Share

15 Destinasi Wisata di Blitar, Jangan Pulang Kalau Belum Ziarah ke Makam Bung Karno

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 408 2512427 15-destinasi-wisata-di-blitar-jangan-pulang-kalau-belum-ziarah-ke-makam-bung-karno-l4qds9Z10y.JPG Makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur (Foto: Instagram/@bonek_lamongan_bersatu)

BLITAR, Jawa Timur menjadi daerah yang memiliki deretan destinasi wisata menarik. Mulai dari wisata alam, sejarah, hingga yang kekinian. Tak heran jika kawasan ini cukup diminati oleh para pelancong, khususnya wisatawan lokal.

Sejak new normal di masa pandemi, beberapa destinasi wisata di Blitar sebagian sudah dibuka lho. Tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang harus diperhatikan oleh setiap wisatawan.

"Iya sudah dibuka (tempat wisata) sekarang, ya. Sejak new normal itu sebenarnya sudah dibuka. Jadi, silakan yang mau berlibur ke Kabupaten Blitar sudah diperbolehkan," kata Naim saat ditemui MNC Portal Indonesia pada acara APKASI Otonomi Expo, Senayan, Jakarta Pusat belum lama ini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 15 rekomendasi destinasi wisata di Blitar yang bisa Anda kunjungi saat liburan.

1. Pantai Seran

Blitar memiliki garis pantai yang cukup panjang. Salah satu pantai yang dapat Anda kunjungi adalah Pantai Seran berlokasi di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Pantai Seran memiliki pasir putih halus sejauh mata memandang. Selain itu pemandangan lainnya adalah laut yang bersih, pantulan langit yang membuat air laut nampak biru, serta beberapa tebing yang membuat tempat ini terlihat memesona.

Untuk masuk ke destinasi wisata satu ini Anda cukup membayar tiket seharga Rp7,000 saja perorangnya.

Pantai Seran, Blitar

(Pantai Seran, Foto: Instagram/@liana_agustin09)

2. Pantai Pelangi

Selanjutnya adalah Pantai Pelangi. Pantai ini terletak di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Pantai Pelangi memiliki karakteristik yang masih alami dan asri. Ditambah dengan deburan ombak besar yang khas dari Pantai selatan satu ini.

Hamparan pasir putih dan deretan cemara udang pun terbentang indah di sepanjang bibir pantai. Menariknya lagi, pantai ini memiliki muara sungai yang membentuk telaga payau. Untuk masuk ke Pantai Pelangi ini Anda dikenakan tiket senilai Rp5.000 perorangnya.

3. Pantai Gondo Mayit

Mendengar namanya mungkin akan mengerikan. Seolah-olah Pantai Gondo Mayit ini menjadi tempatnya para mayit atau jenazah. Tapi jangan salah, meskipun namanya cukup absurd pantai ini tidak se-menyeramkan itu.

Berlokasi di Krajan, Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kota Blitar, Jawa Timur. Pemandangan di Pantai Gondo Mayit ini cukup indah, Anda bisa melakukan berbagai hal di sini.

Misalnya berkemah di pinggir pantai, sambil membakar ikan atau jagung. Selain itu Anda juga dapat sekadar bermain-main di sekitar pantai ini.

Pantai Peh Pulo, Blitar

(Pantai Peh Pulo, Foto: Instagram/@edogawa_puji)

4. Pantai Peh Pulo

Hingga saat ini Pantai Peh Pulo menjadi destinasi wisata alam yang masih cukup tersembunyi, dan para wisatawan belum banyak yang mengetahuinya.

Ini karena medan atau perjalanan menuju Pantai Peh Pulo ini cukup sulit. Maka jika Anda berhasil menuju ke pantai ini, sesampainya di sana Akan melihat pemandangan yang masih asri dan tentunya alami.

Lokasinya berada di Peh Pulo, Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur. Beberapa hal yang perlu dicatat dan diperhatikan, sebaiknya ketika Anda bertujuan akan menuju tempat ini ada baik untuk memeprsiapkan segala perlengkapan.

5. Pantai Jolosutro

Kemudian ada Pantai Jolosutro yang memperlengkap destinasi wisata alam di Blitar. Lokasi pantai ini berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates.

Menariknya pasir di Pantai Jolosutro ini cukup berbeda dengan pantai pada umumnya. Hal ini karena pasir di sini memiliki karakteristik warna hitam serta mengadung butiran biji besi yang ada di dalamnya.

Selain itu, ombak di Pantai Jolosutro ini relatif tinggi. Cocok bagi Anda yang hobi surfing, Sambil menantang adrenalin di salah satu pantai Blitar ini.

6. Air Terjun Coban Wilis

Tak hanya pantai, Blitar juga memiliki air terjun yang tidak kalah menarik untuk disambangi. Air Terjun Coban Wilis mamanya, berlokasi di Slumbung, Kecamatan Gandusari, Kota Blitar, Jawa Timur.

Pemandangan di sekitar air terjun ini masih alami dan asri. Bagi Anda yang senang bertualang, air terjun ini sangat cocok lho untuk Anda jelajahi. Sebab untuk menuju Air Terjun Coban Wilis membutuhkan waktu sekitar dua jam dengan cara berjalan kaki.

7. Telaga Rambut Monte

Destinasi wisata alam di Blitar selanjutnya adalah Telaga Rambut Monte. Telaga ini memiliki pemandangan yang menakjubkan berupa air telaga berwarna biru yang indah dan memesona.

Tak hanya itu, di dalam telaga ini juga terdapat ikan purba yang diyakini dan menjadi mitos masyarakat setempat sebagai ikan dewa-dewa.

Jarak tempat ini dari pusat kota berjarak sekitar 30 hingga 40 menit perjalanan dari pusat kota. Telaga Rambut Monte menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menawan. Lokasinya berada di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Telaga Rambut Monte

(Telaga Rambut Monte, Foto: Instagram/@wijayarga)

8. Wisata Negeri Dongeng

Destinasi wisata pertama adalah Wisata Negeri Dongeng. Lokasinya berada di Desa Kawedusan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Pasalnya, tempat ini dinamai Negeri Dongeng karena saat berada di wisata ini, pengunjung akan merasa seperti di negeri dongeng.

Di destinasi wisata ini kamu bisa melihat berbagai miniatur landmark keajaiban dunia lho, seperti Kincir Angin Belanda, Menara Eiffel, Patung Liberty, Menara Pisa, dan lain sebagainya. Biaya tiket masuknya pun termasuk murah. Hanya dengan Rp10,000 Anda sudah bisa mendapatkan banyak spot foto ala Eropa.

9. Kedung Entong

Blitar juga mempunyai destinasi wisata alam yang masih asri, dan mengandung mistis di dalamnya. Tempat yang dimaksud adalah Kedung Entong.

Sebenarnya ini adalah sebuah air terjun yang dikelilingi bebatuan dan tebing-tebing tinggi, serta terdapat danau kecil tepat di bawah air terjun tersebut.

Meski terdapat beberapa mitos di sekitarnya. Kedung Entong memiliki pesona alam yang indah dan memesona.

10. Gardu Pandang Perkebunan

Selanjutnya adalah Gardu Pandang Perkebunan, cocok untuk Anda penikmat suasana hijau perkebunan teh, atau hamparan savana yang indah.

Perkebunan Gardu Pandang

(Gardu Pandang, Foto: Instagram/@pheje_28)

Berlokasi di Sumbersari 2, Sumbersari, Kecamatan Nglegok, Kota Blitar, Jawa Timur. Di tempat ini Anda bisa berswafoto dengan latar belakang pemandangan yang memesona dan menakjubkan.

11. Air Terjun Sirah Kencong

Selanjutnya adalah Air Terjun Sirah Kencong, merupakan destinasi wisata alam yang menarik di Blitar. Saking masih terjaga kealamiannya, tempat satu ini belum banyak diketahui lho.

Air Terjun Sirah Kencong berlokasi di Sirahkencong, Ngadirenggo, Wlingi, Blitar, Jawa Timur. Bagi Anda yang ingin ke tempat ini harus melewati tantangan yang cukup sulit, karena hanya bisa diakses dengan berjalan kaki saja.

Tiket masuk ke wisata Air Terjun Sirah Kencong ini cukup terjangkau, yaitu Rp5,000 saja perorangnya.

12. Gua Luweng

Blitar juga memiliki Gua lho yang tak kalah indah dari pemandangan wisata alam lainnya. Banyak yang menyebut destinasi satu ini sebagai air surga. Memang Anda akan menemukan air terjun yang mengalir dari atas sampai ke guanya.

Suasana sekitar gua cukup hening, dan pemandangannya masih asri. Pantas saja, rute menuju Gua Luweng ini cukup sulit. Lokasi ada di Prodo, Ngrejo, Kecamatan Bakung, Kota Blitar, Jawa Timur.

13. Makam Bung Karno

Selain wisata alamnya yang memukau, Blitar juga memiliki wisata sejarah yaitu adanya makan Ir. Soekarno atau Bung Karno, berlokasi di Jalan Ir. Soekarno Nomor 152, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur.

Bung Karno sendiri merupakan presiden pertama Republik Indonesia (RI) yang memperjuangkan Bangsanya demi kemerdekaan masyarakat dari para penjajah. Bahkan hingga akhir hayatnya pun ia masih tetap berjuang.

Jadi jika Anda berlibur ke Blitar, Makam Bung Karno ini jadi salah satu tempat atau destinasi yang wajib dikunjungi.

Area Makam Bung Karno

(Foto: Instagram/@andreas_permadi)

14. Kampung Cokelat

Kampung Cokelat juga menjadi destinasi favorit wisatawan yang singgah di Kota Blitar. Sesuai dengan namanya, kampung ini menjadi surganya para pecinta buah bercita rasa manis ini.

Tak hanya puas memakan cokelat saja. Konsep dari Kampung Cokelat ini mengambil tema edukasi, dan anak-anak pun bisa bermain sambil belajar.

15. Kesambi Trees Park

Destinasi wisata satu ini berbeda dengan yang lainnya. Kesambi Trees Park merupakan konservasi rusa yang cukup luas di tengah Hutan Maliran.

Tak hanya itu, terdapat beberapa wahana menarik lainnya yang tak kalah seru lho, seperti outbond, playground, camping deck, dan lainnya yang dapat Anda coba.

Kesambi Trees Park

(Foto: Instagram/@rhyzmaharsoyo)

Kesambi Trees Park ini terletak sekitar 8 km dari Kota Blitar, tepatnya di Desa Jatilengger, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Meski berada di kawasan hutan, namun akses ke sana mudah dijangkau.

Biaya tiketnya pun cukup terjangkau, hanya dengan Rp10.000 Anda sudah bisa menikmati dan bermain seharian di dalam arena Kesambi Trees Park.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini