Share

Sungai Amazon Kini Jadi Rumah Baru bagi 1 Juta Penyu Mungil Ini

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 406 2514672 sungai-amazon-kini-jadi-rumah-baru-bagi-1-juta-penyu-mungil-ini-aKojuOQsFd.jpg Ilustrasi pelepasan penyu (Instagram @merzaakbar)

SATU juta penyu dilepasliarkan ke Sungai Amazon di perbatasan Brasil-Bolivia dalam upaya untuk melestarikan spesies tersebut dari ancaman kepunahan.

Pelepasan yang dilakukan pada Selasa 7 Desember 2021 merupakan bagian dari proyek konservasi bersama Bolivia dan Brasil.

 Baca juga: Gawat! 300 Penyu Langka Mati Misterius di Pantai, Fenomena Apa?

Melansir dari New York Post, Jumat (10/12/2021), kerumunan orang berkumpul untuk menyaksikan momen menggemaskan. Bayi-bayi mungil itu terlihat menakjubkan saat berjalan melewati pasir sebelum bergegas menuju air.

 

Populasi mereka baru-baru ini menurun karena perburuan, dan proyek dilakukan dalam upaya memerangi jumlah spesies yang menyusut.

Baca juga:  Viral Sungai Mendidih di Pedalaman Amazon, Dipercaya Ada Roh Jahat

Bulan lalu, 300 bayi penyu ditemukan mati di Pantai Morro Ayuta Oaxaca di pantai Pasifik. Berkurangnya komunitas penyu diyakini sebagai akibat dari perubahan iklim dan aktivitas manusia, termasuk perburuan serta praktik penangkapan ikan komersial yang merusak.

Meskipun perburuan telur penyu dilarang oleh otoritas Brasil, daging dan keturunan penyu masih menjadi sasaran beberapa pemburu.

Lokasi spesifik dari pelepasliaran dipilih karena popularitasnya sebagai tempat berkembang biak reptil.

Tampil dalam video perjalanan kura-kura ke laut biru, supervisor teknis World Wildlife Fund Brazil Camila Ferrara mengatakan kepada Reuters, "Kami telah memilih daerah ini karena merupakan daerah pembuahan benih terbesar bagi penyu Amazon."

"Sekitar 100.000 betina bertelur di daerah ini setiap tahun," jelasnya, "Kami memperkirakan lebih dari 10 juta bayi lahir tahun ini."

 Ilustrasi

Menyelamatkan penyu tidak hanya penting bagi spesies itu sendiri, tetapi juga bagi ekosistem. "Penyu secara biologis penting bagi lingkungan karena daur ulang nutrisi dan penyebaran benih," jelas Ferrara.

Bulan lalu, dalam upaya konservasi serupa, 3.000 bayi penyu asli Amazon dilepaskan di Peru setelah menetas dari telur di pantai buatan.

"Pergi! Berbahagialah!" kata salah satu penonton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini