Share

UEA Ubah Libur Weekend Seperti Negara Barat, Berlaku Mulai Januari 2022

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 406 2513517 uea-ubah-libur-weekend-seperti-negara-barat-berlaku-mulai-januari-2022-gyKHXITnFa.jpg Kota Dubai saat matahari terbenam (Freepik)

PEMERINTAH Uni Emirat Arab (UEA) mengubah hari libur akhir pekan atau weekend dari sebelumnya Jumat-Sabtu menjadi Sabtu-Minggu. Artinya pekan hari kerja dimulai dari Senin hingga Jumat. Tapi, Jumat jam kerjanya setengah hari karena ada kewajiban Salat Jumat.

Kebijakan tersebut resmi berlaku di negara Islam itu mulai Januari 2022, sebagaimana diumumkan pada Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Dubai Punya Bianglala Tertinggi di Dunia, Berikut Faktanya Bikin Tercengang

Penggantian pekan kerja resminya ke Senin sampai Jumat merupakan sebuah perubahan besar membuat UEA kini sejalan dengan jadwal yang berlaku di negara-negara Barat.

Melansir dari VOA, keputusan tersebut menjadikan negara Teluk Arab itu salah satu dari sedikit negara di Timur Tengah yang beroperasi pada jam-jam Barat. Negara-negara di kawasan itu umumnya menetapkan pekan kerja resmi dari Minggu hingga Kamis, atau dari Sabtu hingga Rabu.

Pegawai pemerintah akan bekerja setengah hari pada Jumat, karena kewajiban salat Jumat, dan kemudian libur pada hari Sabtu dan Minggu, kata pengumuman itu.

Perubahan hari kerja pemerintah ini kemungkinan akan diikuti industri swasta dan sekolah, seperti yang terjadi pada tahun 2006, sewaktu mengganti pekan kerja dari Sabtu hingga Rabu menjadi Minggu hingga Kamis.

Baca juga: Super Mewah, Ini 6 Tempat Staycation Terbaik di Uni Emirat Arab

Pemerintah Emirat membanggakan keputusan tersebut karena menjadikannya “negara pertama di dunia yang memperkenalkan pekan kerja nasional yang lebih pendek”, mengingat Jumat hanya setengah hari kerja.

"Akhir pekan yang diperpanjang ditetapkan sebagai bagian dari upaya pemerintah UEA untuk meningkatkan keseimbangan antara kehidupan dan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan sosial," kata pernyataan itu.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini