Share

Viral Penumpang Kepanasan hingga Kesulitan Cari Bagasi di Bandara, Ini Fakta Sebenarnya

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 406 2519616 viral-penumpang-kepanasan-hingga-kesulitan-cari-bagasi-di-bandara-ini-fakta-sebenarnya-W4Byr0Z6xk.jpg

JAKARTA - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seorang penumpang yang mengeluhkan fasilitas di Bandara Sultan Hasanuddin.

Melansir laman Instagram @supirPete2, penumpang itu mengklaim ruang tunggu di bandara Sultan Hasanuddin sangat panas. Karena kurangnya sirkulasi udara. AC di ruangan tersebut juga tidak difungsikan.

"Kemarin kukira curhatan penumpang ini cuma biasa saja, sampai akhirnya kami yang rasakan sendiri malam tadi. Tolonglah, kalaupun demi penghematan biaya operasional bukan berarti kenyamanan di bandara juga dihilangkan sama sekali," tulisnya seraya menandai akun media sosial angkasa pura.

Bahkan, ia menyatakan, anaknya yang masih berusia empat tahun bahkan enggan menggunakan masker karena saking panasnya. Ia menilai alasan penghematan di masa pandemi Covid-19 seperti itu tidak wajar.

Bandara

"Ruangan tertutup ditambah sirkulasi udara yang tidak layak dengan banyaknya orang seperti itu tidak wajar, walaupun dengan alasan pandemi Covid-19," tegasnya.

Keluhan lain yang dirasakan penumpang yakni conveyor bagasi dimatikan. Sehingga mereka harus keliling mencari barang sendiri. Apalagi satu belt digabung dengan tiga penerbangan dari daerah lainnya sehingga barang menjadi tertumpuk.

"Seperti bukan bandara internasional. Bayangkan barang kita ditumpuk dengan tiga penerbangan lain. Jadi harus berkerumun dan berdesak-desakan cari barang sendiri," keluh penumpang lain.

Atas peristiwa ini, PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Sultan Hasanuddin mulai melakukan pembenahan di area ruang tunggu dan pemberangkatan.

General Manager Bandara Sultan Hasanuddin Wahyudi menuturkan, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pengguna jasa bandara. Seperti menambah mesin pendingin, AC Standing dengan kapasitas 5 PK 20 unit di dalam terminal.

Jumlah AC Standing dapat ditambah apabila suhu ruangan masih belum optimal. Pemasangan dilakukan mulai 18 Desember 2021 di area terminal bandara.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Tak hanya itu saja, PT Angkasa Pura I menyampaikan permohonan maaf kepada calon penumpang dan pengguna jasa bandara lainnya.

"Kami memohon maaf kepada pengguna jasa Bandara Sultan Hasanuddin Makassar atas suhu terminal yang tidak optimal dalam mendinginkan ruangan terminal. Kami sampaikan bahwa saat ini mesin pendingin atau chiller bandara sedang dalam perbaikan dan pemeliharaan yang membutuhkan waktu untuk beroperasi normal. Namun untuk memperbaiki dampak akibat pemeliharaan tersebut, kami telah dan akan terus melakukan beberapa upaya solusi," ujar Wahyudi dikutip dari Sindonews.

Wahyudi menuturkan, pihaknya mengerti kenyamanan merupakan hak pengguna jasa di bandara. Oleh karenanya, hal ini akan menjadi prioritas Angkasa Pura untuk melakukan berbagai upaya agar pengguna jasa kembali merasa nyaman selama di bandara.

"Proses pemeliharaan membutuhkan waktu untuk kembali beroperasi optimal. Tim teknisi bandara tengah bekerja maksimal untuk dapat segera memulihkan kondisi mesin pendingin saat ini," ujar Wahyudi.

Wahyudi mengatakan, seluruh kritik dan saran yang diberikan merupakan salah satu tolak ukur dalam meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa. Bagi pengguna jasa bandara yang membutuhkan informasi atau memberikan kritik dan saran mohon hubungi Call Center 172 atau email ke angkasapura172@ap1.co.id.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini