Share

Rahasia Penerbangan, Begini Cara Pilot Tidur di Kokpit Pesawat

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 406 2516492 rahasia-penerbangan-begini-cara-pilot-tidur-di-kokpit-pesawat-kEW7LxwMuU.jpg Ilustrasi Pilot (Pixabay)

DUNIA penerbangan beroperasi 24 jam tanpa henti. Ini memungkinkan pilot dapat terbang setiap waktu, termasuk pada jam tidur manusia pada umumnya.

Pilot sebuah maskapai penumpang, Andreas Stober mengungkapkan bahwa pilot melakukan tidur siang di kokpit pesawat, bahkan selama penerbangan pendek.

"Terbang adalah bisnis 24/7 jadi kami terbang di setiap waktu yang memungkinkan, siang dan malam yang berarti kami menghabiskan banyak waktu kami untuk melawan jam tubuh alami kami," kata pilot yang telah terbang selama lebih dari 10 tahun itu seperti dilansir dari Express UK, Selasa (14/12/2021).

 Baca juga: Pilot Ungkap Cara Menyelamatkan Diri saat Keadaan Darurat Lewat Jendela Kokpit Pesawat

Ada undang-undang ketat yang mengatur tugas maksimum dan waktu istirahat pilot. Ini dirancang untuk menghindari ancaman pilot yang kelelahan.

"Kenyataannya adalah tubuh kita tidak selalu setuju dengan hukum ini. Setiap pilot pernah mengalami kelelahan," katanya.

Dia melanjutkan, "Untuk menghindari hal ini, banyak maskapai mengizinkan satu pilot pada satu waktu untuk tidur siang selama terbang ketika beban kerja kami sedikit."

 Baca juga: Viral Pilot Lantunkan Ayat Suci Alquran di Kokpit, Suara Merdunya Bikin Kagum

"Saya telah melakukannya dalam banyak kesempatan, terutama pada penerbangan malam yang berpengaruh pada kemampuan kami untuk berkonsentrasi," akunya.

Andreas menjelaskan bahwa pilot melakukan tidur siang pada penerbangan pendek, asalkan tidak lebih pendek dari satu jam.

Mereka hanya dapat tidur saat fase penerbangan 'non-kritis', yang pada dasarnya berarti selama pelayaran.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Andreas melanjutkan: "Saya memiliki pilot yang mendengkur di sebelah saya, tetapi tidak pernah tega membangunkan mereka."

Tidur dalam posisi hampir tegak adalah keterampilan tersendiri bagi para pilot.

 Ilustrasi

"Para veteran berpengalaman akan melakukan trik kecil, seperti menggunakan topi pilot mereka sebagai masker tidur," katanya.

"Saya yakin ada seseorang di luar sana yang menemukan kegunaan lain dari masker wajah."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini