Share

Intip Tradisi Pernikahan Unik, Pengantin Menari dengan Uang

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 406 2514679 intip-tradisi-pernikahan-unik-pengantin-menari-dengan-uang-9HOS3KOrOn.JPG Pengantin menari dengan uang (Whitney Neal Studios via Brides)

PERNAHKAH Anda menghadiri pernikahan diisi dengan tarian uang? Ya, tradisi yang dibawa para imigran ini sekarang jadi membudaya dalam resepsi perkawinan di Amerika Serikat.

Tarian uang adalah tradisi budaya saat resepsi pernikahan, di mana para tamu menawarkan uang kepada pengantin baru untuk berdansa dengan mereka, atau mereka menghujani pasangan mampelai dengan uang.

 Baca juga: Tradisi Aneh Calon Pengantin di Skotlandia, Tubuh Mempelai Dilumuri Kotoran Busuk

Melansir dari artikel di Brides, tarian uang ini awalnya diperkenalkan para ke Amerika, hingga akhirnya jadi membudaya dalam memeriahkan pernikahan. Tujuan tradisi tarian uang adalah untuk membantu membangun kesiapan pasangan yang baru menikah dalam kehidupan mereka.

Tarian uang disebut juga tarian dolar atau tarian celemek merupakan pertunjukannya cukup beragam di tengah masyarakat.

Populer di beberapa wilayah seperti Polandia, Yunani, Nigeria, Filipina, Samoa, Fiji, Tonga, Portugal, Kuba, Amerika Latin, Meksiko, Eropa Timur, dan lainnya.

"Biasanya, mempelai mempertimbangkan secara matang untuk memasukkan tradisi tarian uang dalam hari pernikahan mereka," kata perencana pernikahan mewah di AS, Kate Murtaugh.

 Baca juga: 5 Hal Lumrah di Indonesia tapi Ilegal di Amerika, Warga +62 Wajib Tahu!

“Karena dalam penyelenggaraan tarian uang tidak semua tamu mengerti pelaksanaannya, jadi memerlukan koordinasi terlebih dulu."

Tarian uang warga Polandia, dilakukan dengan tamu berbaris untuk menari dengan menawarkan uang ke pengantin baru. Dikumpulkan ke dalam celemek khusus yang dipegang oleh ayah pengantin wanita, dengan diiringi lagu Pani Mloda Polka.

Namun, berbeda dengan tradisi tarian uang orang-orang Yoruba di Barat Daya Nigeria. Mereka menyemprotkan uang dengan terlebih dulu pengantin diantar masuk ke belakang ruang pesta pernikahan. Setelah itu, meletakkan uang kertas tepat di dahi pengantin baru.

Biaya yang diperlukan untuk mengikuti tarian uang cukup beragam. Jika Anda datang sebagai tamu, cukup menyiapkan uang sebesar satu dolar.

Ilustrasi

Bahkan biasanya, terdapat juga tamu yang sengaja membawa banyak jumlah uang lalu nantinya dibagikan ke tamu yang lain. Pengeluaran uang rata-rata untuk tarian uang adalah $30 atau sekira Rp430.440 hingga lebih dari $100 sekira Rp1.434.800.

Jika tidak ingin memilih uang sebagai simbol dari tarian, maka dapat menggantinya dengan catatan cinta kecil yang ditulis oleh setiap tamu untuk dilemparkan kepada mempelai saat menari.

Catatan dari para tamu dapa menjadi pesan manis dalam menjalani pernikahan pasangan nantinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini