Yuk Wisata Kuliner, Ini 15 Makanan Khas Pacitan yang Menggugah Selera!

Ahmad Haidir, Jurnalis · Minggu 12 Desember 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 11 301 2515528 yuk-wisata-kuliner-ini-15-makanan-khas-pacitan-yang-menggugah-selera-Jg8jV2xBS5.JPG Kupat tahu Pacitan (Cookpad)

PACITAN tidak hanya menawarkan keindahan alam seperti pantai dan gua saja. Kabupaten di ujung barat daya Jawa Timur ini juga memiliki sejumlah makanan khas yang bisa menjadi sarana berwisata kuliner.

Sejumlah hidangan seperti soto hingga nasi tiwul Pacitan memiliki ciri khasnya tersendiri dengan rasa yang lezat dan menggugah selera.

Lantas apa saja kuliner Pacitan? Berikut ini MNC Portal Indoneslia sajikan 15 daftarnya!

1. Soto Pacitan

Banyak daerah di Indonesia yang punya kuliner soto, termasuk juga Pacitan. Soto Pacitan sendiri memiliki ciri khas tersendiri yakni dihidangkan dengan kacang goreng dan seledri serta kecambah kecil-kecil.

Baca juga: 15 Makanan Khas Purwokerto, Jenang Jaket hingga Wedang Badheg

2. Tahu Ikan Tuna

Sebagai daerah yang memiliki banyak pantai, Pacitan memiliki stok ikan laut yang melimpah seperti tuna. Ikan tersebut lantas diolah menjadi berbagai hidangan, salah satunya yang paling terkenal dan ikonik adalah Tahu Ikan Tuna Pacitan.

Kuliner tersebut berupa jajanan tahu isi yang memiliki isian daging ikan tuna yang empuk dan lezat. Mengunjungi Pacitan kurang lengkap rasanya apabila tidak mencicipi hidangan yang satu ini!

3. Otak-otak Tuna

Selain tahu isi, ikan tuna juga diolah oleh masyarakat Pacitan menjadi otak-otak. Apabila ingin mencicipi sekaligus membawa makanan khas tersebut sebagai oleh-oleh, kamu bisa mencari otak-otak terenak di Pacitan di Pusat Oleh-oleh Khas Pacitan Putra Samudra dengan harga mulai dari Rp12 ribu saja per bungkusnya!

Ilustrasi

4. Sale Anggur Pacitan

Buah anggur biasanya terdiri dari warna hijau atau ungu kemerahan. Namun di Pacitan, kamu akan menemukan ‘buah anggur’ berwarna-warni yang lucu.

Adalah Sale Anggur yang merupakan makanan khas Pacitan yang dibentuk menyerupai anggur. Sale sendiri adalah panganan yang terbuat dari bahan pisang awak yang dipotong-potong kemudian dijemur di bawah sinar matahari.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Kuliner Enak di Lumajang, Ada Mie Semeru Juga Lho

Setelah kering, potongan posang tersebut dipadatkan dan dibentuk kecil-kecil lalu dibungkus plastik di bagian luarnya. Sale anggur ini kemudian dikemas dengan kertas berwarna yang menjadikannya menarik.

5. Rengginang Pacitan

Rengginang adalah jajanan populer di Pulau Jawa dimana produsennya tersebar di berbagai daerah.

Adapun rengginang yang diproduksi di Pacitan disebut memiliki cita rasa yang lebih manis dibandingkan makanan serupa dari tempat lain.

 6. Punten

Nama makanan khas Pacitan satu ini memang terdengar unik, begitupun dengan perwujudan makanannya.

Punten adalah hidangan yang terbuat dari beras dan santan yang dibentuk menyerupai lontong. Biasanya hidangan ini disandingkan dengan sayuran pecel.

7. Sego Gobyos

Dalam Bahasa Indonesia, Sego Gobyos berarti nasi yang membuat gobyos atau berkeringat. Penamaan tersebut didasari fakta bahwa makanan khas Pacitan ini memiliki kepedasan yang luar biasa.

Sego Gobyos terdiri dari nasi dan sayur kenikir serta lauk yang biasanya berupa daging lalu ditambahkan kuah sambal yang luar biasa pedas.

8. Nasi Bungkus Daun Jati

Merupakan hidangan sejenis nasi campur ala Pacitan, namun seperti namanya, makanan yang terdiri dari nasi, lauk dan sayuran ini dibungkus oleh daun jati yang menambahkan cita rasa lezat tersendiri.

9. Kupat Tahu Pacitan

Makanan khas Pacitan yang menjadi salah satu hidangan favorit Presiden ke-6 RI yakni Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY.

Kupat tahu di Pacitan memiliki ciri khas bumbu kuah kecapnya yang kental, ditambah dengan air bawang putih yang gurih dengan isiannyea antara lain lontong, tahu goreng, kecambah, kol dan irisan daun seledri.

10. Turuk Bintol

Makanan Pacitan dengan nama unik ini adalah hidangan ketan yang dikukus lantas dibentuk bola-bola dan dicampur kacang tolo.

Apabila ingin berwisata kuliner, mencicipi Turuk Bintol tentu menjadi salah satu jajanan yang harus dicoba.

11. Singke

Singke adalah singkatan dari Singkong Keju. Hidangan yang satu ini populer di Pacitan lho!

Selain dicampur keju, singke dihidangkan dengan gula semut khas Pacitan yang membuatnya semakin lezat.

12. Jadah Bakar

Jajanan yang banyak ditemukan di Solo ini juga menjadi salah satu hidangan yang bisa kamu nikmati apabila mengunjungi Pacitan. Rasa ketan bakar yang gurih berpadu gula halus manis menjadikannya wajib dicoba!

 Ilustrasi

13. Kolong Klithik

Camilan yang terbuat dari olahan singkong yang dibumbui bawang putih dan garam. Selain lezat, makanan khas Pacitan yang diberi nama Kolong Klithik ini juga menyehatkan lho!

14. Cenil Khas Pacitan

Pacitan juga memiliki jajanan pasar yang terbuat dari pati ketela pohon dan dibentuk bulat-bulat kecil lalu direbus.

Rasanya yang manis dengan parutan kepala serta bentuknya yang kenyal membuat siapa saja akan menyukai makanan ini.

15. Nasi Tiwul Daging Ikan Hiu

Rekomendasi makanan khas Pacitan yang lezat dan menggugah selera terakhir adalah Nasi Tiwul Bu Gandos Pacitan, dimana keunikannya adalah hidangan nasi dengan urap kenikir dan sambal mentah hangat ini disajikan dengan daging hiu muda!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini