Share

Keunikan Wanita Suku Dayak yang Bikin Terpikat

Andin Nurul Alifah, Jurnalis · Sabtu 11 Desember 2021 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 406 2514833 keunikan-wanita-suku-dayak-yang-bikin-terpikat-W3UYRpcv9S.jpg Ilustrasi Wanita Suku Dayak (Antaranews/Nyoman Budhiana)

JAKARTA - Suku Dayak asal Kalimantan, merupakan salah satu suku tertua yang ada di Indonesia. Suku Dayak memiliki berbagai budaya yang menarik untuk dibahas mulai dari tradisi, makanan, hingga yang tak kalah terkenal adalah gadis-gadis Dayak yang memikat.

Bukan rahasia lagi, gadis Dayak terkenal parasnya cantik. Wajahnya menawan dan selalu bikin rindu.

Dirangkum Okezone, berikut beberapa keunikan wanita Suku Dayak:

Keturunan Tionghoa

Secara umum gadis Dayak berkulit kuning langsat, matanya tajam dan punya bentuk muka yang khas. Mereka identik dengan gadis-gadis Tionghoa. Kalau dilihat dari sejarahnya, ada yang mengatakan, leluhur orang Dayak ada yang berasal dari Cina. Hal ini membuat wajah perempuan Dayak terlihat punya kemiripan perempuan Tionghoa.

Kepincut wanita Dayak bikin gak bisa pulang

Perempuan Dayak bila suka dengan lelaki terutama yang berasal dari luar Kalimantan, mereka diisukan mengikatnya secara gaib atau tak dapat pulang lagi dari Kalimantan. Jadi fisiknya tidak di Kalimantan, namun hati dan pikirannya akan tetap bermukim di sana. Faktanya, ketika kita kepincut tidak dapat pulang memang benar. Memang seorang laki-laki kepincut dengan perempuan Dayak, kemudian ogah pulang itu disebabkan karena laki-laki tersebut terlalu cinta.

Gadis Dayak susah didekati

Mereka sama saja seperti gadis pada umumnya. Gadis Dayak secara umumnya berkelas dan elegan. Gadis Dayak tidak bisa langsung menerima cinta. Stigma ini sangat melekat kepada gadis Dayak karena mereka memberi kesan sangat cuek. Padahal, nyatanya tidak. Mereka memiliki wawasan luas dan mau belajar apapun, untuk itu wajar saja jika gadis Dayak melakukan beragam aktifitasnya. Gak cuma perasaan, akal sehat juga dikedepankan.

Ramah dan penyayang

Kekuatan pada gadis Dayak yang membuatnya istimewa. Sifat mereka ramah, bertutur lemah lembut, beraturan, gadis Dayak sangat cocok dijadikan sebagai pasangan hidup. Gadis Dayak menjadi idaman dan primadona, tapi gak mudah merebut untuk mendapatkan cintanya. Konon perempuan Dayak punya hati yang begitu setia. Sekali ia jatuh cinta, hatinya selalu tetap berpendirian untuk mencintai orang tersebut.

Wanita Dayak hanya salah satu dari wajah Indonesia yang menarik dunia. Tak hanya wanita Dayak dengan kecantikannya, ada juga gadis dari Minang, Palembang, Jawa, Bali, Sulawesia, hingga perempuan Melanesia yang kecantikannya menambah kebhinnekaan. Pesona suku, ras, bahasa, agama bentuk keragaman Indonesia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini