15 Tempat Wisata Kuliner Maknyus di Tasikmalaya, Ada yang dari Zaman Belanda

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 301 2516975 15-tempat-wisata-kuliner-maknyus-di-tasikmalaya-ada-yang-dari-zaman-belanda-Di3omIig4s.jpg Mie ayam Kedai Pelangi Tasikmalaya (World Orgs)

TASIKMALAYA di Jawa Barat tak hanya terkenal dengan wisata alam, pantai maupun danau, tapi punya banyak tempat menikmati kuliner khasnya yang menggugah selera.

Kuliner lezat yang ada di Tasikmalaya ini, dapat membuat liburan Anda semakin lengkap. Hati senang, perut pun kenyang.

Baca juga:  Fakta-Fakta Menarik Curug Panetean, Wisata Alam Lagi Hits di Tasikmalaya

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 15 tempat wisata kuliner maknyus di Tasikmalaya:

1. Pecel Oranye

Pecel Oranye ini termasuk kuliner legendaris lho di Tasikmalaya. Warung pecel ini sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada 1925.

 ilustrasi

Ilustrasi

Lokasinya berada di Jalan Empang, Tawang, Cihideung, Yudanagara, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya. Bumbu pecel di warung ini sangat khas, perpaduan rasa manis, gurih, asin dan asamnya bercampur menjadi satu.

2. Soto Ayam Patamuran

Berkunjung ke Tasikmalaya jangan sampai melewatkan menyantapnya soto ayam Patamuran. Lokasinya berada di Jalan Pataruman, Yudanagara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Warung makan soto ayam ini juga termasuk legendaris, yaitu buka sejak 1960-an. Disini Anda bisa memilih jenis isian untuk sotonya ada paha, ceker, dada, ati ampela, kepala bahkan kulit.

Daging ayam kampung jadi ciri khas soto ayam Patamuran ini. Disiram dengan kuah soto yang kaya akan rempah. Disajikan selagi hangat, membuat hidangan ini semakin nikmat.

3. Bubur Haji Zaenal

Selanjutnya adalah bubur Haji Zaenal yang berlokasi di jalan R. Ikik Wiradikarta, Tawangsari, Kec. Tawang, Kota. Tasikmalaya. Juga bagian dari kuliner legendaris Tasikmalaya, dibuka sejak 1969.

 Baca juga: Yuk Wisata Kuliner, Ini 15 Makanan Khas Pacitan yang Menggugah Selera!

Bubur Haji Zaenal ini terdiri dari toping pelengkap diatas bubur ada suwiran daging ayam, ati ampela, daun bawang, cakwe, dan berambang goreng.

 ilustrasi

Ilustrasi

Semangkuk lengkap bubur ayam dibandrol mulai dari Rp15.000 sampai Rp20.000 saja.

4. Nasi Cikur Penyerutan

Nasi Cikur Penyerutan menjadi salah satu kuliner khas dari Tasikmalaya. Diperkirakan sudah buka sejak puluhan tahun lamanya, namun belum pasti kapan tahun pertama berdirinya.

Salah satu warung yang menyediakan nasi cikur ini ada di kedai Nyonya Iyen, berlokasi di jalan Panyerutan, Nagarawangi, Kecamatan, Cihideung, Tasikmalaya.

Rasa dan aroma nasi cikur ini begitu khas, apalagi disantap dengan aneka lauk pauk khas Sunda. Oh iya, dalam bahasa Indonesia cikur artinya kencur.

 

5. Mie Baso Cicim

Selanjutnya adalah mie baso Cicim, yakni terdiri dari baso sapi dan lacupan. Lacupan sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dibuat menyerupai otak-otak.

Makanan satu ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu bakso yamin dan bakso kuah. Kedua varian tersebut memiliki cita rasa yang enak dan nikmat. Mie baso Cicim ini masuk dalam daftar tempat makan hits di Tasikmalaya.

Mie baso Cicim berlokasi di Empangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.

6. Raja Sate Maranggi

Taman Harapan No.5, Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Sate Maranggi olahan sate khas Tasikmalaya ini terbuat dari daging sapi dengan potongan yang besar-besar. Daging sapi ditusuk kemudian di bakar lalu disiram dengan bumbu kecap.

Raja Sate Maranggi jadi salah satu restoran yang paling dikenal di kota Tasikmalaya. Rasanya nikmat, dagingnya empuk. Cocok disantap dengan lontong atau nasi hangat.

7. Nasi TO Tasik

Nasi TO Tasik ini jadi salah satu kuliner khas dari Tasikmalaya. TO sendiri adalah singkatan dari Tutug Oncom, ya makanan ini adalah campuran nasi biasa dengan oncom yang ditumbuk (ditutug) dan merupakan makanan khas Sunda.

Bahan yang dipakai untuk nasi TO ada nasi putih, bawang putih, oncom, bawang merah, kencur, cabai, kemangi, gula dan garam.

Biasanya satu porsi nasi TO ini disajikan dengan aneka lauk pauk seperti telur dadar, ikan, ayam goreng, aneka lalapan hingga sambal.

 ilustrasi

8. Warung kopi Lawas E18

Warung Kopi Lawas E18 berlokasi di jalan Empang , Empangsari, Tawang, Yudanagara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Warung kopi satu ini menyediakan berbagai macam aneka makanan, minuman seperti kopi hingga camilan khas Indonesia, khususnya dari Tasikmalaya.

9. Mie Bakso Laksana

Setelah menikmati kuliner legendaris dan kopi day E18, Anda juga bisa mampir ke kedai mie bakso Laksana yang berlokasi di jalan Pemuda, Yudanagara, Kecamatan Cihideung, Tasikmalaya.

Mie bakso satu ini cukup terkenal di Tasikmalaya. Meskipun tampilannya sederhana, tapi rasa baksonya juara.

10. Kedai Pelangi

Selanjutnya adalah kedai mie pelangi yang menyediakan bakmi atau mie ayam dengan tampilan berbeda, yaitu berwarna-warni. Lokasinya berada di Jalan Tawang Sari, Tawangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya.

Mie ayam yang disajikan mulai dari bewarnakuning, putih, merah dan hijau yang berasal dari sari pati sayuran.

11. Kafe Romi Susanti

Tasikmalaya juga punya tempat nongkrong yang kekinian lho, yaitu Kafe Romi Susanti. Alamatnya berada di jalan KHZ Mustofa, Yudanagara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Menu yang disajikan ada banyak pilihan, mulai dari kuliner khas Tasikmalaya hingga kekinian. Kafe Romie Susanti buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai 10 malam.

13. An'cafè

Berlokasi di Jalan Tarumanagara, Tawangsari, Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya. Tempat ini juga jadi salah satu kafe favorit, tempat nongkrong asyik di Tasikmalaya.

Menu favorit di kafe ini diantaranya, Mie Yabi dengan campuran nori, sayur, bakso, telur dan katus. An’café buka setiap hari dari jam 11 pagi sampai jam 8 malam. Harga yang terjangkau mulai dari belasan ribu rupiah.

 ilustrasi

14. Susu Murni si Doel

Biasanya Bandung atau kawasan Lembang, Jawa Barat menjadi tempat yang pas untuk menikmati susu murni.

Nah di Tasikmalaya juga memiliki tempat yang serupa, yaitu Susu Murni si Doel. Lokasinya berada di jalan Bkr, Kahuripan, Kecamagan Tawang, Kota Tasikmalaya.

15. Takara Kitchen

Di Tasikmalaya juga terdapat kafe yang menyediakan aneka menu dari Asia, seperti khas China, Korea Jepang dan tentunya masakan dari Nusantara juga terdapat di sini.

Takara Kitchen namanya. Berlokasi di jalan Jalan Paseh, Nagarawangi, Tuguraja, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini