Share

Legenda Macan Putih Penjaga Gunung Lawu, Suara Auman Terdengar Jelas

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 406 2521324 legenda-macan-putih-penjaga-gunung-lawu-suara-auman-terdengar-jelas-7n2Qn6N9rY.jpeg Gunung Lawu (ANTARA/Bambang Dwi M)

GUNUNG Lawu merupakan satu di antara destinasi favorit pendaki karena menawarkan pemandangan alam yang asri.

Gunung Lawu terletak di antara perbatasan dua provinsi, yakni, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Posisi Lawu tepatnya meliputi Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah serta Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan di Jawa Timur.

Di balik pemandangan alam yang indah, Gunung Lawu ternyata menyimpan kisah legenda Macan Putih yang merupakan penjaganya.

Baca Juga:

Pangeran William dan Kate Middleton Diminta Berhenti Terbang Pakai Helikopter, Ini Alasannya

Viral Penumpang Bikin Panik Dalam Pesawat Karena Menyusui Kucing, Endingnya Mengejutkan

Berdasarkan informasi yang dihimpun MNC Portal, Macan Putih yang dielu-elukan sebagai penjaga gunung ini disebutkan berada di pohon growong yang terletak di lereng Gunung Lawu. 

Ada kisah yang menyebutkan jika seseorang mendekati pohon growong maka dia akan diterkam oleh Macan Putih tersebut.

Macan Putih ini juga sering dikaitkan dengan hal mistis karena cerita yang tersebar dari mulut masyarakat sekitar lereng gunung mengenai kemunculan siluman binatang satu ini.

Ada yang menyebutkan, macan ini sebenarnya adalah fauna asli yang menjaga Gunung Lawu namun disebutkan telah punah sehingga beberapa kali kemunculannya dianggap sebagai suatu hal yang mistis.

Salah satu komunitas bernama Semarangker yang kerap kali menjelajahi situs yang mempunyai kisah misteri tertentu ini pernah membagikan cerita mereka mengenai Macan Putih si penjaga Gunung Lawu.

Dua orang anggotanya bernama Pamuji dan Steven yang pernah menjelajahi lereng gunung untuk membuktikan misteri ini.

Ilustrasi

Mereka mengaku sempat mendengar auman macan di sekitar pohon growong. Namun saat mereka menjauhi lokasi tersebut, auman sang macan pun masih terdengar.

Masih banyak cerita mistis dan legenda mengenai gunung yang berstatus istirahat ini, mulai dari sejarah Gunung Lawu dan Gunung Semeru, legenda rakyat Jawa, hingga ritual yang kerap kali dilaksanakan di lereng gunung karena tempat tersebut disebutkan sebagai gunung tertua di pulau Jawa dan dianggap sebagai tempat yang sakral.

Dipercaya Tempat Sakral di Tanah Jawa

Gunung Lawu memiliki tiga puncak yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah yang paling tinggi.

Pendaki seringkali menganggap tiga puncak ini menjadi sebagai salah satu tempat paling sakral di tanah Jawa.

Sejarah dan legenda yang terjadi di Gunung Lawu sering kali dikaitkan dengan legenda Prabu Brawijaya V yang merupakan raja terakhir dari Kerajaan Majapahit.

Ilustrasi

Di sekitar Gunung Lawu terdapat Candi Sukuh dan Candi Cetho yang menunjukkan ikatan erat dengan Kerajaan Majapahit, yaitu ketika masa menjelang keruntuhan Majapahit sekitar abad ke-15 Masehi. Diceritakan jika Prabu Brawijaya V menyepi ke Gunung Lawu menjelang runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Termasuk saat ia tahu anaknya Raden Patah memeluk agama Islam dan mendirikan kerajan baru di Demak. Puncak Hargo Dalem di Gunung Lawu diyakini sebagai salah satu tempat yang digunakan untuk pamoksan sang Kanjeng Prabu Bhrawijaya Pamungkas.

Selain itu, di Puncak Hargo Dumiling diyakini juga oleh para masyarakat sebagai salah satu tempat untuk pamoksan Ki Sabdopalon. (nia)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini