Share

Ternyata Ini Arti Bunyi Lonceng di Pesawat Saat Penerbangan, Penumpang Wajib Tahu Nih

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 27 406 2523285 ternyata-ini-arti-bunyi-lonceng-di-pesawat-saat-penerbangan-penumpang-wajib-tahu-nih-Nj82GIZDUJ.jpg Ilustrasi pesawat (dok Freepik)

JAKARTA - Seringkali pelaku perjalanan udara mendengar bunyi lonceng di pesawat saat penerbangan, meski demikian tak banyak yang mengetahui artinya.

Melansir Reader's Digest, pendiri sekaligus CEO Scott’s Flight, Scott Keyes, mengatakan setiap bunyi punya makna tertentu. Lewat bunyi itu, pilot berkomunikasi dengan kru pesawat.

“Suara-suara tersebut digunakan untuk berkomunikasi antara pilot dan kru pesawat. Setiap maskapai penerbangan memiliki bahasa internal mereka masing-masing,” papar Keyes.

infografis

Baca Juga:

Geger Paspor Ditulis Nomor Hp, Ini Langkah yang Bisa Kamu Lakukan

Terungkap Penyebab Penumpang Harus Menunggu Keluar dari Kabin Meski Pesawat Sudah Mendarat

Terdapat beberapa varian bunyi yang terdengar saat penerbangan. Keyes memaparkan, suara seperti bunyi lonceng bisa saja menandakan ketinggian pesawat atau menjadi peringatan turbulensi.

Meski demikian, penumpang terkadang tidak terlalu mempedulikan makna bunyi lonceng karena setiap maskapai penerbangan memiliki bunyi lonceng yang berbeda-beda.

Lebih lanjut, bunyi lonceng itu juga bisa memberitahu bahwa awak kabin akan memulai in-flight service mereka.

“Ada cara-cara tertentu untuk berkomunikasi di kokpit selama penerbangan, terutama jika ada pramugari atau pilot yang mencoba berkomunikasi," ujar pramugari.

Adapun, lonceng bisa berbunyi ketika ada keadaan darurat atau jika anggota pramugari perlu berbicara satu sama lain, tetapi mereka berada di ujung yang berlawanan dari pesawat.

Berdasarkan laporan Express.co.uk, biasanya bunyi lonceng satu kali menjadi peringatan turbulensi untuk pramugari atau pramugari bertanya apakah pilot ingin secangkir kopi.

Mantan Kapten Pilot US Airways, John Cox menuturkan, banyak penumpang merasa gugup ketika mendengar lonceng ini, tetapi biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan ketika itu adalah satu atau dua lonceng.

Apabila terdapat bunyi tiga atau empat lonceng terdengar berturut-turut mengindikasikan ada sesuatu yang serius, misalnya apakah ada penumpang yang sakit atau pergantian rute.

“Dua bunyi lonceng menandakan pesawat berada di ketinggian 10 ribu kaki. Tiga atau lebih bunyi lonceng untuk memberitahu ada penumpang yang membutuhkan bantuan medis. Satu bunyi lonceng bisa memperingatkan turbulensi,” beber Cox.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini