Share

15 Oleh-Oleh Ajib Khas Purbalingga, Getuk Goreng hingga Sambal Knalpot

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 13 Desember 2021 20:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 301 2516400 15-oleh-oleh-ajib-khas-purbalingga-getuk-goreng-hingga-sambal-knalpot-S8RHdmEbqa.JPG Getuk Goreng Khas Purbalingga (Foto: Instagram/@getukgoreng.aslihajitohirin)

POTENSI wisata alam yang ada di Jawa Tengahrupanya mulai dilirik para pelancong. Karenanya, pelaku UMKM pun berlomba-lomba untuk menjajakan aneka kuliner maupun kerajinan tangan khas Purbalingga yang bisa digunakan sebagai oleh-oleh untuk wisatawan.

Penasaran apa saja oleh-oleh khas Purbalingga? Yuk simak ulasannya sebagaimana dirangkum MNC Portal berikut ini.

1. Permen Davos

Permen satu ini memiliki rasa yang sangat khas, di mana adanya rasa mint akan sangat pas untuk dikonsumsi saat perjalanan. Saat berada di Purbalingga, Anda bisa mencoba untuk membeli permen satu ini. Pasalnya, permen yang sudah mencapai generasi ketiga ini sangatlah digemari oleh pelancong yang berwisata ke Purbalingga.

2. Getuk Goreng

Oleh-oleh favorit lainnya yang bisa untuk Anda bawa pulang saat sedang berada di Purbalingga adalah Getuk Goreng. Camilan satu ini terbuat dari singkong dan diolah hingga menjadi makanan yang sangat enak. Adanya tambahan gula jawa akan membuat rasanya lebih manis dan juga legit.

3. Sapu Hamada

Kerajinan unik lain yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh adalah sapu Hamada. Sapu ini cukup terkenal karena telah diekspor sejak tahun 1969 ke berbagai negara, salah satunya negara Jepang. Tak mengherankan kerajinan ini juga diminati oleh warga lokal yang sedang berwisata ke sini.

4. Kerajinan Batik Ecoprint

Selanjutnya, Anda juga bisa membeli kerajinan lain di antaranya adalah batik ecoprint. Kerajinan satu ini cukup populer bagi wisatawan yang mengunjungi kota Purbalingga. Sebab, dapat dikatakan kerajinan ini sangatlah ramah lingkungan dan masih belum banyak ditemukan di tempat lain.

Sandal Batok

(Foto: Tokopedia)

5. Sandal Batok

Sandal batok merupakan jenis sandal yang terbuat dari tempurung kelapa atau sering kali disebut dengan batok. Tempurung kelapa tersebut dibentuk hingga menjadi sandal dan cukup nyaman untuk digunakan. Karena bentuknya yang unik dan cukup langka, tak mengherankan jika sandal ini selalu diburu oleh pelancong.

6. Sambal Knalpot

Bagi Anda yang menyukai masakan pedas, maka sambal knalpot dapat menjadi salah satu jenis oleh-oleh yang wajib untuk Anda bawa pulang. Hal ini dikarenakan sambal ini merupakan jenis buah tangan yang paling diincar oleh wisatawan. Di antaranya karena sambal ini terbuat dari bahan yang asli dan juga bebas dari pengawet.

7. Kacang Mirasa

Kacang ini cukup terkenal di Purbalingga dan kerap kali dibawa pulang oleh wisatawan yang sedang berlibur kesini. Telah diproduksi sejak tahun 1958, menjadikan camilan satu ini cukup melegenda. Anda bisa memilih dua rasa yang tersedia yakni mulai dari kacang asin hingga kacang bawang.

8. Kue Toso

Kue Toso juga bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Dengan memiliki bentuk yakni pipih bundar dan dilipat menjadi dua, kue ini juga tersedia berbagai varian rasa yang bisa Anda pilih. Mulai dari kacang, cokelat, keju hingga bawang. Anda pun bisa memilihnya sesuai dengan selera dan kesukaan Anda.

9. Nopia dan Mino

Salah satu oleh-oleh khas yang paling banyak dicari oleh wisatawan adalah nopia. Cemilan satu ini biasanya akan dibuat dengan menggunakan dua ukuran, yakni besar dan juga kecil. Dan pada ukuran yang kecil seringkali disebut dengan Mino.

Makaroni Keju

(Foto: Instagram/@makaroni.keju)

10. Makaroni Keju

Selain cocok untuk dijadikan buah tangan, makaroni keju juga bisa Anda nikmati sembari berkeliling kota Purbalingga. Untuk itu, tak mengherankan camilan satu ini sangat laris di pasaran. Untuk teksturnya sendiri yakni cukup gurih dan renyah. Tentu saja, Anda pun akan bisa menemukan rasa keju yang enak saat mencicipinya.

11. Kacang Umpet

Produk satu ini memiliki nama yang cukup unik dan tentu saja wajib Anda bawa pulang untuk kerabat ataupun keluarga tercinta di kampung halaman. Kuliner satu ini terdiri dari bahan utama kacang yang ngumpet atau bersembunyi di dalam kulit. Ketika Anda mengonsumsinya, maka tekstur renyah yang akan Anda dapatkan.

12. Kue Manco Wijen

Kue satu ini biasanya hanya bisa untuk Anda jumpai di Purbalingga. Untuk itu, tak ada salahnya membawa makanan ringan satu ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga yang ada di rumah. Jajanan satu ini terbuat dari bahan yakni berupa tepung beras ketan.

13. Sroto Klamud

Masakan ini hampir mirip dengan soto, tapi menggunakan mangkok yang terbuat dari kelapa muda. Rasanya enak dan gurih serta dijamin membuat Anda ketagihan.

14. Ayam Goreng Unyil

Ini merupakan makanan favorit masyarakat Purbalingga. Karenanya, tak ada salahnya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Mereka menyediakan beberapa menu utama seperti ayam goreng/bakar kampung, dan bebek goreng/bakar kampung.

15. Soto Kriyik

Soto Kriyik merupakan makanan khas yang selalu menjadi incaran para wisatawan yang berlibur ke Purbalingga. Pasalnya, kelezatan dari makanan berkuah ini tidak bisa ditemukan di daerah lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini