpal netizen lainnya.

Padahal, BER membenarkan bahwa rumah tersebut bernama 'Generalshotel' dan berada di area keamanan bandara. Rumah itu dibangun setelah berakhirnya Perang Dunia II antara tahun 1947 dan 1949 dan kemungkinan selesai untuk ulang tahun ke-70 Josef Stalin.

Awalnya bangunan itu digunakan untuk menampung 'jenderal' senior Angkatan Darat Soviet. Tentara Soviet telah menggunakan Bandara Schönefeld setelah perang, sebelum itu daerah dengan landasan pacu milik Henschel Flugzeugwerke, dan bom serta pesawat diproduksi di sana selama perang.

Rumah megah di tengah landasan pacu Bandara Berlin

(Foto: Getty Images/iStock)

Bangunan ini dirancang oleh Max Schmidt, dan arsitekturnya seharusnya mengingatkan pada kastil pedesaan tahun 1930-an. Desainnya kemudian direvisi oleh Georg Hell.

Interior rumah mewah dihiasi dengan marmer, travertine (batu kapur), wallpaper kain, langit-langit coffered sebagian berwarna dan dilengkapi dengan lampu gantung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini