Share

Ini 7 Desa Wisata Peraih Penghargaan Kategori Mandiri Inspiratif ADWI 2021

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 406 2513676 ini-7-desa-wisata-peraih-penghargaan-kategori-mandiri-inspiratif-adwi-2021-FHpThKhfN0.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno beri penghargaan kepada pemenang desa wisata ADWI 2021 (Foto: YouTube/Kemenparekraf)

DIPANDU dua host ternama, perhelatan malam puncak gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 baru usai dihelat Selasa 7 Desember 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

ADWI tahun ini diselenggarakan dengan mengusung tema 'Indonesia Bangkit', digelar secara hybrid, disiarkan secara langsung melalui akun YouTube resmi Kemenparekraf mulai pukul 19.30 WIB dan juga dihadiri secara langsung oleh para tamu undangan, kepala daerah, dan para perwakilan desa wisata dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

Menjelang akhir acara, secara khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan apa saja desa wisata yang berhasil menjadi pemenang penghargaan spesial, Desa Mandiri Inspiratif.

“Kita tidak hanya kasih award ke lebih dari 50 desa wisata terbaik di Indonesia, tapi juga memberikan award khusus kepada desa-desa yang sudah menjadi pionir, memberikan inspirasi, dan telah berjalan mandiri lewat kategori Desa Mandiri Inspiratif,” ujar Sandiaga Uno, dikutip dari chanel YouTube resmi Kemenparekraf RI.

Baca juga: Wow! 19 Paket Wisata di Bali Menanti Para Delegasi KTT G20, Apa Saja?

Menparekraf Sandiaga Uno

Adapun tujuh desa wisata yang berhasil meraih titel sebagai juara kategori Desa Mandiri Inspiratif di ADWI 2021 malam ini ialah;

1. Desa Wisata Candirejo, Kab Magelang, Jawa Tengah

2. Desa Wisata Cibuntu, Kab Kuningan, Jawa Barat

3. Desa Wisata Nglanggeran, DIY

4. Desa Wisata Penglipuran, Kab Bangli, Bali

5. Desa Wisata Pemuteran, Kab Buleleng, Bali

6. Desa Wisata Pentingsari, Kab Sleman, DIY

7. Desa Wisata Pujon Kidul, Kab Malang, Jawa Timur

Selain mendapatkan trofi kemenangan, ketujuh desa wisata yang menjadi pemenang diketahui juga masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp40juta.

Setelah mengumumkan juara penghargaan khusus Desa Mandiri Inspiratif, Menparekraf Sandiaga juga sekaligus mengumumkan kabar membanggakan, Desa Nglanggeran berhasil dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik dunia oleh Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).

“Secara khusus kita juga bersyukur bahwa UNWTO baru saja menobatkan Desa Nglanggeran di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Desa Wisata Terbaik dunia,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini