Share

Legenda Orang Bati, Manusia Kelelawar Misterius yang Sangat Mengerikan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 25 Desember 2021 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 25 406 2522550 legenda-orang-bati-manusia-kelelawar-misterius-yang-sangat-mengerikan-mNlbm2iT7P.jpg Ilustrasi Orang Bati (olevanolomelina.info)

LEGENDA Orang Bati masih berkembang di masyarakat Maluku. Urban legend yang satu ini sangat populer karena makhluk misterius tersebut membawa ancaman mengerikan pada penduduk, karena itu pamali jika menyebut namanya.

Orang Bati digambarkan sebagai makhluk mitologi berbentuk mirip gabungan monyet dan kelelawar serta memiliki kesaktian.

Dijelaskan dalam salah satu laporan resmi Universitas Kristen Satya Wacana berjudul 'Esuriun Orang Bati', orang Maluku yang mendiami negeri-negeri adat di Ambon, Lease, Buru, Seram, dan lainnya, memiliki kepercayaan untuk tidak boleh menyebut kata 'Orang Bati'.

 Baca juga: Seramnya Harionago, Hantu Cantik Jepang Gentayangan Cari Pria Brondong untuk Dimakan

"Nama Orang Bati dianggap pamali (tabu) untuk disebut-sebut secara sembarang," terang laporan ilmiah tersebut.

Selain itu, didapati beberapa fakta lain bahwa Orang Bati erat kaitannya dengan hal-hal yang bersifat mistis, misteri, sakral, dan sejenisnya. Selain itu, sebagian orang Maluku beranggapan bahwa orang Bati adalah orang yang jahat karena sering menyusahkan orang lain.

Anggapan lain adalah Orang Bati sering disamakan dengan Alifuru Seram yang distereotipkan atau dianggap negatif. Kemudian, Orang Bati dianggap bukan manusia maupun sukubangsa.

Ada hal menarik yang ditemukan peneliti, dijelaskan di sana bahwa dalam berinteraksi sosial, orang Maluku sering mengatakan 'Jang sampe ale baku dapa deng dong Orang Bati' (Jangan sampai kamu berjumpa dengan Orang Bati).

Kepercayaan ini maknanya ialah ketika Anda berjumpa dengan Orang Bati, itu akan menyusahkan Anda nantinya. Kepercayaan ini yang kemudian 'mendarah daging' hingga sekarang.

 Baca juga: Bikin Merinding, Ini 5 Tempat Wisata Urban Legend di Jakarta

Stigma buruk tentang Orang Bati semakin kuat dengan beberapa kasus negatif yang dikait-kaitkan dengan Orang Bati, seperti kasus anak kecil hilang, perempuan hilang, pencurian barang berharga milik penduduk, penculikan, dan sejenisnya.

Nah, kasus-kasus tersebut selalu dikaitkan dengan Orang Bati. Padahal, beberapa kasus tidak ada kaitannya dengan Orang Bati secara langsung. Ini yang membuat stigma Orang Bati semakin buruk.

Jika kita bicara soal misteri di balik Orang Bati, beberapa kepercayaan menjelaskan bahwa Orang Bati itu manusia terbang misterius. Ya, seperti dikatakan sebelumnya bahwa ada yang percaya Orang Bati itu bukan manusia pada umumnya, karena Orang Bati adalah manusia terbang.

Dalam laman Boombastis, dijelaskan bahwa Orang Bati itu memiliki kulit berwarna merah seperti darah dan bersayap seperti kelelawar. Orang Bati juga dipercaya punya ekor kecil tapi panjang yang bagian ujungnya lancip.

Tak hanya dianggap mirip manusia kelelawar, ada juga yang percaya Orang Bati itu mirip kera tapi ukurannya sangat besar. Jadi, soal rupa Orang Bati pun banyak kepercayaan yang seliweran di masyarakat Maluku.

Soal di mana dia tinggal, beberapa percaya kalau Orang Bati ada di gunung. Jika pagi dia akan ada di sana, tapi menjelang malam, Orang Bati akan turun dan 'mencari mangsa'.

 Ilustrasi

Seperti dijelaskan dalam laporan ilmiah di atas bahwa jika berhadapan dengan Orang Bati, manusia akan mendapatkan masalah. Nah, kepercayaan tersebut bahkan berkembang menjadi siapapun yang bertemu dengan Orang Bati, dia akan mati.

Jadi, saat ada manusia bertemu dengan Orang Bati, makhluk tersebut akan menikam manusia dan menghabisinya. Suara Orang Bati juga dipercaya mengerikan dengan mata sangat seram dan ini membuat manusia akan dibuat ketakutan saat pertama bertemu dan akhirnya dibuat diam tak berdaya saat mau melawannya.

Semua ini masih menjadi misteri dan urban legend di masyarakat Timur. Apakah Anda percaya atau tidak, itu kembali kepada kepercayaan Anda. Tapi, satu pelajaran yang bisa diambil adalah jangan sembarangan memikirkan hal negatif karena bisa berdampak buruk pada diri kita sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini