Share

Catat! Ini 7 Destinasi Terbaik Merayakan Natal di Indonesia, Nikmati Kemeriahannya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 408 2521679 catat-ini-7-destinasi-terbaik-merayakan-natal-di-indonesia-nikmati-kemeriahannya-iWhYPZi9sL.jpg Pernak-pernik Natal (Okezone)

HARI Raya Natal 2021 sudah tiba. Pastinya Anda ingin Natal ini berkesan, bukan? Nah, di Indonesia sendiri, ada beberapa pilihan kota terbaik untuk merayakan Natal bersama orang tersayang.

Penasaran di mana saja? Dirangkum MNC Portal dari beberapa sumber, berikut adalah rekomendasi 7 kota terbaik yang bisa Anda kunjungi untuk merayakan Natal.

Baca juga: Libur Natal, Ini 7 Gereja Tua Bersejarah di Indonesia Buat Wisata Religi

Flores

Perayaan Natal di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat meriah. Karena biasanya warga akan membuat meriam bambu yang di beri abu dapur dan minyak tanah lalu di beri api, maka bambu ini akan mengeluarkan bunyi yang keras.

 Ilustrasi

Flores

Berdasarkan budaya Manggarai dan Flores, meriam bambu ini akan di bunyikan saat ada orang meninggal dunia dan akan di nyalakan saat masa Adven dan Natal hingga Tahun Baru. Kenapa Natal selalu dibunyikan, karena untuk mengungkapkan kegembiraan atas kelahiran Yesus Kristus.

Jakarta

Perayaan Natal di Jakarta biasanya dipusatkan di kawasan Cilincing, di mana warga Kampung Tugu biasanya akan mengunjungi gereja-gereja terdekat dan selanjutnya akan melakukan tradisi rabo-rabo. Rabo-rabo sendiri merupakan tradisi bangsa Portugal.

Baca juga: Mengenal Tradisi Balapen, Cara Unik Keluarga Papua Rayakan Natal

Saat perayaan tradisi rabo-rabo mereka akan menari bersama dan mencoret-coret wajah ssatu sama lain dengan bedak yang berwarna-warni. Mencoretkan bedak di wajah ini adalah satu simbol yang dipercaya sebagai penebusan dosa dan biasanya mereka akan saling bermaaf-maafan satu sama lain.

Bali

Sebagian masyarakat Bali beragama Hindu, namun mereka sangat menjunjung toleransi antarumat beragama. Makanya saat perayaan Natal biasanya masyarakat akan menghias beberapa tempat dengan pernak-pernik Natal.

Yang paling menarik biasanya saat Natal akan diadakan beberapa acara di beberapa tempat diantaranya di Desa Wisata Blimbing, Desa Dalung, Kuta Utara, Kabupaten Badung, dan Banjar Tuka. Serta beberapa tempat wisata akan mengadakan acara Natal.

Toraja Utara

Biasanya pada perayaan Natal di Toraja Utara, Sulawesi Selatan akan diwarnai festival meriah di Lapangan Bakti Rantepao, dengan menampilkan pertunjukan musik dan aneka tari. Biasanya didirikan pohon Natal raksasa setinggi 45 meter.

Larantuka

Larantuka di Flores Timur, NTT dikenal sebagai Kota Katolik. Disebut juga sebagai Vatikan-nya Indonesia. Tempat ini biasanya merayakan Natal dengan berbagai pertunjukan yang menarik dan pastinya sangat menghibur. Yang menarik di Larantuka umat bisa melihat pegunungan yang indah.

Ruteng

Ruteng di Pulau Flores dijuluki ‘Kota Seribu Gereja’, dan pastinya perayaan Natal di sini sangat seru dan meriah. Biasanya selurut umat Katolik di seluruh Paroki yang ada di Ruteng akan memeriahkan perayaan Natal dengan menyalakan bambu yang dibakar yang akan menjadi lampu-lampu yang akan di pasang di depan pintu gereja.

 Ilustrasi

Tomohon

Kota Tomohon di Sulawesi Utara memiliki udara yang sejuk dan pemandangan alamnnya indah berupa pegunungan yang megah.

Biasanya saat perayaan Natal masyarakat akan datang ke Danau Sineleyan untuk melihat beraneka lampu berwarna-warni, dengan karakter yang berbeda-beda. Danau ini akan selalu ramai saat perayaan Natal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini