Share

Tak Cuma Kakbah, Ini Sederet Tempat yang Tak Boleh Dilintasi Pesawat

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 406 2523102 tak-cuma-ka-bah-ini-sederet-tempat-yang-tak-boleh-dilintasi-pesawat-2PWlW6INS1.jpg Ilustrasi pesawat (dok Freepik)

JAKARTA - Beberapa tempat di dunia rupanya memiliki aturan agar tak boleh dilintasi pesawat demi keamanan bersama.

Tempat yang tidak boleh dilewati pesawat terbang ini namanya no-fly zone atau zona larangan terbang.

Pilot pun harus mematuhi aturan tersebut saat menerbangkan pesawat.

Berikut sejumlah tempat zona larangan terbang yang ada di dunia melansir The Sun:

1. Kakbah

Kakbah adalah pusat titik Bumi, letak Ka'bah yang berada di tengah kutub selatan dan kutub utara membuatnya disebut sebagai “Zero Magnetism Area” dan menjadi pusat Bumi. Hal itulah yang membuat pesawat dan burung tidak bisa terbang di atas Ka'bah.

2. Taj Mahal

Pemerintah India melindungi situs ini dengan membuat aturan bahwa pesawat tidak boleh melintasi Taj Mahal. Selain untuk melindungi bangunan Taj Mahal apabila terjadi kecelakaan pesawat, aturan ini juga diberlakukan agar pengunjung Taj Mahal tetap aman. Badan keamanan nasional India menetapkan zona larangan terbang yakni dalam radius 1,5 km di atas situs bersejarah India itu.

Baca Juga:

Terungkap Penyebab Penumpang Harus Menunggu Keluar dari Kabin Meski Pesawat Sudah Mendarat

Sering Ingin Buang Angin Saat Naik Pesawat? Ternyata Ini Penyebabnya

3. Rumah Lionel Messi

Sebuah peraturan diterapkan terminal baru Bandara Internasional El Prat de Llobregat, Barcelona, Spanyol yakni pesawat dilarang melintasi rumah Lionel Messi . Rumah megabintang Barcelona dan Argentina itu berada di Kota Gava, Castelldefels, hanya berjarak 10 kilometer dari bandara El Prat, tepatnya di sisi barat area bandara. Area rumah Messi bisa dilewati pesawat yang terbang dari kota-kota Spanyol Selatan, Portugal, dan Maroko, ketika akan take-off dan mendarat. Maka itu, otoritas bandara memberlakukan peraturan zona larangan terbang tersebut. Rumah Messi di Barcelona menjadi salah satu kawasan termahal.

4. Tibet

Wilayah Tibet terletak di perbatasan Asia Timur dan Asia Selatan. Secara detail ‘Negeri beratap langit’ itu letaknya di bagian selatan China dan berbatasan dengan India, Nepal, Burma, dan Bhutan. Tibet dikenal sebagai dataran tertinggi di dunia karena ada kompleks pegunungan Himalaya. Pesawat tidak diizinkan terbang di atas wilayah Tibet karena faktor keamanan.

5. Buckingham Palace, Inggris

Pesawat tidak boleh melintas di atas Istana Buckingham demi alasan keamanan anggota keluarga kerajaan. Selain Istana Buckingham, kediamaan keluarga kerajaan yakni Kastil Windsor juga melarang pesawat terbang di atas wilayahnya.

6. Machu Picchu, Peru

Machu Picchu salah satu keajaiban dunia modern. Peninggalan Suku Inca di pegunungan Andes ini juga idak boleh dilewati oleh pesawat terbang. Sebabnya, Machu Picchu merupakan salah satu situs sejarah penting di dunia. Pemerintah Peru melarang penerbangan di atas reruntuhan Inca sejak 2006.

7. Markas NASA, Merit Island Amerika Serikat

Pesawat dilarang melintasi wilayah ini sejauh 5000 kaki diatasnya. Merit Island merupakan markas Kennedy Space Center milik NASA (Badan Antariksa Amerika Serikat).

Hal ini disebabkan dengan alasan apabila adanya peluncuran roket maka itu tidak akan membahayakan penerbangan sipil.

8. Disney World Florida dan Disneyland California, AS

Pesawat terbang tidak boleh terbang dalam radius 3.000 kaki atau 0,9 kilometer di atas area Disneyland California dan Walt Disney World Florida. Namun, pesawat boleh terbang di atas ketinggian 3.000 kaki jika ingin melewati area taman bermain itu. Peraturan itu dibuat setelah ada peristiwa Serangan 11 September di Amerika Serikat pada 2001. Alasannya karena Disneyland California dan Walt Disney World Florida menampung banyak pengunjung setiap harinya sehingga harus dipastikan keamanan.

9. Kota tua Pest dan Buda Hills Budapest, Hungaria

Ibu kota Hungaria, Budapest juga memiliki zona larangan terbang. Di Budapest, pesawat tidak boleh terbang melintasi kota tua Pest dan Buda Hills. Di area itu ada Kantor Parlemen Hungaria, Kastil Buda, dan Gereja St Stephen Basilica.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini