Share

20 Penerbangan Dialihkan Akibat Cuaca Buruk, Ratusan Penumpang Merana

Salwa Izzati Khairana, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 19 406 2519470 20-penerbangan-dialihkan-akibat-cuaca-buruk-ratusan-penumpang-merana-K1xyp61kvA.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SEBANYAK ratusan penumpang dari 20 penerbangan menuju Bandara Bristol, Inggris terpaksa dialihkan ke sejumlah wilayah imbas cuaca buruk.

Awan rendah berkabut dianggap berisiko sehingga delay memengaruhi jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat akhir pekan kemarin.

Penumpang yang terbang dengan tujuan untuk liburan, seperti ke Tenerife, Malaga, dan Valencia dialihkan ke Gatwick, Luton, serta Cardiff saat awan turun ke landasan pacu Lulsgate. Pejabat berwenang di Bandara Bristol pun meminta maaf atas gangguan penerbangan.

Gangguan terkait cuaca dimulai sekitar pukul 20.25 waktu setempat pada Jumat malam, saat penerbangan easyJet dari Inverness dialihkan ke Birmingham.

Penerbangan berikutnya yang dijadwalkan, penerbangan Tui dari Tenerife, mendarat di Bristol, tetapi sejak saat itu, penerbangan dari Dublin, Glasgow, Amsterdam, Madrid, Paris, Jenewa, Valencia, Newcastle, Belfast, Amsterdam, Edinburgh, Katowice, dan Berlin, semua penerbangan itu dialihkan, terutama tujuan Gatwick dan Cardiff.

Baca juga: Pakai Celana Dalam Sebagai Masker, Pria Ini Diturunkan dari Pesawat

Infografis Bandara Terbengkalai di Dunia

Hanya satu penerbangan yang berhasil mendarat di Bristol mulai pukul 21.00 dan seterusnya. Penumpang yang beruntung dalam penerbangan Ryanair dari Lanzarote tiba di tempat yang seharusnya pada pukul 21.50 waktu setempat.

Gangguan itu masih berlanjut pada Sabtu pagi. Menurut papan informasi kedatangan bandara, penerbangan Ryanair dari Dublin telah mendarat, tetapi penerbangan dari Jenewa, Amsterdam, dan Nice yang dijadwalkan pagi ini telah dibatalkan.

Sementara penerbangan lain dari Edinburgh, Turin, Grenoble, Alicante, dan Paris telah ditunda hingga cuaca cerah.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Penumpang yang mencoba keluar dari Bandara Bristol ke tujuan di seluruh Eropa bernasib sedikit lebih baik, di mana tujuh penerbangan telah berhasil diberangkatkan. Namun, lima penerbangan ke Amsterdam dan Jenewa dibatalkan.

Dengan ketinggian 190 meter di atas permukaan laut (mdpl), Bandara Bristol merupakan salah satu yang tertinggi di negara ini, dan telah lama rentan terhadap gangguan yang disebabkan oleh kabut dan rendahnya awan.

Baca juga: Omicron Menggila, Penerbangan Internasional Sebaiknya Ditutup Sementara

Seorang juru bicara Bandara Bristol mengatakan, visibilitas rendah di Bandara Bristol menyebabkan gangguan pada sejumlah penerbangan yang tiba dan berangkat pada Jumat malam dan Sabtu pagi.

“Visibilitas yang rendah mengakibatkan sejumlah penerbangan dibatalkan atau dialihkan ke bandara alternatif. Kami mohon maaf atas gangguan dan ketidaknyamanan yang dialami para penumpang. Kami bekerja sama dengan mitra maskapai untuk memberikan informasi penerbangan terbaru kepada penumpang," kata sang jubir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini