Share

Sandiaga Uno Ungkap Kendala Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi hingga Minta Pengunjung Mal Keluar

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 406 2516535 sandiaga-uno-ungkap-kendala-penggunaan-aplikasi-pedulilindungi-hingga-minta-pengunjung-mal-keluar-Ilzxj8VXKc.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Dok. Kemenparekraf)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menilai aplikasi PeduliLindungi masih perlu ditingkatkan performanya. Sebab, masih banyak ditemukan masalah, khususnya di tempat wisata, restoran hingga sejumlah mal saat digunakan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Sandiaga sendiri menemukan kasus tersebut, ketika dirinya mengunjungi salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan sebagai uji coba terhadap aplikasi tersebut.

Kejadian itu kata dia, merupakan kendala yang cukup besar, dan perlu dievaluasi kembali. Mengingat PeduliLindungi adalah aplikasi resmi milik pemerintah Indonesia.

Baca juga: Duh! Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi Lagi-Lagi Terkendala Sinyal

Ilustrasi PeduliLindungi

(Ilustrasi, Foto: Antara)

"Sebagian dari temuan tersebut, yaitu ketidakmampuan aplikasi PeduliLindungi untuk tetap bisa menjaga keandalannya," ujar Sandi saat Weekly Press Briefing secara virtual.

Bermasalahnya aplikasi PeduliLindungi yang ditujukan untuk mendeteksi, sekaligus menghentikan risiko penyebaran Covid-19 dinilai justru memperlambat kinerja tersebut.

Sandi mengatakan, saat mengunjungi pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan itu ia tak segan-segan meminta para pengujung yang gagal menggunakan aplikasi untuk keluar kembali.

"Saya minta beberapa untuk keluar," ujarnya.

Menurutnya, kepatuhan dan kesadaran masyarakat untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi ini dirasa masih kurang. Belum lagi sistem aplikasi tersebut kerap kali bermasalah.

"Jadi, ini merupakan satu keterikatan masing-masing, baik dari pengguna, penyelenggara, pemilik destinasi atau mal tersebut. Begitu juga kesiapan dari para petugas untuk memastikan, bahwa PeduliLindungi diaplikasikan dan diintegrasikan," demikian Sandi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini