Share

Apakah Pilot dan Co-Pilot Santap Makanan Berbeda di Pesawat?

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 406 2521200 apakah-pilot-dan-co-pilot-santap-makanan-berbeda-di-pesawat-hQBj3z0lmK.jpg Ilustrasi pilot dan co-pilot dalam kokpit pesawat (Pixabay)

KESELAMATAN penumpang maskapai bergantung pada dek penerbangan yang tenang dan terkendali. Jadi pilot dan co-pilot memiliki aturan yang sangat cukup ketat.

Misalnya, larangan pilot dan kopilot makan makanan yang sama saat mereka bekerja. Apakah peraturan ini benar-benar ada?

Baca juga: Rahasia Penerbangan, Begini Cara Pilot Tidur di Kokpit Pesawat

Melansir dari Simple Flying, keracunan makanan adalah salah satu penyakit paling langka di pesawat. Namun kejadian semacam ini pernah terjadi pada 1984, di mana 120 penumpang harus dirawat di pesawat karena keracunan makanan.

Menurut juru bicara Dewan Penerbangan Sipil Amerika Serikat, tidak ada peraturan industri penerbangan yang mengatur layanan makanan kepada awak kokpit, Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat, dan berbagai asosiasi pilot dan industri, demikian laporan New York Times pada 1984.

Meskipun tidak ada aturan tertulis dari otoritas penerbangan, maskapai penerbangan dapat mempraktikkan aturan yang baik untuk membedakan makanan antara pilot dan co-pilot untuk berjaga-jaga.

Baca juga: Pilot Wanita Termuda yang Keliling Dunia Tiba di Indonesia, Demen Sate Ayam!

Korean Air memiliki sistem untuk memilih makanan berdasarkan seberapa senior komandan pilot.

"Pilot dan kopilot makan makanan yang berbeda," kata pilot dalam wawancara dengan CNN.

"Biasanya pilot mendapat makanan kelas satu dan kopilot mendapatkan makanan kelas bisnis. Ini untuk berjaga-jaga jika salah satu makanan dapat menyebabkan keracunan makanan," katanya.

Maskapai lain menyiapkan makanan terpisah untuk pilot. Makanan itu juga terpisah dari makanan penumpang yang diproduksi secara massal.

 ilustrasi

Tidak hanya untuk melindungi pilot, tetapi juga untuk memberi mereka variasi.

"Makanan untuk kru didasarkan pada preferensi individu dan persyaratan pekerjaan. Misalnya makanannya tidak sama dengan yang ditawarkan kepada penumpang," kata seorang pilot Aeroflot berkata kepada traveller.com.au.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini