Sandiaga Uno Sebut 12 Desa Wisata Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Berikut Daftarnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 406 2513021 sandiaga-uno-sebut-12-desa-wisata-terdampak-erupsi-gunung-semeru-berikut-daftarnya-CaMCIjMivY.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyebut, sebanyak 12 desa wisata terdampak erupsi dahsyat Gunung Semeru di Jawa Timur pada Sabtu, 4 Desember 2021 lalu. Kini kondisinya dikabarkan hampir seluruh desa tersebut tertutup abu vulkanik.

"Kami segera menginstruksikan staf ahli manajemen krisis, Hengky Manurung untuk mengidentifikasi sarana, prasarana dan bantuan apa saja yang bisa diberikan bagi saudara-saudara kita (di Semeru)," ujar Sandiaga dalam Weekly Press Briefing secara virtual.

Ia melanjutkan, menurut data sementara, kata Sandiaga, beberapa desa mengalami kerusakan infrastruktur secara signifikan.

Salah satunya Desa Gunung Wayang, terjadi kerusakan pada landasan take off dan landing paralayang, serta akses jalan yang penuh debu atau abu vulkanik.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Sandiaga Uno Sampaikan Doa Menyentuh dari Hadits Rasulullah

Infografis Desa Wisata

"Desa ini mengandalkan paralayang sebagai daya tariknya," katanya.

Kemudian kerusakan juga terjadi di desa wisata Pronowijo, bertepatan dengan jembatan penghubung dengan Lumajang kini terputus dan rusak. Kondisi serupa terjadi di Desa Tirtosari View, aksesnya tertutup abu vulkanik.

Selanjutnya, Desa Wisata Hutan Bambu, juga tertutup debu vulkanik namun kerusakan tidak terlalu parah.

Sementara korban jiwa ditemukan di Desa Wisata Sumber Munjur, Desa Wisata Penanggal, Desa Wisata Sumber Wuluh, Desa Wisata Supiturang, dan Desa Wisata Oro Oro Ombo yang seluruhnya ada di Kecamatan Candipuro.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Berikut Deretan Pesonanya

Mantan Wagub DKI Jakarta itu menambahkan, hanya Desa Wisata Ranu Pani, Senduro dan Desa Siti Sundari yang tertutup debu vulkanik tipis imbas dari letusan Gunung Semeru.

"Walau ada dampaknya, kami harap segera pulih," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini