Wisata Kuliner di Jepara, Ini 15 Makanan Paling Ajib yang Harus Dicoba

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 11 Desember 2021 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 11 301 2515440 wisata-kuliner-di-jepara-ini-15-makanan-paling-ajib-yang-harus-dicoba-CBluQiBLKD.jpg Pindang serani khas Jepara (Cookpad)

JEPARA, Jawa Tengah tidak hanya dikenal dengan deretan destinasi wisata alam dan sejarahnya saja. Daerah kelahiran R.A Kartini ini juga memiliki deretan kuliner yang lezat dan ajib untuk dicoba.

Kuliner-kuliner menarik ini bisa Anda temukan di beberapa kawasan Jepara, hingga di tempat-tempat wisata. Lalu apa saja ya kuliner yang perlu dicoba? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 15 di antaranya.

1. Jepara Garden Resto

Jepara Garden Resto merupakan rumah makan yang sekaligus menyediakan penginapan, khususnya bagi Anda yang sedang berwisata ke Jepara. Lokasinya berada di Jalan Jepara – kudus, Senenan, Jepara, Jawa Tengah.

Baca juga:  15 Oleh-oleh khas Jepara Bikin Liburanmu Berkesan

Di restoran ini menyediakan aneka masakan seperti aneka olahan bebek, ayam, daging kerbau, kremesan, cumi calamary, cumi panggang, masakan udang, ikan goreng/bakar/srani pindang, soto ayam, pindang ayam dan daging, sop iga, nasi gudeg, nasi goreng, mie goreng dan masih banyak menu spesial lainnya.

2. Yam Yam Resto

Kemudian ada Yam Yam resto merupakan salah satu restoran yang memiliki pemandangan langsung lepas pantai jawa, dan juga tersedia kolam renang di dalamnya yang sangat cocok buat kulineran bersama keluarga. Selain itu juga sangat cocok untuk mengadakan acara besar.

Lokasinya berada di jalan Pantai Karang Kebagusan, Karangkebagusan, Jepara, Karangkebagusan IV, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Di restoran ini menyajikan aneka menu masakan ala Thailand dan western. Menu yang tersedia ada Mushroom Pizza, Beef Bacon Pizza, Red marinara Pizza, green curry pizza, saussage pizza, quattro formaggi, pizza, aneka salad, chicken BBQ, Chicken steak, chicken kebab dan aneka menu masakan spesial lainnya.

 

3. Rengkot Buyut Restaurant

Rengkot Buyut restorab ini merupakan salah satu rumah makan yang menyajikan aneka menu masakan khas Nusantara, hingga Asia dan juga masakan jepang. Terlebih bagi Anda yang menyukai masakan selain Indonesia, resto keluarga ini cocok untuk disambangi.

Lokasinya berada di jalan Ki Mangunsarkoro, Panggang IV, Panggang, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

 Baca juga: Termasuk Pantai Kartini, Ini 5 Destinasi Wisata Populer di Jepara

Menu yang tersedia ada Masakan ayam, ikan bakar, kambing bakar, aneka menu steak, ramen, sushi, udon, pizza, dimsum, nasi berkat, nasi langgi, tongseng, sop sumsum, sate maranggi wagyu, rice bowl dan aneka menu masakan enak lainnya yang bisa Anda pesan.

4. Rumah Makan H Ismun

 

Rumah makan H Isum, merupakan salah satu restoran dengan menu utama masakan Nusantara, sudah sangat dikenal oleh banyak penikmat kuliner baik di Jepara atau di beberapa tempat yang sudah ada cabangnya. Lokasi ada di Jalan Raya Jepara – Kudus, Margoyoso, Kec. Kalinyamatan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Menu yang tersedia yaitu di anatranya, Nasi Sop Daging, Nasi Rames, nasi Pecel, daging kerbau, sapi, nasi bening, garang asem, sup dan tentunya masih banyak lagi menu spesial lainnya yang bisa Anda coba.

5. Pantai Pungkruk

Pantai Pungkruk berlokasi di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah atau tepatnya 15 menit dari Kota Jepara.

Tempat wisata ini disebut-sebut sebagia kawasan wisata kuliner terbesar di Jawa Tengah, dan uniknya lokasinya berada di pantai. Menariknya lagi, hampir semua kafe atau rumah makan di sini tempatnya dibangun berupa gazebo yang lokasinya menghadap langsung ke pantai dan laut.

Menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan laut yang biru, akan membuat Anda betah berlama-lama di Pantai Pungkruk.

6. Ikan Bakar Bu Sri

Alamatnya berada di Pantai Bandengan, Jepara, Jawa Tengah. Di sini menyediakan aneka hidangan laut, dan yang pelaing terkenal adalah ikan bakarnya yang menggugah selera.

Beberapa review mengatakan, mereka yang datang ke rumah makan ini merasa puas. Apalagi lokasinya tepat berhadapan dengan Pantai Bandengan yang indah.

"Tempat makan ini berada didepan pantai bandengan. Tempat makannya luas, disana bisa memilih ikan yg kita inginkan untuk dimasak. Masakannya enak dan cukup cepat penyajiannya. Dari twmpat makan bisa langsung melihat pantai, ada ayunan juga jadi bisa dipakai bersama anak2 saat menunggu makanan datang,"kata Vivi salah satu pengunjung.

6. SCJ Sentra Kuliner Jepara

Shopping Central Jepara (SCJ) menjadi sentral kuliner yang cukup terkenal di Jepara. Beralamat di Jobokuto, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Beragam macam kuliner dijajakan di sini, mulai dari masakan daerah, hidangan laut, hingga jajanan pasar bisa Anda temukan di SCJ.

 Ilustrasi

Salah satu yang favorit adalah seafoodnya, seperti kerang yang dioalah sederhana yaitu dengan cara direbus.

7. Ayam Goreng Kremes Pak Pono

 

Sesuai namanya warung ini menyajikan menu ayam kampung yang digoreng dengan ‘kremesan’. Tak lupa dengan sambal dan lalapannya ditambah nasi hangat, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung dan pesanan lho.

Lokasi ayam goreng kremes Pak Pono ini berlokasi di Jalan HOS Cokroaminoto, Jepara, Jawa Tengah. Anda bisa menikmati sajian ayam kremes yang lezat, gurih dan nikmat.

8. La Marina Family Resto

La Marina Family Resto juga dikenal dengan nama lain yaitu La Marian Family Resto, menawarkan sensasi menikmati makanan dengan pemandangan laut yang indah. Cocok dikunjungi bagi Anda yang sedang liburan keluarga ke Karimunjawa.

La Marina Family Resto berlokasi di jalan AE. Suryani, Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Menu di resto ini Anda bisa mengambil paketan, dibanderol mulai dari Rp30,000 sampai Rp50,000 perpaketannya.

9. Sop Udang

Olahan seafood seperti udang dari Jepara, dimasak menjadi sop yang gurih. Warung yang menyediakan makanan laut di semua sudut kota di utara Jawa itu banyak yang menawarkan hidangan ini.

Sop udang disajikan dengan kaldu kuah bercita rasa manis dan gurih. Anda bisa mencicipi udang segar dengan potongan kol, tahu goreng, seledri, bawang goreng dan tomat yang disiram kuahnya. Agar terasa lebih puas, Anda bisa makan sop dengan nasi putih. Sop udang bisa disantap sebagai menu sarapan pagi untuk menghangatkan perut.

10. Pindang Serani

Pindang serani merupakan sajian makanan kuah kuning yang menggunakan ikan laut. Kuliner ini sangat cocok disantap untuk makan siang. Anda bisa mengunjungi banyak rumah makan yang menyediakan makanan ini.

Sop ikan laut rasanya hampir serupa dengan sop dari olahan resep Indonesia Timur. Kenapa ada olahan ini, mengingat Kota Jepara berada dekat pesisir pantai yang bisa menghasilkan beragam ikan laut segar dan enak diolah menjadi apapun.

 Ilustrasi

11. Lontong Krubyuk

Kuliner khas yang disajikan dengan lontong sangat familiar ditemui di Pulau Jawa. Saat Anda berkunjung ke Jepara, cicipi lontong krubyuk yang disiram banyak kuah. Sajian hidangan ini mengandalkan suwiran ayam dan daging semur sebagai lauknya.

Anda akan menikmati sedapnya kuah krubyuk yang melimpah dalam piring saji. Agar tambah enak, ada daun bawang cacah yang menjadi taburannya. Anda tak cukup makan seporsi saat menyantap hidangan ini. Karena rasanya berbeda dengan sajian lontong yang menjadi kuliner di tempat lain.

12. Horok-horok

Hidangan yang satu ini dikenal dengan sebutan horok-horok. Makanan tradisional ini terbuat dari tepung sagu kemudian dikukus. Setelah dimasak kemudian dituang dalam tempayan dan diaduk dengan sisir.

Horok-horok memiliki bentuk butiran kecil dan tekstur yang kenyal serta liat. Garam biasa ditambahkan sebagai perasa. Horok-horok biasa dimakan bersama campuran.bakso, gado-gado, pecel atau sate kikil.

13. Es Gempol/Pleret

Butuh minuman dingin ditengah teriknya matahari Jepara, tak perlu khawatir karena ada es gempol yang siap melegakan tenggorokan. Segelas es ini terdiri dari campuran gempol, santan dan gula merah cair.

Gempol atau pleret sendiri adalah sebutan untuk adonan yang terbuat dari tepung beras yang diberi pewarna makanan kemudian dibentuk dan dikukus hingga matang.

Gempol memiliki bentuk bulat seperti kelereng sedangkan pleret berbentuk seperti kantong kecil. Untuk penyajiannya cukup mudah, gempol dan pleret ditaruh dalam mangkuk kemudian diberi siraman santan dan gula, tak ketinggalan tambahan es batu yang menyegarkan.

 Ilustrasi

14. Rondho Royal

Jajanan khas Jepara ini dikenal dengan sebutan monyos atau rondho royal. Makanan ringan ini terbuat dari tepung beras yang diberi isian potongan tape. Teknik pengolahannya adalah dengan cara digoreng.

Rondho royal semakin nikmat jika disantap dalam keadaan hangat. Jangan takut kesulitan mendapati rondho royal. Jajanan pasar ini dengan mudah ditemui di sekitar Jepara.

15. Blenyik

Blenyik terbuat dari ikan teri kecil yang dibentuk kepalan seperti bakwan. Di sejumlah tempat blenyik kerap disebut dengan sebutan tempong. Sajian ini biasanya dinikmati sebagai lauk pelengkap.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini