Awas Jangan Salah Pilih, Ini 8 Posisi Kursi Terbaik dan Nyaman di Pesawat

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 406 2512266 awas-jangan-salah-pilih-ini-8-posisi-kursi-terbaik-dan-nyaman-di-pesawat-oTY0oweyaO.JPG Kursi pesawat (Foto: Reuters/Mike Blake)

MENDAPAT kursi yang nyaman selama penerbangan pesawat menjadi hal yang sangat diinginkan hampir semua penumpang. Terlansir dari millionmilesecrets, dengan mengetahui pilihan posisi terbaik dalam bagian pesawat dapat lebih menyenangkan perjalanan udara Anda.

Nah, kira-kira apa saja pilihan kursi terbaik di pesawat? Berikut Okezone rangkumkan tips memilih posisi kursi agar perjalanan udara Anda nyaman dan berkesan.

1. Kursi terbaik minim turbulensi

Turbulensi hampir tidak dapat dihindari dalam penerbangan. Tetapi dengan Anda memilih tempat duduk di bagian tengah, di atas sayap pesawat akan membuat perjalanan bergelombang tidak terlalu terlihat. Semakin jauh Anda duduk dari bagian sayap pesawat, turbulensi justru akan semakin terlihat.

Jika Anda memiliki pilihan antara beberapa pesawat pada rute yang sama, maka memilih pesawat yang lebih besar biasanya akan merasakan perjalanan lebih mulus. Pesawat yang lebih berat biasanya sedikit memberikan efek bergelombang.

2. Nyaman untuk tidur

Jika Anda termasuk penumpang yang gemar tidur, lebih baik memilih tempat duduk dekat jendela di bagian depan, dan sebaiknya di sisi kiri pesawat. Bagian depan pesawat tidak terlalu bising. Ini memungkinkan Anda untuk bisa menyandarkan kepala ke tiang di antara jendela, agar bisa beristirahat lebih nyaman.

Baca juga: Gokil, Penumpang Ramai-Ramai Dorong Pesawat di Landasan Pacu Gegara Ban Pecah

Infografis Pesawat

3. Lega menggerakkan kaki

Bagi Anda yang memiliki kaki panjang namun tetap ingin bisa meregangkan kaki. Maka, cobalah untuk mendapat kursi di barisan pintu darurat, atau di lorong. Pesawat memiliki dua baris pintu keluar di atas sayap, baris kedua adalah yang terbaik karena baris pintu keluar pertama tidak dapat direbahkan di depan Anda.

Baris keluar seringkali lebih baik daripada baris sekat, karena dapat meregangkan kaki di bawah kursi di depan Anda, serta memberi lebih banyak ruang gerak secara signifikan.

Namun, untuk kenyamanan yang lebih terjaga, maka memilih kursi kelas Ekonomi Premium tentunya menjadi pilihan terbaik. Sebagian besar kursi di kelas tersebut masih tersedia sampai waktu boarding.

Baca juga: 5 Tips Tidur Nyenyak di Pesawat, Jangan lupa Kencangkan Sabuk Pengaman

4. Kursi jalur cepat evakuasi

Ketika memilih tempat duduk di dekat bagian depan pesawat berarti itu bisa mempercepat waktu Anda turun dari pesawat.

Jika Anda terbang di pesawat dengan dua lorong, pilih tempat duduk di depan dengan akses ke lorong kiri. Pintu boarding pesawat selalu berada di sebelah kiri, sehingga lorong kiri cenderung bergerak lebih cepat daripada lorong sisi kanan.

5. Lebih aman bagian belakang

Pemilihan tempat duduk sebenarnya dapat memengaruhi peluang keselamatan penumpang jika terjadi kecelakaan pesawat, menurut penelitian Popular Mechanics di Amerika Serikat.

Studi ini menemukan bahwa dalam kecelakaan maskapai Amerika Serikat, penumpang yang duduk di belakang pesawat memiliki peluang 69 persen untuk bertahan hidup.

Dibandingkan dengan 56 persen mereka yang duduk di atas sayap, dan 49 persen bagi penumpang yang berada di (depan 1/4 pesawat). Kesimpulannya, penumpang di bagian belakang pesawat adalah yang paling aman.

Baca juga: Ternyata Ini Rekomendasi Waktu Makan yang Baik Sebelum Naik Pesawat

Infografis Pesawat

6. Kursi ideal saat berpergian dengan anak

Saat bepergian dengan anak-anak, cobalah untuk mendapatkan barisan sekat. Barisan ini menawarkan ruang ekstra di depan, sehingga anak-anak dapat berdiri untuk sesekali bergoyang (saat lampu sabuk pengaman mati).

Memilih kursi dengan sekat, juga menjadi upaya agar anak-anak tidak mengganggu penumpang lain. Kelebihan kursi sekat juga memudahkan Anda untuk pergi ke kamar mandi, karena posisinya yang lebih berada lebih jauh di belakang.

Jangan lupa juga untuk menempatkan anak di dekat jendela atau kursi tengah. Dikarenakan jendela dapat menjadi pengalih perhatian untuk anak-anak. Serta yang terpenting untuk menghindarkan anak-anak dari penumpang yang bergegas ke kamar mandi, ataupun dari dorongan makanan.

7. Sirkulasi AC yang baik

Jika dalam bepergian jauh dan mengharuskan Anda mengerjakan tugas dalam pesawat. Maka, memilih tempat duduk dengan fasilitas listrik dan AC yang baik dapat menjadi hal yang harus Anda perhatikan.

Beberapa maskapai penerbangan, seperti Alaska Airlines , menawarkan stopkontak dan colokan USB tersendiri untuk setiap kursi. Lalu maskapai lain seperti United Airlines memiliki satu outlet AC bersama per baris.

Kabin Pesawat

(Foto: Reuters)

Pada maskapai penerbangan dengan outlet bersama, sebaiknya pilih kursi bagian tengah. Stopkontak bersama biasanya berada di bawah kursi ini, dan juga pada kaki kurai paling dekat dengan lorong.

8. Penumpang bertubuh besar

Pilihan kursi yang tepat bagi penumpang berpostur besar adalah jika kursi berada dekat dengan lorong. Kursi di dekat lorong terasa lebih nyaman, karena sandaran tangan lorong berada di posisi yang benar-benar terangkat. Selain membuat diri nyaman, memilih kursi di dekat lorong juga menghindari keadaan agar Anda tidak menindih penumpang lain.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini