Share

Libur Natal, Ini 7 Gereja Tua Bersejarah di Indonesia Buat Wisata Religi

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 408 2521141 libur-natal-ini-7-gereja-tua-bersejarah-di-indonesia-buat-wisata-religi-L5Y0SLOAYO.jpg Gereja Katedral Jakarta (Foto trip.com)

HARI Raya Natal 2021 segera tiba. Libur Natal asyiknya dihabiskan bersama keluarga, kerabat, teman dan pasangan dengan berkumpul bersama atau piknik ke destinasi wisata favorit.

Bagi umat Kristiani bisa juga berwisata religi dengan mengunjungi gereja-gereja tua dan bersejarah yang tersebar di berbagai daerah. Berikut pilihannya :

1. Gereja Santa Maria de Fatima

Gereja ini berlokasi di Jalan Kemenangan III, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. Gereja Santa Maria de Fatima atau dikenal juga dengan Gereja Ricci adalah salah satu gereja bersejarah di Indonesia.

Baca juga: Berusia Lebih 3 Abad, Gereja Sion Jadi Salah Satu yang Tertua di Asia

Gereja ini nampak seperti klenteng, karena gereja tertua dan bersejarah ini dibangun dengan arsitektur khas Fukien atau Tiongkok Selatan yang di dominasi ornament berwarna merah, kuning, dan emas.

 Gereja tempat ibadah umat Katholik ini dibangun pada abad ke-19 tahun 1954 oleh seorang kapten keturunan Tionghoa bermarga Tjioe. Nama gereja ini berasal dari cerita penampakan Bunda Maria kepada tiga anak gembala di Fatima, Portugal.

 ilustrasi

Gereja Katedral Jakarta (Okezone)

2. Gereja Ganjuran

Gereja ini berlokasi di Jalan Ganjuran, Sumbermulyo, Bantul, Yogyakarta. Gereja Hati Kudus Yesus atau lebih dikenal dengan Gereja Ganjuran ini merupakan gereja tertua di Bantul. Gereja ini didirikan pada tahun 1924 oleh keluarga Schmutzer yang mempunyai pabrik gula di wilayah tersebut.

Selain berusia tua, gereja ini menjadi sangat unik karena sekilas tampak seperti tempat ibadah umat Hindu dan memiliki arsitektur yang kental akan kebudayaan Jawa Hindu. Di sini terdapat berbagai relief yang mirip seperti relief Candi Borobudur, Gua Maria yang berarsitektur Jawa, dan Candi Hati Kudus Yesus.

3. Gereja Katedral Santo Petrus

Gereja ini berlokasi di Jalan Merdeka No.14, Babakan Ciamis, Bandung. Gereja Katedral Santo Petrus lebih dikenal dengan Gereja Katedral Bandung berada di jalan Merdeka Bandung. Gereja ini memiliki gaya arsitektur neo-Gothic akhir.

Baca juga: 4 Gereja Indah di Meksiko, Arsitekturnya Unik dan Bersejarah

Pembangunan gereja ini selesai pada tahun 1921, dirancang Charles Prosper Wolff Schoemaker dan diberi nama St Franciscus Regis. Sampai sekarang, gereja tertua ini masih aktif menjalankan kegiatan keagamaan.

4. Gereja Merah

Gereja ini berlokasi di Jl. KDP Slamet No.43, Kediri. Gereja yang dibangun pada awal abad ke-19, dengan gaya arsitektur Eropa. Gereja Protestan Barat (GPIB) atau Kerkeeraad Der Protestanche Te Kediri ini dibangun oleh JA Broers pada tahun 1904. Gereja Merah adalah satu-satunya gereja cagar budaya di Kediri.

 Awalnya bangunan gereja ini berwarna putih gading, namun saat dipugar pada tahun 2005, gereja ini dicat dengan warna merah dan sejak saat itu Gereja Protestan Barat (GPIB) lebih dikenal dengan Gereja Merah.

Di gereja ini terdapat kitab injil kuno berbahasa Belanda yang dibuat tahun 1867 dan koleksi empat buah gelas kuno yang terbuat dari bahan perunggu.

5. Gereja Immanuel

Gereja ini berlokasi di Jalan Medan Merdeka Timur No 10, Gambir, Jakarta Pusat. Gereja yang berada di seberang Stasiun Gambir, gereja bersejarah ini selesai dibangun pada tahun 1839, memiliki arsitektur serambi persegi empat dengan pilar-pilar paladin dengan balok mendatar. Pilar paladian ini merupakan bagian dari arsitektur gaya klasisisme abad ke-18.

Dengan konstruksinya unik dan dilengkapi kubah, gereja tertua ini mendapat penerangan sinar matahari. Di gereja ini terdapat menara bundar atau lantern yang terletak di atas kubah dan dihiasi plesteran bunga teratai dengan enam helai daun, simbol Mesir untuk dewi cahaya.

 ilustrasi

6. GPIB Sion

Gereja ini berlokasi di Jl. Pangeran Jayakarta, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. GPIB Sion dahulu bernama Portugeesche Buitenkerk alias Gereja Portugis merupakan cagar budaya kelas A dan nomor 1 di Indonesia. Usia gereja ini sudah 326 tahun.

Arsitekturnya sangat khas dan otentik, dan di gereja ini terdapat makam salah satu pemimpin Hindia Belanda serta lonceng tua di bagian luar. Lokasi gereja ini dekat dengan kawasan Kota Tua Jakarta.

7. Gereja Katedral Bogor

Gereja ini berlokasi di Jl. Kapten Muslihat No.22, Paledang, Bogor Tengah, Bogor. Gereja Katedral Bogor telah ada sejak masa pemerintahan kolonial, sejak tahun 1896.

Gereja bersejarah ini memiliki nama resmi Gereja Katedral Santa Perawan Maria. Gereja Katedral Bogor ini bangunannya megah dengan arsitektur khas yang sangat indah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini