Share

Wow! Penonton Segera Bisa Rasakan Langsung Makanan yang Tampil di TV dengan Menjilat Layar

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Minggu 26 Desember 2021 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 25 406 2522584 wow-penonton-segera-bisa-rasakan-langsung-makanan-yang-tampil-di-tv-dengan-menjilat-layar-mW0rjb7GzI.jpg Mahasiswi mendemonstrasi cicipi makanan langsung dengan menjilat layar TV di Jepang (Reuters)

APAKAH Anda penasaran seperti apa rasanya makanan lezat yang tampil di saluran TV?

Kini ada teknologi baru yang memungkinkan penonton bisa mencicipi rasa hidangan dengan menjilat layar televisi.

Melansir dari Reuters, seorang profesor Jepang telah mengembangkan prototipe layar TV yang dapat dijilat dan bisa meniru rasa makanan. Ini adalah langkah baru untuk menciptakan pengalaman menonton multi-indera.

Baca juga:  Wuihh... Hotel Ini Tawarkan Sensasi Makan Enak di Bawah Lentera, Tertarik?

Perangkat yang disebut Taste the TV (TTTV), menggunakan korsel 10 tabung rasa dan dikombinasikan untuk menciptakan rasa makanan.

 

Di era COVID-19, teknologi semacam ini dapat meningkatkan cara orang terhubung dan berinteraksi dengan dunia luar, kata profesor Universitas Meiji, Homei Miyashita.

"Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang memiliki pengalaman seperti makan di restoran di belahan dunia lain, bahkan saat tinggal di rumah," katanya.

Baca juga:  10 Hadiah Terseksi untuk Kejutkan Pasangan

Miyashita bekerja dengan tim yang terdiri dari sekitar 30 siswa. Tim mereka telah memproduksi berbagai perangkat yang berhubungan dengan rasa, termasuk garpu yang membuat rasa makanan lebih kaya.

Dia membangun prototipe TTTV sendiri selama setahun terakhir dan versi komersial akan menelan biaya sekitar 100.000 yen ($875) untuk membuatnya.

Miyashita juga telah melakukan pembicaraan dengan perusahaan pembuatan aplikasi yang dapat menerapkan rasa pizza atau cokelat.

Ia berharap dapat membuat platform dimana selera dari seluruh dunia dapat diunduh dan dinikmati oleh pengguna, seperti halnya musik saat ini.

 Ilustrasi

Seorang siswa Meiji mendemonstrasikan TTTV untuk wartawan. Dia memberi tahu layar bahwa dia ingin mencicipi cokelat manis.

Setelah beberapa kali mencoba, suara otomatis mengulangi pesanan dan pancaran rasa menyemprotkan sampel ke lembaran plastik.

"Ini seperti cokelat susu," katanya. "Ini manis seperti saus cokelat."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini