Share

7 Sekte Paling Berbahaya di Dunia, Halalkan Zina dengan Anak Kecil hingga Bunuh Diri Massal

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 406 2514253 7-sekte-paling-berbahaya-di-dunia-halalkan-zina-dengan-anak-kecil-hingga-bunuh-diri-massal-GKZM0pLCCZ.JPG Para pengikut Sekte The Ku Klux Klan (Foto: Reuters)

SEKTE paling berbahaya di dunia ini patut diwaspadai. Beberapa sekte yang ada di tengah-tengah masyarakat dianggap memiliki pemikiran dan ajaran yang sesat, dan tindak kekerasan sadis.

Para pengikut sekte berbahaya di dunia ini percaya bahwa sistem agama yang ada tak cukup, atau tak sesuai dengan nilai-nilai yang seharusnya. Hingga memunculkan keinginan untuk mengubah dunia dengan mengajarkan paham serta pemikirannya. Bahkan, persebaran sekte ini mulai dari wilayah Amerika hingga Asia.

Sayangnya, beberapa sekte agama berikut ini malah menyebarkan paham ekstremis penuh tindakan kriminalitas yang sangat membahayakan. Berikut daftar 7 sekte paling berbahaya di dunia, sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

Children of God

Selain dikenal sebagai agama berbahaya di dunia, sekte Children of God juga dikenal sebagai sekte seks yang keji. Ajaran utama sekte ini mengharuskan para anggotanya melakukan hubungan seks bebas dengan sesama anggota.

Lebih parahnya, juga mengharuskan pengikutnya untuk bersetubuh dengan anak-anak. Mereka percaya perbuatan tersebut merupakan sebuah ritual yang akan diganjar dengan pahala yang besar.

Baca juga: Uniknya Tradisi Kematian Suku Kajang, 40 Hari Dilarang Mandi Hanya Sarungan Tanpa Pakai Baju

Oleh karena itu mereka tak segan-segan menculik, menyiksa, hingga membunuh banyak gadis muda untuk tujuan ini. Sekte ini tak hanya tersebar di Amerika, bahkan konon juga telah menyebar hingga ke wilayah Asia.

The Ku Klux Klan

Awalnya sekte ini merupakan kumpulan ekstremis Kristen berjumlah kecil yang ada di Eropa. Namun, semenjak pecah perang sipil kelompok ini berkembang pesat hingga kemudian memiliki pengikut sekitar empat juta orang.

Infografis Ritual Sakral Sumba Barat

“The Ku Klux Klan” terkenal dengan seragamnya yang mencolok berupa topeng, serta jubah putih yang menutupi seluruh tubuh sebagai cara menyembunyikan identitasnya. Kejinya, sekte ini menyasar dan tak segan-segan membunuh orang-orang dengan kepercayaan, dan identitas berbeda dari mereka seperti orang kulit hitam hingga pemuka agama.

Branch Davidians

Disebut sebagai sekte agama yang menciptakan ramalan kiamat menjadi kenyataan. Penganut sekte sesat ini percaya bahwa mereka merupakan perantara munculnya kiamat di muka bumi.

Baca juga: Mengenal Nganre Sassang, Budaya Suku Kajang Memberi Makan Bayangan

Alhasil, mereka pun mewujudkannya menjadi kekacauan, pembakaran, pembunuhan, hingga pengeboman di berbagai wilayah di Amerika. Akibat ajaran sesat dan tindakan kriminalnya, mereka menjadi buruan utama seluruh aparat keamanan di Amerika.

Perjalanan sekte sesat ini berakhir ketika 76 anggotanya melakukan bunuh diri massal dengan cara meledakkan diri di sebuah bangunan.

Order of the Solar Temple

Muncul pertama kali pada 1984 secara sembunyi-sembunyi dengan pemimpinnya bernama Josep Di Mambro dan Luc Jouret. Kemudian, pada 1994 mereka menyebarkan pahamnya secara terang-terangan.

Salah satu kejadian yang membuat sekte ini dikenal sebagai sekte agama paling berbahaya di dunia adalah ketika mereka membunuh seorang bayi yang dianggap sebagai jelmaan anti-kristus.

Sejak itu, banyak anggota sekte ini yang melakukan bunuh diri sebagai ritual utama agar mereka bisa langsung masuk surga. Terakhir, sekitar 100 anggotanya ditemukan mati dengan cara ditembak, diracun, hingga dibakar oleh ketuanya sendiri.

The People’s Temple

Awalnya, didirikan oleh seorang komunis bernama Jim Jones dengan mengajarkan hal-hal baik pada anggotanya. Namun, semua berubah saat sang ketua tersandung kasus kekerasan dan asusila.

Sejak itu, Jones yang pindah dan menetap di Guyana mengubah misi sektenya, dan mulai menyebarkan paham sesat serta kebencian terutama terhadap petinggi Amerika.

Awalnya, mereka ingin membunuh para petinggi Amerika, namun berakhir dengan sekitar 900 anggotanya melakukan bunuh diri massal dengan meminum cairan beracun.

Heaven’s Gate

Memiliki satu ajaran utama agama dengan keyakinan, bahwa manusia bisa masuk surga jika mati sebelum bumi kiamat. Hingga kemudian ada banyak anggotanya yang memilih cara termudah untuk meninggalkan bumi dengan bunuh diri.

Pengikut Sekte The Ku Klux Klan

(Foto: Reuters)

Di tahun 1997, sekitar 39 anggota sekte bunuh diri secara massal karena ajaran dan perintah ketua sekte. Dari situ mulai banyak pemberitaan media yang menyebutkan sekte 'Heaven’s Gate' sebagai salah satu sekte agama dengan ajaran paling berbahaya di dunia.

Aum Shinrikyo

Jepang dikenal juga menyebarkan paham membahayakan dalam peradaban. Mereka awalnya merupakan kelompok yang berfokus pada meditasi dan yoga.

Namun, perlahan-lahan kelompok pimpinan Shoko Asahara ini berubah haluan dan mengharapkan adanya kiamat di muka bumi bagi manusia. Anggota Aum Shinrikyo percaya bahwa kematian umat manusia sama halnya dengan tiket yang akan mengantarkan mereka langsung ke surga.

Maka, demi mewujudkan ambisinya mereka bahkan melakukan tindakan kriminal seperti perampokan, penculikan, pembunuhan, hingga pengeboman. Pemerintah Jepang saat itu sampai harus turun tangan seluruhnya untuk menghentikan kegilaan sekte ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini