Share

15 Tempat Wisata di Lumajang, Cocok untuk Berlibur Bersama Keluarga

Hasyim Ashari, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 408 2512579 15-tempat-wisata-di-lumajang-cocok-untuk-berlibur-bersama-keluarga-tudNZRuYWx.jpg Ranu Bedali (YouTube/Andre Djohan)

LUMAJANG, Kabupaten di Jawa Timur memiliki sejuta pesona yang sangat indah. Sayangnya, banyak orang yang belum tahu keberadaan tempat-tempat wisata tersebut.

Salah satu wisata alam yang paling terkenal adalah Gunung Semeru. Namun, bukan berarti hanya Gunung Semeru saja yang menjadi daya tarik utama tempat wisata disana.

Masih banyak destinasi yang bisa kalian temukan ketika berlibur di Lumajang.

Berikut 15 destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi apabila datang ke kota ini:

1. Pemandian Selokambang

Tempat wisata ini cukup menarik karena memang berasal dari sumber air tiga pohon beringin yang berada di sisi barat. Bahkan lebih menarik lagi karena jalur air dari sumber ini mengalir sampai di ujung kota Lumajang. Lokasi terletak di Purwerejo, Senduro Pancen, Kecamatan Lumajang, Jawa Timur.

2. Ranu Bedali

Objek wisata Ranu Bedali merupakan air terjun yang memiliki luas sekitar 25 hektar dengan kedalaman airnya yang mencapai sekitar 28 meter. Pemandangan alam disekitar juga masih asri dan menyejukkan. Wisata ini terletak di Gunung Chilling, Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang.

3. Wisata Hutan Bambu

Ada panorama yang menarik dan elok karena anda bisa menikmati berjalan-jalan dengan menyelusuri pepohonan bambu. Bagi mereka yang menyukai fotografi, tempat wisata ini benar-benar cocok. Wisata ini terletak di Jl. Kalpataru, Umbulrejo, Sumber Mujur, Kecamatan Candi Puro, Kabupaten Lumajang.

4. Pantai Watu Pecak

Pantai ini terletak di Desa Selor Awar-awar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, sekitar 20 kilometer dari arah selatan Kota Lumajang. Objek wisata alam ini memiliki pesona yang sangat menarik untuk dikunjungi, maka dari itu sangat disayangkan apabila kamu sedang berada di Lumajang namun tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pantai Watu Pecak.

5. Air terjun Watu Lapis

Tempat wisata ini juga tidak sulit karena Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, misalnya saja seperti mobil atau motor. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekitar 1,5 jam. Wisata ini berada di Desa Pasrujambe, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

6. Puncak B29

Tempat wisata ini akan menyuguhkan pemandangan puncak bak negeri di atas awan. Puncak B29 terletak di Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Akses ke tempat ini cukup terjal dan menantang dengan kemiringan 10 hingga 40 derajat membuat Anda harus berhati-hati.

7. Pantai Wotgalih

Menikmati masa berlibur dengan suasana deburan ombak dan sejuknya angina pantai memang tidak pernah mengecewakan. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Lumajang patut mengunjungi pantai Wotgalih. Pada bibir pantai Wotgalih, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah. Karena pasir di sini sangat halus, bersih dan hitam. Bahkan, pasir hitam di pantai Wotgalih dikenal dengan pasir besi yang mengandung mineral tambang bermutu tinggi.

8. Air Terjun Kapas Biru

Air terjun di Lumajang memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Sumber airnya yang berasal dari aliran anak Sungai Besukbang/Sungai Lengkong yang berhulu di lereng Gunung Semeru menjadikan airnya begitu segar dan masih sangat asri.

9. Pantai Tlepuk

Pantai Tlepuk adalah pantai dengan panorama yang indah dan deburan ombak yang menakjubkan. Ditambah algi, pantai ini memiliki rawa yang sangat ideal sebagai tempat pemancingan. Tempat ini mudah dijangkau terletak di Kecamatan Pasirian sekitar 31 km arah selatan kota Lumajang.

10. Air Terjun Kabut Pelangi

Selain Tumpak Sewu, Goa Tetes dan Coban Kapas Biru, di Pronojiwo ada juga Coban Kabut Pelangi yang pastinya layak Anda kunjungi. Sebuah sajian alam yang terlalu menawan untuk diabaikan.

11. Candi Mandara Giri

Candi Mandara Giri adalah salah satu candi agama Hindu di Lumajang yang sering dikunjungi oleh banyak ziarah. Selain itu, candi ini merupakan kuil besar yang terdapat catatan sejarah Lumajang di masa lalu. Bila Anda beruntung, Anda dapat mengunjungi Candi ini saat upacara tradisional diadakan, dengan pertunjukan yang sangat menarik.

12. Air Terjun Manggisan

Wisata Air Terjun Manggisan Lumajang merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Lumajang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

13. Air Terjun Coban Pawon

Air Tejun Coban Pawon ini terbilang cukup unik, karena memiliki kekhasan sendiri, dimana air terjun ini antrukannya ada di dalam goa yg mirip pawon (dapur ruang memasak), masing-masing percikan air terjun ini dipercaya bisa menjadi pengobatan penyakit.

14. Pantai Watu Godeg

Obyek wisata Watu Godeg terletak di kecamatan Tempursari, 80 Km arah selatan kota Lumajang. Pantai ini merupakan pantai dengan pemandangan yang indah, dengan hijaunya perbukitan menjadi latar belakang yang sangat hidup. Usut punya usut nama Watu Godeg diambil dari keberadaan batu besar di tepi pantai itu. Dalam bahasa Jawa, Watu berarti Batu, dan Godeg adalah sejenis penyakit kulit seperti panu dan kudis.

15. Wisata Pantai Dampar

Sesuai namanya, pantai ini terletak di sisi selatan Pulau Jawa, tepatnya di Dusun Dampar, Desa Bades, Kecamatan Pasuruan, Kabupaten Lumajang. Bisa ditempuh dengan berkendara sekitar satu jam dari pusat kota. Sepanjang perjalanan Anda bakal disuguhi indahnya pemandangan perkebunan warga yang rata-rata ditanami kelapa.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini