Share

Liburan ke Purwokerto, Ini 15 Pilihan Oleh-Oleh Khas yang Bisa Dibawa Pulang

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 301 2514690 liburan-ke-purwokerto-ini-15-pilihan-oleh-oleh-khas-yang-bisa-dibawa-pulang-rhmIHa9xui.JPG Kue nopia, oleh-oleh khas Purwokerto (Instagram @bakhulpanganan)

PURWOKERTO dijuluki sebagai Kota Keripik. Ya, Ibu Kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini memang terkenal dengan kuliner keripik tempe yang enak. Bahkan menjadi oleh-oleh khas bagi traveler jika berkunjung ke Purwokerto.

Selain keripik, Purwokerto juga memiliki banyak makanan lain yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Berikut 15 di antaranya :

1. Keripik Tempe

Purwokerto disebut dijuluki dengan sebutan sebagai kota keripik. Pantas saja, karena di sepanjang perjalanan Anda akan melihat deretan penjual keripik, salah satunya adalah keripik tempe.

Baca juga: Mantap! Tempe Mendoan Banyumas Resmi Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Makanan dari Purwokerto ini bisa Anda beli juga sebagai oleh-oleh. Keripik tempe ini bisa dijadikan camilan atau sebagai pelengkap lauk saat makan, supaya ada sensasi kriuk sehingga rasanya menjadi semakin seru.

 Ilustrasi

2. Kue Nopia

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Kue nopia merupakan kuliner khas Purwokerto yang tidak boleh Anda lewatkan.

Berbahan dasar tepung terigu dengan isian adonan gula jawa. Rasanya manis dan nikmat, cocok dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke Purwokerto.

Kue nopia ini sekilas mirip dengan bakpia pathok dari Yogyakarta. Akan tetapi bentuk kue satu ini lebih kecil, dan juga warna-warni.

3. Jenang Jaket

Jenang atau umumnya di daerah lainnya disebut dodol, merupakan salah satu kuliner khas Purwokerto yaitu dinamakan jenang jaket.

 Ilustrasi

Jenang jaket (mgriyahotel.com)

Jenang jaket terbuat dari tepung ketan, santan kelapa dan gula merah sehingga rasanya gurih, manis, aromanya khas serta warnanya menarik.

Tekstur jenang jaket ini lebih empuk. Rasa manisnya pas, karena terbuat dari pemanis alami yaitu gula merah.

4. Kraca khas Purwokerto

 

Kraca merupakan makanan yang unik, yaitu keong kecil sawah atau sungai yang diolah dengan campuran kuah pedas. Ini termasuk salah satu makanan khas Purwokerto.

 Baca juga: Eksplor 5 Wisata Purwokerto Paling Kekinian, Ini Lokasinya

Makanan ini disajikan bersama dengan kuahnya yang sangat gurih dan lezat. Kuahnya terbuat dari campuran garam, pala, merica, bumbu bawang, lada, dan berbagai macam jenis bumbu lainnya.

Nah jika di Jawa Barat makanan ini memiliki nama lain, yaitu tutut. Cara memakannya bisa diseruput atau dicongkel menggunakan tusuk gigi.

 

5. Mino khas Purwokerto

Mino sebenarnya termasuk nopia yang berbentuk mini. Kuliner ini termasuk sejenis kue kering yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung terigu yang didalamnya diisi dengan menggunakan adonan gula jawa.

Bentuk makanan khas ini agak sedikit lonjong. Kemudian dalam pembuatannya, mino di oven atau dipanggang dalam waktu selama 15 menit sehingga membuat tekstur luarnya lebih crunchy.

6. Combro khas Purwokerto

Combro merupakan singkatan ada oncom di jero (oncom di dalam). Biasanya dikenal sebagai camilan dari Jawa Barat, nah Purwokerto juga mempunyai kuliner yang serupa.

Bahan-bahannya sama, yaitu terbuat dari parutan singkong, kemudian diperas untuk mengeluarkan kadar airnya. Setelah itu diaduk hingga agak kalis, lalu dibentuk dan diisi dengan oncom.

7. Gethuk Goreng

Selanjutnya adalah gethuk goreng menjadi kuliner khas Purwokerto. Terbuat dari bahan dasar singkong atau ketela pohon

Singkong atau ketela pohon ini kemudian diparut, ditambah dengan gula jawa, parutan kelapa, sedikit garam agar lebih gurih, kemudian minyak goreng untuk menggorengnya.

Rasanya manis legit, teksturnya empuk cocok dijadikan camilan atau teman minum teh dan kopi.

 Ilustrasi

8. Lumpia Boom

Selain populer di Semarang, Lumpia Boom juga menjadi komoditi unggul di Purwokerto. Ukuran Lumpia Boom dua kali lebih besar dibanding lumpia biasa.

Proses pembuatan lumpia ini sama dengan lumpia pada umumnya, hanya saja bahan yang digunakan lebih banyak. Rasanya lezat, gurih cocok untuk dijadikan camilan atau sebagai lauk disantap dengan nasi.

9. Tempe mendoan

Kota Purwokerto juga populer dengan kuliner mendoannya. Mendoan termasuk makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar tempe kedelai yang dipotong tipis-tipis dan dilumuri adonan tepung.

Makanan khas Purwokerto ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Terlebih lagi jika kamu menikmatinya selagi masih panas bersama cabai rawit atau dengan sambal kecap.

10. Wedang Badheg

Badheg atau wedang badheg merupakan minuman khas Purwokerto yang berasal dari sari bunga kelapa yang telah difermentasikan. Sehingga menciptakan rasa yang sangat khas dan menyegarkan.

Minuman khas Purwokerto ini banyak dijual oleh pedagang keliling di sekitaran wilayah Purwokerto.

11. Lanting khas Purwokerto

Lanting termasuk salah satu makanan ringan yang renyah dan terbuat dari singkong. Biasanya lanting berbentuk angka 8, namun dari Purwokerto ini berbentuk bundar menyerupai cincin.

Biasanya lanting dijadikan oleh-oleh khas Purwokerto. Rasanya gurih, sedikit manis, teksturnya renyah cocok dijadikan camilan.

12. Dage

 

Barangkali nama dage cukup asing terdengar bagi Anda. Namun Anda akan dibuat terkejut dengan rasa lezatnya. Terbuat dari tempe, campuran kelapa dan bumbu tambahan lain. Dage diolah dengan digoreng kering atau sebagai bahan membuat kuliner khas Purwokerto.

Sekilas bentuknya mirip tempe, maka jika digoreng biasanya sulit membedakan antara dage atau tempe goreng. Selain itu, teksturnya renyah dan cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

13. Wajik

Rasanya manis legit, teksturnya agak lengket mirip dengan gethuk. Bahan dasarnya terbuat dari beras ketan yang diolah dengan gula merah.

Penyimpanan wajik ini cukup mudah, yaitu disimpan di tempat yang kedap udara atau serangga seperti semut tidak muda masuk menggerayangi makanan manis ini.

 Ilustrasi

14. Templek

Kemudian ada templek. Oleh-oleh khas Purwokerto ini diolah dengan ampas tahu yang dicampur beberapa bumbu khasnya. Semua adonan ini dibuat adonan kemudian dibentuk bulat dan dimasukkan pada cairan terigu.

Biasanya templek dinikmati dengan sambal atau cabai rawit. Rasanya gurih, nikmat, lezat. Bisa menjadi camilan atau sebagai lauk pendamping nasi.

15. Kue lupis khas Purwokerto

Setiap daerah memiliki kue lupis sebagai makanan khasnya, tapi di Purwokerto juga memiliki jenis jajanan tradisional yang sama Lho.

Lupis atau Lopis merupakan oleh-oleh khas Purwokerto kekinian yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan garam.

Selanjutnya dimasak dengan cara dikukus dengan menggunakan bungkus daun pisang. Kemudian ditaburi parutan kelapa dan gula aren yang sudah dicairkan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini